Rabu, 15 Maret 2017

Cara Mudah Supaya Tidak Tertipu Saat Belanja Baju Online



Berbelanja baju, sepatu, tas, dan berbagai produk fashion lewat toko online tentu akan menghemat biaya dan waktu. Apalagi seringkali produk yang dijual online menjanjikan potongan harga ketimbang produk yang dijual secara offline.

Namun, kadangkala masih saja ada pembeli yang tertipu produk online yang dipajang di foto dengan bentuk aslinya. Ketika barang sampai di tangan ternyata tidak sesuai harapan, padahal di website warna maupun modelnya tampak begitu bagus dan menarik.

Nah, oleh karena itu kita perlu memperhatikan detail pada info produk tersebut supaya hal semacam ini dapat diminimalisir. Berikut kami akan sampaikan tips-tips dalam membeli baju secara online agar kita tidak tertipu oleh para ‘seller nakal’.


1. Lihat Bagian Size Chart

Ketika berbelanja baju online, jangan langsung tertarik dengan hanya melihat model dan warnanya saja. Tapi cek juga bagian size chart yang biasanya terdiri dari panjang (height), lebar (weight), serta lingkar dada (burst) dari baju tersebut. Hal ini untuk memastikan kalau ukuran baju pas dengan badan Anda.

Baca juga: Tips Berbelanja Pakaian Online Agar Pas Sesuai Ukuran


2. Cek Foto dan Detail Produk

Perhatikan foto produk yang dipajang dari mulai tampak depan, samping, hingga belakang. Lihat pula informasi mengenai detail produk. Kadang kala ada saja website toko online yang tidak mencantumkan hal ini.


3. Hubungi Kontak Customer Service

Apabila Anda masih ragu dengan barang yang ingin dibeli, sebaiknya hubungi saja kontak customer service (CS) yang tercantum di website. Bisa melalui telepon, sms, maupun chat messenger.

Terutama bila baju yang ingin dibeli merupakan produk impor yang mempunyai ukuran berbeda dengan ukuran di Negara kita. Tanyakan kepada CS mengenai ukuran baju yang tercantum di website apakah sudah disesuaikan dengan ukuran orang Indonesia, serta bagaimana tips perawatannya apakah menggunakan bahan kain dengan perawatan yang sedikit rumit atau tidak.


4. Bandingkan Dengan Toko Online Lainnya

Ketika memutuskan untuk berbelanja melalui online, ada baiknya kita tidak hanya melihat satu online shop saja, lihat juga toko online yang lain. Bandingkan bagaimana kualitas produknya, serta perhatikan detail baju, harga dan pelayanannya.


5. Pastikan Toko Online Melayani Pengembalian

Sebelumnya, kita bisa menanyakan kepada CS apakah toko online tersebut melayani pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan. Baja juga bagian syarat dan ketentuan mengenai transaksi maupun pengembalian barang yang seharusnya ada pada toko online yang profesional.


6. Cek Testimoni dan Feedback Konsumen

Baca testimoni atau feedback yang diberikan oleh konsumen lain di website guna memastikan produk yang dijual dan layanan yang diberikan benar-benar berkualitas.

Apabila sebagian besar konsumen yang telah membeli di situ memberikan penilaian positif, silahkan pertimbangkan untuk membeli produk. Namun bila pendapat mereka negatif, sebaiknya cari toko online yang lain agar Anda tidak kecewa di belakang.

Pastikan pula toko online yang kita kunjungi adalah toko online terpercaya. Selalu teliti sebelum membeli, mulai dari kualitas produk, harga, cara transaksi, pengiriman barang, sampai dengan pengembalian barang yang tidak sesuai pesanan.

Cara Mudah Supaya Tidak Tertipu Saat Belanja Baju Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: