Senin, 20 Februari 2017

11 Tips Lengkap Belanja Perlengkapan Bayi Agar Lebih Hemat



Belanja perlengkapan bayi merupakan salah satu aktivitas yang menyenangkan bagi para ibu yang akan menyambut kelahiran bayinya. Namun, tentu akan cukup membingungkan apabila ini merupakan kali pertama ibu dalam membeli perlengkapan bayi.

Oleh karena itu, untuk lebih memudahkan Anda dalam membuat daftar belanja perlengkapan bayi, kami akan bantu dengan informasi beberapa tips berbelanja perlengkapan bayi.

Baca juga: 7 Pusat Perbelanjaan Mewah yang Ternama Di Dunia

Nah, silahkan Anda ikuti petunjuk beberapa jenis produk perlengkapan bayi yang wajib dibeli ketika akan menyambut kelahiran bayi.


1. Belanja Baju Bayi

Perlengkapan awal yang perlu disiapkan adalah baju bayi. Belanja sekitar 1 lusin baju tangan panjang dan 1 lusin baju tangan pendek, jumlah ini bisa dibilang cukup untuk keperluan bayi Anda.

Perlu diingat pula untuk tidak berlebihan membeli baju bayi, karena hanya dalam beberapa hari pasca kelahiran saja ukuran tubuh bayi akan cepat membesar, dan baju bayi yang Anda beli sudah tidak muat lagi.


2. Belanja Celana Bayi

Celana bayi akan terpakai cukup lebih lama dibandingkan baju bayi. Namun, akan lebih baik bila belanja celana panjang dan celana pendek bayi disesuaikan dengan jumlah baju yang dibeli.


3. Belanja Kain Bedong

Kegunaan kain bedong ialah untuk membungkus badan bayi dan menjaganya tetap hangat. Disarankan untuk membeli kain bedong minimal 5 hingga 10 helai kain bedong. Tidak perlu membeli terlalu banyak, karena biasanya perlengkapan ini hanya diperlukan selama 2 sampai 4 minggu saja.


4. Belanja Gurita

Kegunaan gurita ialah untuk menutup pusar bayi, belanja antara 6 hingga 10 helai akan cukup untuk kebutuhan bayi Anda.


5. Belanja Sarung Tangan dan Kaus Kaki

Sarung tangan fungsinya untuk mencegah bayi mencakar wajahnya sendiri. Sementara kaus kaki berfungsi untuk menjaga kaki bayi tetap hangat. Disarankan untuk belanja antara 6 hingga 8 pasang sarung tangan dan kaus kaki untuk bayi.


6. Belanja Hanger (Gantungan Baju)

Bayi akan sering mengompol dan buang air besar, sehingga Anda pun akan cukup sering mencuci baju dan celana bayi. Hanger akan menjadi perlengkapan yang sangat berguna ketika menjemur dan menyimpan pakaian sang bayi.


7. Belanja Popok

Untuk persiapan menjelang kelahiran, sebaiknya persiapkan minimal 1 hingga 4 lusin popok sekali pakai. Perlengkapan ini akan menjadi yang paling rutin Anda beli.


8. Belanja Perlengkapan Tidur Bayi

Beberapa perlengkapan tidur bayi yang perlu disiapkan, antara lain seperti kasur bayi, bantal, guling, selimut, perlak untuk alas supaya kasur tidak basah karena ompol bayi, serta kelambu untuk menjaganya dari gigitan nyamuk.


9. Belanja Perlengkapan Mandi Bayi

Biasanya, perlengkapan bayi ada yang dijual secara paketan. Jangan lupa juga untuk membeli washlap dan handuk bayi yang lembut.

Namun, Anda perlu memperhatikan perubahan kulit bayi ketika memakai produk mandi tertentu karena kulit bayi masing amat sensitif. Apabila terlihat tanda alergi atau iritasi, sebaiknya segera ganti atau hentikan pemakaian produk tersebut.


10. Belanja Tas Perlengkapan Bayi

Tas perlengkapan sangat berguna untuk membawa perlengkapan bayi saat bepergian. Sesuaikan saja jumlah dan modelnya dengan keinginan Anda.


11. Perlengkapan Penting Lainnya

Di samping perlengkapan wajib di atas, pertimbangkan pula untuk membeli termometer, breast pump, dan botol susu bayi. Benda-benda tersebut berguna untuk antisipasi apabila terjadi suatu kondisi tertentu.


Demikian tips dari kami tentang cara menghemat belanja perlengkapan bayi. Pertimbangkan jumlah yang cukup dalam membeli masing-masing produk perlengkapan bayi, karena bila terlalu berlebihan akan jadi mubadzir karena perlengkapan tersebut hanya akan terpakai untuk waktu sebentar saja.

11 Tips Lengkap Belanja Perlengkapan Bayi Agar Lebih Hemat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: