Kamis, 30 Maret 2017

10 Tips Berikut Ini Akan Membuat Belanja Online Anda Lebih Hemat



Belanja adalah salah satu bentuk hiburan bagi seseorang. Namun, bisa menjadi malapetaka di kemudian hari bila kita tidak bisa mengendalikan nafsu belanja sehingga terjadi pemborosan dalam keuangan pribadi.

Oleh karena itu, kita perlu untuk melakukan upaya penghematan dalam berbelanja khususnya saat berbelanja online. Berikut ini akan kami bagikan tips agar belanja online Anda lebih hemat tapi tetap menyenangkan.


1. Ikut Berlangganan Newsletter

Biasanya, ada voucher diskon “selamat datang” bagi para pelanggan baru. Selain itu, mereka juga akan menjadi orang yang akan mendapatkan informasi terkini dari promo-promo menarik yang diadakan suatu situs e-commerce. Promo menarik tersebut biasanya hanya memiliki batas waktu selama 24 jam saja.

Baca juga: Cara Mudah Supaya Tidak Tertipu Saat Belanja Baju Online


2. Daftar Menjadi Member

Sebagai anggota, biasanya situs e-commerce akan memberikan voucher diskon untuk dapat dinikmati dalam berbagai promo ekslusif tergantung jenis keanggotaannya. Meskipun cara ini yang paling mendasar, namun cukup efektif untuk membuat belanja online Anda menjadi lebih hemat.


3. Pantau Berbagai Program Promo yang Diadakan

Beberapa situs e-commerce seperti Rakuten biasanya akan memberikan potongan harga senilai 5 persen dari nilai belanja dalam bentuk point member di setiap pembelian produk tertentu.

Poin-poin ini nantinya dapat Anda gunakan untuk mengurangi harga belanjaan Anda di waktu selanjutnya. Bahkan, pada event-event tertentu potongan harga tersebut bisa mencapai 25 persen. Jadi, manfaatkan program tersebut untuk penghematan Anda dalam berbelanja online.


4. Gunakan Kartu Kredit yang Tepat

Kartu kredit bisa kita manfaatkan untuk berbelanja online agar lebih hemat. Misalnya saja MasterCard yang pada hari-hari tertentu akan memberikan potongan harga sebesar 5 persen. Selain itu, beberapa produk kartu kredit juga memberikan program hadiah berupa diskon yang didasarkan pada jumlah tagihan pada kartu kredit Anda.


5. Belanja di Hari yang Pas

Pada kenyataannya, belanja hemat tidak bisa dilakukan pada setiap hari. Biasanya, hari terbaik dalam belanja online dimana ditawarkan banyak diskon adalah pada pertengahan hari kerja dan di akhir pekan.


6. Belanja Melalui Situs Cashback

Situs-situs cashback biasanya akan memberikan potongan harga hingga 5 persen untuk pembelian di situs e-commerce tertentu. Misalnya, bila Anda melakukan pembelian di Rakuten melalui situs cashback Ebates dan Shopback, maka Anda akan mendapatkan potongan harga 5 persen.


7. Pantau Terus Program Voucher Diskon pada E-commerce

Biasanya, situs e-commerce akan memajang program voucher diskon cukup jelas di laman beranda portal mereka. Namun, beberapa voucher diskon yang lebih relevan atau lebih spesifik pada produk tertentu biasanya hanya dipajang di laman lain yang sesuai dengan kategori produk.

Bahkan, beberapa ada yang memajangnya di halaman fanpage facebook, media sosial, atau di blogger mitra dari e-commerce tersebut.  Oleh karena itu, ada baiknya sebelum berbelanja cobalah untuk merambah internet dan cek beranda media sosial Anda untuk mendapatkan voucher diskon agar belanja online Anda lebih hemat.


8. Perhitungkan Dengan Baik Voucher Diskon yang Diberikan

Ketika melakukan pembelian, perhatikan dengan baik harga belanjaan Anda, kemudian tentukan kode kupon atau voucher pilihan Anda bila ada lebih dari satu. Misalnya, diskon 5 persen untuk pembelian minimal sebesar Rp 200 ribu tentunya tidak lebih hemat dibandingkan diskon 10 persen untuk pembelian minimal Rp 500 ribu.


9. Ajak Teman Untuk Bayar Ongkir Secara Patungan

Untuk menghemat belanja online Anda, ajaklah teman untuk ikut berbelanja pada situs e-commerce yang sama. Ongkos kirim biasanya dihitung per kilogram, apabila belanja Anda tidak memiliki berat kelipatan tersebut, tentu akan lebih menguntungkan bila Anda membayar ongkos kirim secara patungan dengan teman.

Hal ini tentu akan lebih hemat dibandingkan bila Anda dan teman harus membeli barang satu per satu dan membayar ongkos kirim sendiri-sendiri.


10. Belanja Sesuai Kebutuhan

Dalam berbelanja tentunya kita membutuhkan kesabaran. Belilah barang yang memang hanya menjadi kebutuhan saat ini. Kendalikan hasrat belanja Anda hingga tanggal gajian bulanan tiba.


Itulah tips-tips dari kami agar belanja online Anda menjadi lebih hemat dan menyenangkan. Happy Shopping guy’s!

10 Tips Berikut Ini Akan Membuat Belanja Online Anda Lebih Hemat Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: