Sabtu, 18 Februari 2017

10 Langkah Mudah Berbelanja Online di Bukalapak



Bukalapak adalah salah satu website toko online yang berkonsep marketplace. Produk-produk yang dijual berasal dari para penjual terpercaya yang memiliki akun di Bukalapak.

Nah, bagi Anda yang belum pernah berbelanja di situs ini, berikut kami akan bagikan langkah-langkahnya agar Anda dapat berbelanja dengan mudah, aman, dan nyaman di Bukalapak. Simak cara-caranya di bawah ini!

1. Kunjungi situs Bukalapak dan silahkan mendaftar untuk membuat akun di website ini. Bila Anda telah memiliki akun, langsung login saja dengan memasukkan email dan password!

Baca juga: 9 Tips Aman Belanja di Website Toko Online

2. Anda bisa memilih kategori barang yang dicari pada Menu Navigasi, atau bila ingin lebih cepat menemukan barang tersebut gunakan kotak pencarian yang tersedia di halaman website. Anda akan melihat daftar lapak penjual barang yang dimaksud pada hasil penelusuran. Terdapat fitur kriteria barang (baru/bekas), dan juga sortir berdasarkan urutan harga dari yang termurah sampai yang tertinggi.

3. Bila Anda telah menemukan barang yang dicari dengan harga yang sesuai, klik saja pada gambar atau judul barang tersebut. Sebelum memutuskan membeli, ada baiknya dibaca dengan teliti mengenai deskripsi produk, seperti spesifikasi, informasi penggunaan, ketersediaan, ukuran, model/warna, dan informasi lainnya berkaitan dengan barang tersebut. Hal ini dimaksudkan agar tidak ada kesalahan dalam membeli barang yang diinginkan, jadi Anda tidak kecewa ketika barang telah dikirim dan tiba di rumah.

4. Tentukan jumlah item yang ingin dibeli, maka harga akan secara otomatis berubah menyesuaikan dengan jumlah item yang dibeli.

5. Kemudian Anda diminta untuk mengisi data pembeli, mulai dari nama, alamat, nomor telepon, hingga jasa pengiriman yang akan dipakai. Setelah semua diisi, akan terlihat total tagihan, yaitu jumlah barang dikali harga, dan ditambah biaya pengiriman.

6. Selanjutnya klik/tap lanjut untuk memilih cara pembayaran yang akan digunakan. Ada beberapa cara pembayaran yang dapat dipilih pembeli, pilihlah yang paling memungkinkan bisa dilakukan dengan cepat.

7. Biasanya akan ada sms pemberitahuan yang masuk ke nomor HP Anda. Sistem Bukalapak akan meminta Anda untuk melakukan pembayaran selama maksimal 1x24 jam, dan bila pembayaran melebihi batas waktu tersebut, maka pesanan akan dianggap batal.

8. Saat melakukan transaksi menggunakan metode pembayaran yang sebelumnya telah Anda pilih, masukkan nomor pembayaran sesuai tagihan, termasuk nominal unik yang diberikan Sistem Bukalapak untuk memudahkan verifikasi.

9. Apabila pembayaran telah selesai dilakukan, Anda bisa melihat status transaksi akan berubah menjadi “dibayar”. Hal ini biasanya tidak memerlukan konfirmasi dari pihak pembeli, karena sebelumnya Bukalapak sudah memberikan nominal unik sehingga akan otomatis pembayaran Anda akan terverifikasi jika sudah masuk. Ketika status transaksi berubah menjadi “dibayar” secara otomatis sistem Bukalapak akan mengkonfirmasi penjual pengiriman barang segera dilakukan.

10. Jika barang telah dikirim oleh penjual, maka status transaksi akan berubah menjadi “dikirim”, dan kita tinggal menunggu barangnya sampai di rumah. Ketika barang telah sampai, segera cek apakah sesuai dengan pesanan, selanjutnya langsung konfirmasi kalau barang sudah diterima dengan baik. Pihak Bukalapak akan segera mentransfer dana dari pembeli yang sebelumnya tertahan sementara ke rekening penjual.


Proses belanja selesai, apabila Anda puas dengan pelayanan yang diberikan penjual jangan lupa untuk memberikan feedback positif ke lapaknya, karena hal ini akan meningkatkan rating si penjual.

Nah, itulah langkah-langkah yang perlu dilakukan apabila ingin berbelanja online di Bukalapak. Bagaimana, mudah bukan? Transaksi di website ini bisa dibilang cukup aman karena dana dari pembeli akan tertahan sementara hingga barang yang dipesan tiba sampai tujuan.

Bila ada permasalahan terkait transaksi, terutama mengarah ke tindak penipuan maka dana akan dikembalikan lagi kepada pembeli. Selamat berbelanja kawan!

10 Langkah Mudah Berbelanja Online di Bukalapak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: