Rabu, 15 Februari 2017

4 Tips Aman dan Nyaman Berbelanja di Situs Bukalapak



Kita sebagai konsumen tentunya perlu berhati-hati dan waspada bila berbelanja online. Namun, kewaspadaan tersebut bukan berarti kita harus membatasi diri untuk tidak bertransaksi online. Tapi maksudnya agar kita bisa lebih cerdas dalam melakukan transaksi jual beli secara online.

Bukalapak merupakan salah satu web penyedia layanan jual beli yang mempertemukan antara penjual dan pembeli di dunia maya. Perlu diingat pula, bahwa situs ini tidak menjual barang.

Baca juga: Daftar Tempat Belanja Sepatu Online Buatan Indonesia

Barang-barang yang ditawarkan di Bukalapak adalah milik para penjual atau pelapak berbeda-beda yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka memanfaatkan situs Bukalapak sebagai salah satu media dalam menawarkan produk-produk mereka.

Baca juga: 8 Tips Aman Belanja di Internet dari Tokopedia

Meskipun di Bukalapak telah memiliki sistem transaksi yang aman dalam berbelanja, namun tetap saja terjadinya risiko penipuan bisa terjadi dan menimpa siapa saja.

Nah, berikut ini kami akan berbagi informasi kepada Anda cara aman dan nyaman ketika berbelanja di situs Bukalapak.com. Simak ulasannya di bawah ini!


1. Perhatikan Rating Produk

Saat kita membuka halaman untuk produk tertentu di Bukalapak, ada simbol bintang yang terlihat di bawah nama produk. Simbol ini merupakan rating dari produk yang dijual dan diberikan oleh para pembeli yang sudah pernah membeli produk tersebut.

Meski bukanlah jaminan, tapi rating pada produk tersebut juga ikut mencerminkan baik tidaknya kualitas produk yang kita beli.

Ada baiknya kita perhatikan rating dari masing-masing produk yang hendak dibeli. Carilah rating yang sudah tinggi, minimal 3 bintang, atau bahkan 5 bintang agar lebih meyakinkan kita terhadap kualitas produk yang ditawarkan.

Rating produk di lapak penjual tersebut juga terintegrasi dengan ulasan produk yang telah dikirimkan konsumen. Jadi, baca juga bagaimana ulasan para konsumen mengenai produk yang hendak kita beli.


2. Cek FeedBack Produk Dari Para Pembeli

Konsumen yang telah membeli biasanya tidak hanya memberikan rating pada produk tersebut, tapi juga akan memberikan feedback dari transaksi pembelian dengan penjual. Feedback yang diberikan oleh para pembeli biasanya terkait dengan pelayanan, bagaimana kemudahan proses transaksinya, dan kecepatan respon dari penjual saat berkomunikasi dengan konsumen.

Carilah produk dari para penjual yang mendapatkan feedback positif agar nantinya kita tidak kecewa terhadap kualitas dan pelayanan yang diberikan oleh pelapak.


3. Baca Catatan Pelapak Dengan Teliti

Setiap pelapak biasanya mencantumkan catatan untuk para pembeli yang bisa dibaca pada bagian bawah deskripsi produk. Di catatan pelapak ini biasanya penjual menjelaskan tentang syarat dan ketentuan terkait transaksi maupun klaim garansi.


4. Amati Kredibilitas Penjual

Anda bisa mengecek kredibilitas penjual pada bagian informasi pelapak. Beberapa hal yang penting untuk dilihat antara lain seperti nama pelapak, tingkat reputasi, alamat atau lokasi pelapak, jumlah pelanggan, dan jumlah penolakan pesanan.

Pelapak dengan tingkat reputasi yang tinggi disebut Top Seller, sedangkan yang memiliki tingkat reputasi rendah disebut BL User.


Demikian tips-tips dari kami, semoga bermanfaat dan selamat berbelanja!

4 Tips Aman dan Nyaman Berbelanja di Situs Bukalapak Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: