Kamis, 30 Maret 2017

Yiwu Market – Pusat Belanja Grosir Terbesar dan Terlengkap di China



Pusat grosir di China | Ketika membicarakan pusat grosir di China, mungkin sebagian besar dari kita akan berpikir tentang kota Guangzhou, Shenzen, atau Hongkong. Namun, kota Yiwu, siapa yang tahu kalau tempat ini adalah International Trade City.

Kota Yiwu memang tidak setenar kota-kota besar lainnya di China sebagai destinasi tempat belanja. Yiwu merupakan sebuah kota kecil di China yang jaraknya sekitar 300 kilometer dari kota Shanghai. Dulunya, Yiwu hanyalah kota kecil dengan masyarakatnya yang sebagian besar adalah petani dan pedagang kecil. Namun, siapa sangka kalau saat ini kota kecil tersebut telah berubah menjadi pusat perdagangan internasional, tempat para pengusaha berbelanja grosir barang-barang China.

Setiap harinya, kota ini selalu ramai dikunjungi oleh orang dari seluruh dunia yang mencari barang-barang grosir untuk keperluan usaha atau dijual kembali di Negara masing-masing.

Baca juga: Guangzhou dan Yiwu, Pusat Grosir China yang Terkenal Hingga Mancanegara

Kita bisa menuju kota ini dengan mudah menggunakan transportasi umum seperti kereta api cepat (bullet train) ataupun dengan bus dari kota-kota besar terdekat seperti Beijing, Shanghai, dan Hanzhou.

Pembangunan International Trade City di Yiwu dimulai pada District 1 sejak tahun 2001. Selanjutnya, Yiwu Market District 1 baru dibuka pada 22 Oktober 2002.

Saat ini, Yiwu Market telah berkembang menjadi 5 district dan masih dalam tahap pembangunan untuk district 6. Berdiri di lahan seluas 400 hektar, kawasan pertokoan dari 5 district di Yiwu Market terbagi menjadi 4 lantai. Ada lebih dari 80 ribu toko yang buka setiap hari dengan jumlah pengunjung sekitar 200 ribu orang setiap harinya di Yiwu Market.

Yiwu Market sukses mencatatkan omzet lebih dari 8 miliar USD pada tahun 2012. Maka tidak heran, bila kota yang dulunya sederhana telah berubah menjadi sebuah kota maju yang tertata dengan baik. | Grosir barang China

Tempat perbelanjaan grosir di Yiwu Market amatlah luas. Terdiri dari 5 district dengan luas total mencapai 400 hektar dan terbagi dalam 4 lantai. Bila kita sering ke Mangga Dua Mall yang ada di Jakarta, bisa dibilang luas 1 district saja di Yiwu Market layaknya 2 kali luas Mangga Dua. Jadi, bisa kita bayangkan bila 5 district tersebut hampir setara dengan 10 kali besarnya Mangga Dua Jakarta.

Kawasan grosir di Yiwu Market diisi oleh lebih dari 80 ribu toko. Seandainya, kita membutuhkan waktu 5 menit untuk memasuki toko satu per satu, dan berkeliling di sini mulai dari awal buka hingga tutup, maka bisa dikatakan kita membutuhkan waktu hampir 2 tahun untuk bisa berkeliling ke semua toko yang ada di Yiwu Market.

Oleh karena itu, bila ingin berbelanja grosir di tempat ini kita harus mengetahui secara jelas gambaran mengenai produk apa yang hendak dicari. Sehingga kita tidak perlu menghabiskan waktu lama untuk berkeliling mencari-cari produk yang hendak dibeli.

Rata-rata, luas toko di Yiwu Market hanya berukuran 3x4 meter. Setiap toko hanya akan memajang sampel-sampel dari produk mereka. Tempatnya rapih, dan tersusun dengan baik. Ketika kita ingin memesan barang, barulah mereka akan mengambilkannya dari gudang dan pembeli dimohon untuk menunggu sejenak.

Meskipun Yiwu Market adalah tempat belanja grosir, namun kita tidak harus membeli hingga 1 container karena biasanya tergantung dari jenis barang dan harga satuan barang yang dipesan. Ada jenis barang tertentu yang mengharuskan kita membeli dengan minimum order hingga ribuan pcs, dan ada pula yang bisa kita beli dengan minimal order 1 pcs. Semua tergantung ukuran dan harga barang yang dibeli.

Barang berukuran kecil dengan harga relatif murah seperti jepit rambut, alat tulis, mainan kecil, dan lain-lain tentunya mensyaratkan pembeli untuk memesan dalam jumlah minimal yang cukup banyak. Sedangkan barang-barang berukuran besar dengan harga yang relatif mahal, seperti mainan pesawat RC, koper, komputer, ataupun Handphone, biasanya bisa dibeli meski hanya 1 pcs.

Begitu banyaknya jenis barang dan merek produk yang ada di Yiwu Market, sampai-sampai banyak yang bilang kalau Anda memiliki barang yang bertuliskan “Made in China”, maka kemungkinan besar barang tersebut juga tersedia di Yiwu Market. Sehingga tak heran bila tempat perbelanjaan grosir Yiwu Market menjadi destinasi para pemilik usaha mancanegara untuk kulakan barang dagangan mereka. | Pusat grosir di China

Yiwu Market – Pusat Belanja Grosir Terbesar dan Terlengkap di China Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: