Jumat, 17 Februari 2017

7 Tips Belanja Aman di Aliexpress Supaya Tidak Tertipu



Belakangan ini, belanja online sangat digemari oleh kalangan pecinta belanja. Alasannya, tidak hanya memudahkan tanpa perlu keluar rumah, tapi juga banyak barang yang dijual secara online relatif lebih murah.

Akan tetapi, belanja secara online juga mengundang risiko terjadinya tindak penipuan. Sebagai pembeli kita harus lebih hati-hati dan lebih jeli dalam memilih penjual.

Aliexpress merupakan salah satu situs jual beli asal China yang saat ini cukup populer. Jumlah penjualnya sangat banyak dan berasal dari berbagai Negara. Selain itu, barang-barang yang ditawarkan oleh para penjualnya relatif murah sehingga banyak orang tertarik untuk berbelanja di website ini.

Baca juga: Mengenal Perbedaan Situs eCommerce Alibaba dan Aliexpress

Bahkan, tidak jarang para penjual memberikan gratis ongkos kirim untuk pembeli yang berasal dari Indonesia, meskipun pengiriman barangnya memang memakan waktu lebih lama.

Sistem pembayaran di website ini sebenarnya sudah tergolong aman dan terpercaya, tidak berbeda jauh dengan website jual beli yang ada di Indonesia, di mana uang pembayaran akan tertahan sementara sebelum pembeli mengkonfirmasi bahwa barang sudah tiba sampai tujuan.

Namun, tetap saja kemungkinan penipuan atau hal yang merugikan pembeli bisa terjadi, misalnya barang yang dikirim tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi, paket yang dikirim ternyata kosong, atau nomor tracking pengiriman yang diberikan penjual ternyata palsu dan tidak dapat dilacak.

Baca juga: Cara Mudah Supaya Tidak Tertipu Saat Belanja Baju Online

Nah, agar kita terhindar dari hal-hal yang demikian, berikut ini kami akan berbagi tips-tips aman saat belanja di Aliexpress.

Tips Aman Belanja di Aliexpress

1. Pilihlah metode pembayaran yang aman menurut Anda, dan pastinya layanan tersebut bisa digunakan di Indonesia. Jadi, sebelum membeli cek dahulu metode pembayaran yang diterima oleh penjual.

2. Menurut pendapat saya, penggunaan doku walet adalah metode pembayaran yang aman dan mudah. Adapun cara belanja menggunakan doku walet bisa Anda telusuri di google.

3. Umumnya sebagai pembeli tentu kita mengharapkan dapat membeli barang dengan harga yang paling murah. Namun, harga murah juga memberikan keraguan di hati kita terhadap kualitas barang tersebut. Bahkan, bisa saja ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan deskripsi dan gambar yang dijelaskan oleh penjual. Oleh karena itu, jangan langsung tergiur dengan harga murah, sebelum menentukan pilihan cek dahulu testimoni penjual dan komentar dari para pembeli yang telah membeli barang dari penjual tersebut.

4. Supaya belanja Anda lebih aman, pembeli perlu memperhatikan reputasi si penjual. Caranya dengan melihat keterangan store di bagian atas pelapak. Berapa lama toko tersebut telah beroperasi atau menjadi member di Aliexpress. Selain itu, pembeli juga dapat melihat icon diamond dan feedback, bila melebihi angka 70 persen, berarti lapak tersebut memiliki reputasi penjualan yang cukup bagus.

5. Perhatikan juga ketentuan garansi yang diberikan penjual. Caranya bisa melihat pada buyer protection, apabila terdapat tanda ceklist di kedua itemnya atau pada tab yang bertuliskan “Seller Guarantees”, maka penjual akan menjamin bahwa barang akan dikirim kembali apabila tidak sampai ke tangan pembeli.

6. Bila terjadi hal yang mengarah ke tindak penipuan seperti barang tidak sesuai atau nomor tracking palsu, pembeli dapat mengajukan komplain (open dispute) kepada Aliexpress.

7. Biasanya, untuk kasus barang yang tidak sesuai dengan pesanan atau deskripsi dan gambar yang dicantumkan penjual, pihak seller atau Aliexpress akan meminta kita mengirim ulang barang tersebut untuk ditukar, atau uang kita di refund.


Nah, itulah tips-tips yang dapat Anda lakukan untuk berbelanja dengan aman di Aliexpress, semoga bermanfaat.

7 Tips Belanja Aman di Aliexpress Supaya Tidak Tertipu Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: