Selasa, 28 Maret 2017

7 Tips Cerdas Menghemat Uang Belanja Untuk Kebutuhan Rumah Tangga



Pengaturan keuangan yang baik tentu diperlukan oleh suatu rumah tangga. Sebagian besar belanja kebutuhan keluarga biasanya dilakukan oleh seorang istri atau ibu rumah tangga. Namun, perlu kita ketahui pula bahwa mengatur keuangan rumah tangga bukanlah perkara yang mudah.

Di tengah semakin mahalnya berbagai harga kebutuhan pokok, penghematan dan ketelitian amatlah diperlukan dalam penggunaan uang belanja.

Ibu rumah tangga harus lebih kreatif dalam mengelola keuangan keluarga agar tidak terjadi pemborosan dalam membeli berbagai barang yang sebenarnya tidak terlalu dibutuhkan oleh keluarga.

Baca juga: 11 Tips Sederhana Menghemat Uang Belanja Untuk Anak Kost

Nah, dalam kesempatan kali ini, kami akan berbagi beberapa tips cerdas bagi ibu rumah tangga dalam menghemat uang belanja. Simak tipsnya di bawah ini!


1. Tentukan Tujuan

Di setiap uang belanja yang akan dikeluarkan ada baiknya kita tentukan dengan pasti tujuan belanja yang akan dilakukan agar tidak terjadi pemborosan dengan membelanjakan barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan.

Dengan menentukan tujuan belanja, maka barang yang dibeli pun harus sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, ketika hendak berbelanja kebutuhan pakaian maka sebaiknya tidak mencampur dengan kebutuhan lain ke dalam daftar belanja sehingga tujuan belanja menjadi tidak tentu.


2. Buat Daftar Belanja Barang yang Dibutuhkan

Dengan mencatat daftar belanja barang yang dibutuhkan, kita juga dapat memperkirakan besarnya uang yang akan dikeluarkan untuk berbelanja.

Dengan demikian kita akan mengetahui apa saja barang yang menjadi prioritas untuk dibelanjakan dan merencanakan besarnya uang yang harus dikeluarkan dalam membeli barang-barang kebutuhan tersebut.


3. Bawa Uang Secukupnya Saat Berbelanja

Jika sudah mengetahui besarnya perkiraan uang belanja yang dibutuhkan, jangan membawa uang belanja yang berlebihan. Bawa uang secukupnya saja, atau lebihkan sekitar 10 persen dari perkiraan jumlah pengeluaran sebagai antisipasi bila ternyata terjadi kenaikkan harga pada beberapa barang yang telah ada dalam daftar kebutuhan.


4. Bandingkan Harga Barang Pada Beberapa Toko

Kecermatan amat diperlukan bila kita ingin menghemat pengeluaran uang belanja. Perhatikan harga produk ketika membeli kebutuhan rumah tangga. Bandingkan harga produk yang dijual di satu toko dengan toko yang lain, dengan begitu kita akan dapat memilih toko mana yang memberikan harga terbaik dan cocok untuk dijadikan langganan.

Perhatikan juga bagaimana kualitas dari barang yang dijual, meskipun lebih murah kualitas juga harus menjadi prioritas. Tentunya, kita juga menginginkan keluarga  mendapatkan barang-barang kebutuhan dengan kualitas yang terjamin. Jangan korbankan kualitas dengan sedikit harga yang lebih murah.


5. Belanja Dalam Jumlah Banyak

Dengan membeli barang dalam jumlah banyak biasanya kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Namun, tetap harus dalam jumlah yang wajar. Misalnya, beberapa barang kita bisa membelinya dalam jumlah yang sudah diperhitungkan untuk persediaan dalam jangka waktu tertentu, 2 minggu atau hingga 1 bulan.

Pastikan kita membeli barang kebutuhan secara efisien, jangan sampai membeli dalam jumlah banyak namun pada akhirnya tidak terpakai dan hanya dibuang sia-sia.


6. Catat Pengeluaran Dalam Buku Kas

Catat semua pengeluaran belanja dalam buku kas rumah tangga. Dari catatan tersebut kita dapat merencanakan dan mengatur pengeluaran uang pada belanja di waktu selanjutnya. Cari celah dari pengeluaran tersebut yang mungkin masih dapat dihemat lagi.

Buku kas ini bisa kita buat dalam bentuk buku tulis sungguhan, aplikasi excel, maupun pencatat pengeluaran yang ada di smartphone.


7. Manfaatkan Promo Diskon

Bila kita ingin berhemat, penting rasanya untuk selalu up-to-date dengan berbagai promo potongan harga yang biasa dilakukan oleh supermarket ataupun minimarket. Namun, bila lebih terbiasa dengan belanja di pasar tradisional, kita hanya perlu menjadi pelanggan tetap dari salah satu toko di pasar tersebut dan biasanya pedagang akan sering memberi harga khusus kepada pelanggannya.


Demikian tips-tips dari kami untuk Anda yang ingin menghemat pengeluaran belanja rumah tangga. Memang diperlukan kecermatan dan usaha yang serius dalam melakukannya.

7 Tips Cerdas Menghemat Uang Belanja Untuk Kebutuhan Rumah Tangga Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: