Selasa, 21 Februari 2017

Mengenal Perbedaan Situs eCommerce Alibaba dan Aliexpress



Cara belanja di Alibaba | Mungkin banyak dari Anda yang telah mengenal situs Alibaba, tapi belum begitu banyak yang mengenal Aliexpress. Kedua situs eCommerce yang berasal dari China tersebut sebenarnya berada dalam satu manajemen dan satu kepemilikan. Namun, baik Alibaba dan Aliexpress memiliki perbedaan dan keunggulan masing-masing.

Alibaba.com telah populer lebih dulu karena situs ini telah menjadi direktori bagi para produsen dan supplier besar yang bersifat terbuka. Jadi, ketika berbicara tentang situs eCommerce Asia, pasti orang akan langsung tertuju pada situs Alibaba.

Baca juga: Cara Belanja Mudah di Shopee Melalui Smartphone

Keberhasilan yang diraih Alibaba, membuat manajemen kemudian mengembangkan bisnisnya dengan menggarap sektor retail, dan meluncurkan situs eCommerce baru yang bernama Aliexpress.

Ibarat induk dengan anaknya, kedua situs ini memang mempunyai skema lini bisnis yang berbeda. Nah, berikut akan kami jelaskan mengenai perbedaan dari kedua situs eCommerce besar asal Asia, Alibaba dan Aliexpress.


Perbedaan Alibaba dengan Aliexpress Berdasarkan Skema Bisnis yang Ditawarkan

1. Sebagian besar penjual (seller) di Alibaba adalah produsen pabrikan dan supplier besar. Sedangkan penjual di Aliexpress lebih banyak para penjual retail kecil.

2. Penjual-penjual di Alibaba akan menawarkan penjualan partai besar atau dalam bentuk grosir. Sementara di Aliexpress penjualnya menawarkan barang dalam partai kecil, atau bahkan satuan. | Cara belanja di Alibaba

3. Kita tidak dapat membeli produk secara langsung di web Alibaba, kita perlu melakukan kontak terlebih dahulu kepada penjualnya untuk melakukan transaksi langsung di luar sistem Alibaba. Sedangkan di Aliexpress, web ini menyediakan sistem belanja langsung atau dengan kata lain Aliexpress bertindak sebagai perantara dalam transaksi sehingga kita dapat membeli langsung di web Aliexpress.

4. Kita bisa membeli barang dengan minimum order 1 unit saja bila belanja di Aliexpress. Sedangkan bila di Alibaba, minimum order harus dalam jumlah besar untuk satu macam produk saja.

Baca juga: Tips Berbelanja di Alibaba dan Import Barang Dari China

5. Kita dapat berbelanja di Alibaba menggunakan rekening Paypal karena transaksi dilakukan di luar sistem alibaba, sementara di Aliexpress kita hanya dapat berbelanja menggunakan metode pembayaran sudah disediakan dalam sistemnya, seperti Dokuwallet, transfer rekening, atau kartu kredit.


Nah, itulah beberapa hal yang perlu kita ketahui mengenai perbedaan antara Alibaba dengan Aliexpress. Jadi, bila Anda ingin berbelanja dalam jumlah grosir, maka Alibaba merupakan pilihan yang tepat, sedangkan jika membeli eceran (dalam satuan), silahkan menuju Aliexpress.

Alibaba dan Aliexpress merupakan dua situs eCommerce yang kepemilikan dan manajemennya dikelola dalam satu sistem perusahaan, yaitu Alibaba Group. Apabila Anda memiliki akun di Alibaba, maka otomatis akun Anda juga terintegrasi dengan Aliexpress, begitu pula sebaliknya.

Misalnya, Anda sudah pernah registrasi di website Aliexpress, artinya Anda juga dapat log in ke Alibaba dengan akun yang sama. | Cara belanja di Alibaba

Mengenal Perbedaan Situs eCommerce Alibaba dan Aliexpress Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: