Rabu, 22 Februari 2017

Tips Berbelanja di Alibaba dan Import Barang Dari China


Iklan Disini

Iklan Disini

Cara beli barang di Alibaba | Alibaba adalah situs eCommerce yang berasal dari China. Di situs ini, tersedia berbagai macam barang yang berasal dari para supplier besar. Artinya, bila ingin berbelanja di Alibaba, ada minimum order yang harus dibeli untuk satu jenis barang, atau dengan kata lain kita tidak bisa membeli per satuan, harus dalam partai besar.

Sebelum mulai berbelanja di Alibaba, ada baiknya kita mencari informasi dari orang yang pernah punya pengalaman berbelanja di situ. Bisa juga dari forum-forum internet atau blog yang mengulas tentang cara mengimpor barang dari Alibaba. | Cara belanja di Alibaba

Baca juga: Mengenal Perbedaan Situs eCommerce Alibaba dan Aliexpress

Setidaknya, dengan informasi yang Anda miliki, sudah ada sedikit gambaran mengenai cara berbelanja dan mengimpor barang di Alibaba.


Cara Memilih Produk yang Tepat di Alibaba

Mayoritas pembeli yang berbelanja di Alibaba adalah mereka yang membeli untuk keperluan bisnis atau barang tersebut akan dijual kembali dalam jumlah satuan (eceran). Jadi, pertimbangkan dahulu kira-kira barang apa yang hendak dibeli dan akan laku dijual kembali di daerah Anda.

Beberapa kategori barang yang banyak dijual di situs ini, seperti peralatan dapur, home appliances, peralatan berkebun, barang elektronik, hingga kebutuhan anak.

Apabila Anda tidak begitu paham cara mengurus garansi ke supplier di China, sebaiknya jangan membeli barang yang ada unsur garansinya seperti elektronik atau peralatan listrik. Perhatikan juga berapa jumlah minimum order untuk membeli satu jenis barang, dan sesuaikan dengan budget yang dimiliki. | Cara berbelanja di Alibaba


Cara Memilih Supplier di Alibaba

Di Alibaba banyak sekali seller yang bisa kita jadikan pilihan hanya untuk satu jenis produk saja. Tentu hal ini akan membuat kita bingung dalam memilih supplier yang tepat. Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih supplier, antara lain:

1. Gold Supplier: Supplier sudah memiliki reputasi cukup baik dan juga sudah bergabung serta berjualan selama bertahun-tahun di Alibaba.

2. Assessed Supplier: Supplier sudah mendapat inspeksi penilaian perusahaan dari pihak ketiga oleh Alibaba.

3. Trade Assurance: Supplier menyediakan asuransi dalam pengirimannya.

4. Supplier menerima pembayaran dengan Paypal atau Escrow. Alasannya, karena dengan pembayaran melalui Paypal atau Escrow, kita dapat melakukan komplain ke Paypal atau Escrow apabila terjadi masalah di belakang. | Cara beli barang di Alibaba


Cara Melakukan Nego Harga Dengan Supplier di Alibaba

Apakah di Alibaba bisa melakukan nego harga dengan supplier? Bisa, dan bahkan ada beberapa supplier tidak memiliki barang yang kita cari, namun Ia mau mencarikan barang yang kita inginkan dengan harga sama dari supplier lain.

Saat negosiasi dengan supplier, sebaiknya Anda menggunakan fitur video call pada smartphone atau komputer. Biasanya, setelah iquiry dan penawaran pertama, kontak selanjutnya melalui skype, ada pula beberapa yang menggunakan video call melalui whatsapp. Nah, saat negosiasi akan memerlukan kemampuan dalam melakukan percakapan bahasa Inggris.

Nego tidak hanya dilakukan untuk menawar harga, tapi juga untuk mengurangi MOQ apabila penawaran MOQ dari supplier terlalu besar.


Biaya-biaya yang Harus Dibayar Saat Transaksi

Kita jangan sampai terjebak dengan harga murah di Alibaba, karena ada beberapa fee (biaya) yang mesti dibayar selain dari harga barang.

Biaya yang pertama adalah fee payment. Jika pembayaran melalui Paypal, biaya yang harus dibayar biasanya sebesar USD 25. Sedangkan jika melalui wire transfer (telegraphic transfer) atau Western Union, biaya yang harus dibayar biasanya sebesar USD 35.

Biaya tersebut berlaku pada satu kali transfer untuk satu supplier. Jadi, jika Anda order barang dari banyak supplier, maka Anda diharuskan membayar fee payment ke masing-masing supplier di setiap kali transfer pembayaran. Oleh karena itu, upayakan agar order hanya dari satu supplier saja walaupun barang yang diorder ada bermacam-macam.

Biaya yang kedua adalah ongkos kirim dari supplier ke gudang forwader yang akan mengirimkan barang kita ke Indonesia. Perlu diingat bahwa harga barang yang tercantum di Alibaba adalah harga pabrik atau supplier, harga belum termasuk pengiriman hingga ke gudang forwarder atau pelabuhan untuk diekspor ke Indonesia. Besarnya biaya kirim ini tergantung dari jumlah barang yang akan diekspor.

Baca juga: Prosedur Import Atau Belanja Barang Dari Luar Negeri Bagi Suatu Perusahaan

Biaya yang terakhir adalah biaya pengiriman dari forwarder ke Indonesia. Anda bisa mencarinya lewat google atau website forum untuk jasa forwarder ini. Masing-masing forwarder menetapkan tarif jasa yang berbeda. Untuk pengiriman sea freight (pengiriman jalur laut), mungkin sekitar Rp 3 juta sampai Rp 4 juta per CBM. Tarif tersebut biasanya sudah mencakup semuanya, dari mulai pajak hingga ongkos kirim dalam negeri sampai barang tiba ke rumah Anda. | Cara import barang dari luar negeri


Itulah tips dari kami untuk Anda yang ingin berbelanja grosir dan mengimpor barang dari China di Alibaba. Semoga membantu untuk memudahkan aktivitas belanja Anda. | Cara beli barang di Alibaba | Cara belanja di Alibaba

Sumber:
http://www.akudangadiskecilku.com/cara-beli-dan-import-barang-dari-alibaba-china.html

Tips Berbelanja di Alibaba dan Import Barang Dari China Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: