Rabu, 29 Maret 2017

Tips Belanja di Pasar Ben Thanh – Ho Chi Minh City



Meski namanya tak sepopuler Hanoi, Ho Chi Minh City sebenarnya adalah kota terbesar dan tersibuk yang ada di Negara Vietnam. Bisa kita lihat dengan banyaknya penerbangan internasional maupun domestik yang menuju kota ini.

Dahulu, Ho Chi Minh City dikenal dengan nama Saigon yang merupakan ibukota Vietnam Selatan yang kemudian pada tahun 1975, Vietnam bersatu dan menjadikan Hanoi sebagai ibukotanya.

Baca juga: 5 Pasar Tradisional di Vietnam yang Seru Buat Wisata Belanja

Kota ini ternyata cukup terkenal dengan wisata belanjanya yang murah. Apalagi, kota ini menjadi pusat perdagangan di Negara Vietnam. Ada banyak sekali tempat-tempat belanja murah yang bisa Anda kunjungi di Ho Chi Minh City, salah satu yang cukup terkenal di kota ini adalah Pasar Ben Thanh.

Ketika Anda berwisata ke Ho Chi Minh City, tak perlu bingung bila ingin belanja oleh-oleh, ada Pasar Ben Thanh yang merupakan pusat belanja oleh-oleh terlengkap di Vietnam.

Pasar yang dibangun sejak tahun 1870 ini selalu ramai dikunjungi oleh turis dari berbagai Negara. Namun, sebelum Anda mulai belanja di tempat ini sebaiknya simak dulu beberapa tips dari kami agar kegiatan belanja lebih asik dan dapat membeli oleh-oleh dengan harga murah di Pasar Ben Thanh.


1. Kenakan Pakaian Santai yang Menyerap Keringat

Meskipun bangunan Pasar Ben Thanh cukup luas dengan langit-langit yang tinggi, namun tempat ini kerapkali dipadati pembeli. Suasana akan cukup panas dan sumpek sehingga keringat pun akan bercucuran.

Oleh sebab itu, kenakanlah pakaian santai yang simpel dan memiliki daya serap tinggi, seperti kaos ataupun pakaian pantai agar sedikit lebih nyaman ketika berbelanja di tempat ini.


2. Lakukan Tawar-Menawar Harga Dengan Pedagang

Biasanya, pedagang akan menawarkan dagangannya dengan harga yang cukup mahal. Hal ini biasa terjadi di Pasar Ben Thanh, mereka akan memasang harga tinggi terlebih dahulu agar pembeli melakukan penawaran harga. Tawar saja hingga setengah harga awal, pada akhirnya penjual pasti akan memberikan harga terbaik untuk pembeli yang menawar.

Mayoritas pedagang di Pasar Ben Thanh mampu berbahasa Inggris. Namun, dalam hal tawar menawar biasanya mereka akan menggunakan kalkulator untuk menulis harga yang ditawarkan. Apabila Anda merasa harga yang ditawarkan pedagang masih cukup mahal, tuliskan saja harga yang diinginkan pada kalkulator hingga tercapai kesepakatan.

Namun, sebelum Anda menawar sebaiknya perhatikan tanda atau tulisan di beberapa toko yang biasanya menjual barang dengan harga pas dan sudah tak bisa lagi ditawar. Tapi bila Anda membeli dalam jumlah banyak di lapak tersebut, kemungkinan akan tetap mendapatkan potongan harga.


3. Bandingkan Harga Dengan Toko yang Lain

Barang yang sama persis bisa Anda temukan di beberapa toko di Pasar Ben Thanh. Bila Anda merasa harga yang ditawarkan satu toko masih cukup mahal, cobalah untuk mendatangi toko lain yang menjual barang sama.

Ingatlah pepatah, “coba cek di toko sebelah”. Kemungkinan untuk mendapatkan harga lebih murah untuk barang yang sama bisa saja terjadi ketika Anda berbelanja di kawasan ini.


4. Jangan Kesal Bila Dicolek Pedagang

Pedagang yang berjualan di Pasar Ben Thanh sangat banyak, mereka juga akan saling bersaing untuk mendapatkan perhatian turis agar barang dagangan di tokonya bisa laris manis. Tak jarang mereka akan mencolek turis sampai menoleh dan mau masuk ke toko untuk melihat barang-barang dagangannya.


5. Kunjungi Pasar Malam

Toko-toko yang berada di dalam Pasar Ben Thanh hanya buka sejak pagi hingga sore hari. Bagi Anda yang hanya sempat berbelanja di malam hari tak perlu risau karena di Pasar Ben Thanh juga ada pasar malamnya yang akan buka di luar gedung sejak pukul 7 malam hingga menjelang tengah malam.

Lapak-lapak kecil bercahayakan lampu neon akan buka dan menawarkan berbagai macam oleh-oleh. Harganya masih tetap murah, tak jauh beda dengan yang dijual di dalam pasar. Bahkan suasananya tentu lebih adem tak tidak terlalu sumpek bila Anda berbelanja saat malam hari.


6. Jaga Selalu Barang Bawaan Anda

Selalu saja ada copet di tempat-tempat keramaian, sebaiknya Anda selalu menjaga dan memperhatikan barang bawaan Anda. Jangan lengah, agar lebih aman taruhlah tas yang berisi barang-barang berharga di bagian depan tubuh Anda sehingga bisa dengan mudah Anda mengawasinya.


Itulah tips-tips dari kami bila Anda berbelanja di Pasar Ben Thanh. Masih banyak lagi tempat-tempat belanja yang ada di Ho Chi Minh City bila ada waktu sempatkanlah untuk berkunjung ke tempat belanja yang lainnya!

Tips Belanja di Pasar Ben Thanh – Ho Chi Minh City Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: