Rabu, 19 April 2017

4 Tips Aman Belanja Online dari Website Luar Negeri



4 Tips Aman Belanja Online dari Website Luar Negeri
Berbelanja secara online sudah menjadi hal yang cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia, begitu pula dengan belanja online dari situs luar negeri. Dengan belanja dari situs luar negeri, pelanggan memperoleh kemudahan untuk belanja barang yang tidak dijual di Indonesia. Hal ini cukup menggoda dan membuat cara belanja online dari situs luar negeri memiliki peminat yang tidak sedikit dari Indonesia.

Akan tetapi, kehati-hatian saat berbelanja dari website luar negeri juga perlu dilakukan. Sebab, tidak jarang situs-situs fake yang memanfaatkan minat pembeli untuk melakukan modus penipuan saat pelanggan berbelanja online dari situs luar negeri.

Baca juga: 6 Tips Belanja Sepatu Online Agar Tidak Mengecewakan

Berikut ini kami akan bagikan beberapa tips aman belanja online dari website luar negeri untuk Anda para pembaca.


1. Belanja Pada Situs Terpercaya

Hal pertama yang perlu diperhatikan saat hendak berbelanja dari online shop luar negeri adalah memilih situs yang terpercaya. Oleh karena itu, sebelum mulai memutuskan untuk membeli barang dari web tersebut, cobalah untuk mengecek web yang menyediakan barang yang ingin Anda beli.

Pastikan Anda hanya belanja dari situs yang terpercaya untuk mengirim barang ke luar negeri. Luang waktu untuk membaca komentar maupun testimonial yang tertera di situs. Bagaimana pelayanan mereka, dan bagaimana sistem pengiriman barang ke luar negeri yang ada di situs mereka. Ketahui lebih dahulu bagaimana reputasi situs tersebut sebelum Anda putuskan untuk berbelanja.


2. Baca Terms and Conditions Tentang Pengiriman Barang

Jangan melakukan transaksi apabila Anda belum membaca secara lengkap halaman terms and conditions mengenai pengiriman barang yang ada di website. Pahami dengan jelas kebijakan situs terkait pengiriman barang mereka ke luar negeri.

Biasanya, dalam terms and conditions akan mencakup beberapa hal seperti ongkos kirim, durasi pengiriman, sampai dengan kebijakan apabila barang tidak sampai ke tangan pembeli atau diterima dalam keadaan rusak. Bila ada hal yang masih kurang jelas, jangan ragu untuk mengirim e-mail atau menghubungi via telepon untuk menanyakan tentang sistem pengiriman barang ke Indonesia.


3. Pahami Metode Pembayaran yang Digunakan

Sebagian besar situs belanja luar negeri menerima cara pembayaran menggunakan kartu kredit atau paypal. Beberapa situs juga ada yang menerima sistem pembayaran melalui jasa pengiriman uang Western Union (WU).

Pahami kelebihan dan kekurangan dari setiap cara pembayaran yang diterima situs sebelum Anda memilih mana cara pembayaran yang sesuai untuk digunakan. Selain itu, cermati pula berbagai modus penipuan yang sering digunakan pada setiap jenis cara pembayaran. Dengan demikian Anda akan lebih waspada dalam melakukan transaksi pembelian.


4. Pahami Hal yang Berkaitan Dengan Pajak Impor Barang

Penerimaan barang kiriman dari luar negeri atau yang dikenal dengan sistem impor barang memiliki sejumlah risiko, salah satunya terkait dengan pajak atau cukai bea masuk. Sebelum membayar, ada baiknya cermati terlebih dahulu bagaimana pajak yang akan dikenakan oleh Bea Cukai Indonesia.

Menurut Peraturan Menteri Keuangan, barang kiriman dari luar negeri dengan harga di bawah USD $ 50 masih bebas bea masuk.

Namun, bila lebih dari harga tersebut, maka akan dikenakan Pajak Pertambahan Nilai (PPN), Pajak Penghasilan (PPh), atau Pajak Penjualan Barang Mewah (PPnBM). Besarnya penghitungan pajak dan bea masuk biasanya tergantung dari jenis barang, harga paket yang diterima, dan ongkos kirim dalam paket tersebut.

4 Tips Aman Belanja Online dari Website Luar Negeri Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: