Sabtu, 18 Februari 2017

9 Tips Aman Belanja di Website Toko Online



Sekarang ini, bisnis online shop tumbuh begitu cepat, bisa kita lihat dengan banyak bermunculannya toko online di internet baik yang dikelola oleh perusahaan maupun oleh perseorangan.

Apalagi, dengan semakin mudahnya orang mengakses internet melalui perangkat desktop, smartphone, maupun tablet, tentu saja menjadi peluang para pebisnis untuk mendongkrak penjualannya dengan berjualan secara online.

Perlahan tapi pasti, orang mulai banyak yang mengubah kebiasaannya dalam berbelanja, dengan beralih menggunakan media online untuk mendapatkan barang yang diinginkannya.

Baca juga: 7 Tips Belanja Aman di Aliexpress Supaya Tidak Tertipu

Bagaimana tidak, berbagai kemudahan ditawarkan dalam belanja online karena tidak perlu repot keluar rumah dan barang yang diinginkan pun bisa tiba diantar langsung ke rumah.

Namun, ada juga kekurangan dalam berbelanja secara online, mulai dari lamanya pengiriman barang hingga sampai tujuan, barang yang diterima tidak sesuai dengan gambar dan deskripsi yang diberikan penjual, hingga terjadinya tindak penipuan.

Oleh sebab itu, kami akan bagikan beberapa tips aman berbelanja secara online untuk meminimalisir risiko-risiko yang dapat merugikan kita sebagai pembeli. Simak ulasannya berikut ini!


1. Cermati Website Toko Online

Ketika hendak berbelanja di sebuah web toko online, kita cermati dahulu web tersebut. Ciri-ciri web toko online terpercaya secara umum antara lain:
- Tampilan web memiliki desain yang profesional dan tidak asal-asalan.
- Web selalu di-update, baik dari segi produk, stok, biaya pengiriman, dan lain-lain.
- Web menggunakan domain berbayar dan tidak ada embel-embel blogspot, wordpress, atau lainnya di belakang nama domain.

Meski ciri-ciri tersebut tidak menjamin sepenuhnya, tetapi toko online yang terpercaya akan selalu berusaha untuk membuat website-nya tampak profesional dan menarik.


2. Profil dan Informasi yang Lengkap

Toko online terpercaya akan memberikan informasi yang lengkap mengenai profil webnya, baik itu milik perusahaan atau milik perseorangan. Beberapa informasi yang perlu diperhatikan, antara lain:
- Kontak yang bisa dihubungi seperti nomor telepon atau hp, pin BBM, Whatsapp, email, dan lain-lain.
- Alamat toko atau lokasi penjual.
- Informasi nomor rekening yang bila terdiri dari beberapa bank, biasanya tetap menggunakan atas nama yang sama.

Apabila informasi mengenai profil toko online tidak jelas, sebaiknya cari toko online yang lain demi keamanan Anda berbelanja.


3. Baca Kebijakan dan Ketentuan Toko Online Dengan Seksama

Setiap toko online terpercaya tentu akan mencantumkan kebijakan dan ketentuan mengenai transaksi pembelian di webnya. Bila Anda sudah menemukan halaman tentang kebijakan dan ketentuan website tersebut, baca dengan teliti, dan pastikan tidak ada ketentuan yang merugikan posisi Anda sebagai pembeli.

Biasanya dalam ketentuan tersebut juga tercantum perihal garansi dan pengembalian barang. Perlu diingat, bahwa kita tidak bisa melihat jelas secara fisik ketika berbelanja secara online, produk yang kita lihat hanya berupa foto atau gambar.

Jadi, bila barang yang dibeli tidak sesuai dengan deskripsi maupun gambar yang ditampilkan, maka pembeli berhak melakukan komplain. Dan apakah dalam ketentuan di toko online tersebut juga menjelaskan perihal garansi apabila terdapat cacat atau berbeda ukuran dengan yang kita pesan.


4. Lihat Keamanan Website

Salah satu cara untuk melihat bahwa website toko online aman atau tidak adalah ketika Anda memasukkan informasi pribadi atau memasukkan informasi kartu kredit, alamat URL berubah dari http menjadi “https” atau “shttp”. Selain itu, biasanya akan muncul simbol gembok di bagian sebelum alamat URL website tersebut.


5. Telusuri Melalui Mesin Pencari

Telusuri juga apakah toko online tersebut benar-benar terpercaya atau tidak dengan memanfaatkan mesin pencari seperti GOOGLE.

Apabila ditemukan informasi dari pembeli lain yang pernah punya pengalaman buruk dengan toko online tersebut, maka sebaiknya kita lebih waspada.


6. Jangan Mudah Tergoda Dengan Harga Murah

Salah satu cara untuk memastikan keamanan Anda dalam belanja online ialah dengan membeli di toko online yang sudah terkenal.

Baca juga: 9 Tips Aman Belanja di Website Toko Online

Jangan langsung tergoda bila ada toko online yang menawarkan harga murah, namun belum memiliki reputasi yang baik. Sebelum transaksi, Anda bisa coba bertanya-tanya pada teman atau melalui web-web forum mengenai kredibilitas toko online tersebut.


7. Amankan Akun Dengan Password yang Kuat

Penggunaan password yang kuat bertujuan untuk mengamankan akun kita dari para hacker yang bisa saja menebak password dengan mudah.

Pastikan selalu membuat password yang kuat, dan unik di setiap akun belanja online Anda. Tapi, jangan lupa juga untuk mencatatnya agar ketika Anda lupa, Anda tidak kehilangan akun tersebut.


8. Penggunaan Kartu Kredit

Untuk berbelanja online, kartu kredit bisa menjadi salah satu pilihan yang aman. Sebab, kartu kredit memiliki batas pengeluaran dan tidak terkait langsung dengan akun bank Anda.


9. Simpan Semua Bukti Transaksi

Simpan semua bukti transaksi, pesanan, maupun percakapan Anda dengan penjual. Hal ini untuk berjaga-jaga apabila terjadi permasalahan atau penipuan setelah transaksi.


Demikian tips-tips dari kami dan semoga dapat menjadi referensi atau panduan Anda sebelum melakukan transaksi belanja online yang aman dan nyaman.

9 Tips Aman Belanja di Website Toko Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: