Jumat, 07 April 2017

6 Tips Belanja Sepatu Online Agar Tidak Mengecewakan



Belanja Sepatu Online
Belanja sepatu secara online adalah kegiatan yang mengasikkan selama kita melakukannya dengan benar. Anda tidak perlu pergi jauh-jauh ke mall atau pusat perbelanjaan untuk membeli sepatu yang diinginkan. Cukup memilih dan memesannya dari rumah, transfer pembayaran, dan barang akan segera sampai ke tangan Anda.

Namun, belanja produk fashion melalui internet khususnya sepatu kadang kala memang menimbulkan banyak kekhawatiran, mulai dari aspek pembayaran, barang tidak sesuai ukuran, hingga bahan maupun kualitas yang tidak sesuai dengan gambaran.

Baca juga: Tips Mengetahui Ukuran Sepatu Saat Berbelanja Online

Membeli sepatu dan semua barang fashion itu harus pas dengan ukuran. Kelebihan dan kekecilan ukuran sepatu yang kita beli tentu akan membuat tidak nyaman, dan juga membuat kita tampak konyol saat mengenakannya.

Sebaiknya perhatikan dahulu beberapa tips belanja sepatu secara online yang akan kami bagikan berikut ini agar nantinya tidak mengecewakan saat barang telah sampai dan Anda coba mengenakannya di rumah.


1. Ketahui Ukuran Kaki Dengan Pasti

Bagi yang sudah sering berbelanja produk fashion pasti sudah tak asing lagi dengan label ukuran yang ada pada pakaian maupun sepatu. Beberapa label ukuran ada yang disesuaikan dengan standar beberapa Negara.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah bila sepatu tersebut menggunakan label ukuran untuk standar Amerika ataupun Eropa. Kita harus paham betul ukuran kaki kita di standar Eropa berada di ukuran berapa. Jadikan ukuran tersebut patokan Anda setiap kali membeli sepatu dengan ukuran standar ‘Negara Barat’.


2. Lain Merek Lain Pula Ukurannya

Untuk produk sepatu, ada kalanya berbeda merek (brand) maka beda pula ukurannya, khususnya bila sepatu tersebut menggunakan standar ukuran Eropa dan Amerika.

Contohnya, bila biasanya ukuran sepatu Anda di angka 40, ketika membeli merek lain maka ukurannya menjadi 41 atau bisa lebih rendah dari ukuran kaki Anda. Begitu pula dengan jenis sepatu yang Anda beli, misalnya ukuran pada sepatu Sneakers dapat berbeda pada jenis sepatu yang lebih resmi.

Hal ini juga harus diperhatikan, dalam membeli sepatu online usahakan agar membeli sepatu dengan merek yang biasa Anda pakai agar tidak terjadi kesalahan dalam ukuran kaki.


3. Tanyakan Secara Detail

Customer Service merupakan bagian yang biasanya selalu ada pada setiap toko online. Tugasnya adalah melayani pertanyaan, pemesanan, hingga komplain yang datangnya dari pelanggan. Sebelum membeli produk di toko online tersebut, ada baiknya Anda berkonsultasi dan tanyakan secara detail mengenai informasi produk, seperti warna, dan ketersediaan ukuran. Tanyakan apakah ukuran yang digunakan adalah standar lokal atau standar luar negeri.

Selain itu, Anda juga bisa bertanya mengenai cara pembayaran, dan apakah barang bisa dikembalikan atau ditukar apabila tidak sesuai pesanan, dan juga terjadi kesalahan ukuran.


4. Jangan Coba-coba

Berbelanja sepatu online tentu berbeda dengan belanja konvensional. Anda tidak bisa mencoba dahulu barangnya, informasi yang pembeli dapatkan hanya tertera pada foto dan detail produk. Bila Anda pernah membeli di suatu toko online yang menurut Anda memiliki produk dan pelayanan yang baik, maka jadilah langganan di toko online tersebut.


5. Rencanakan Waktu Belanja Anda

Bila Anda ingin membeli sepatu untuk acara khusus, maka lakukan belanja online pada jauh-jauh hari. Sebab, ada jeda waktu cukup lama ketika barang dikirimkan melalui jasa pengiriman barang. 1-2 hari bila toko tersebut masih satu kota dengan Anda, dan bila toko online berada di luar kota biasanya lama pengiriman bisa 3 hingga 1 minggu.


6. Baca Syarat dan Ketentuan Dengan Teliti

Sebelum memutuskan membeli sepatu secara online, baca terlebih dahulu mengenai syarat dan ketentuan yang diberikan oleh toko online. Mulai dari cara pembayaran, pengiriman, hingga pengembalian barang rusak atau tidak sesuai pesanan.

Pada banyak kasus, toko online akan membebankan biaya pengiriman kepada pembeli apabila barang dikembalikan karena rusak atau tidak sesuai pesanan. Ada juga beberapa toko online yang melakukan retur cukup lama karena harus melakukan pengecekan terlebih dahulu pada barang yang dikembalikan. Belum lagi bila barang tersebut harus ditukar ke distributor resminya, bisa memakan waktu cukup lama biasanya hingga berbulan-bulan.


Demikian tips-tips dari kami untuk Anda yang ingin berbelanja sepatu secara online. Selamat berbelanja!

6 Tips Belanja Sepatu Online Agar Tidak Mengecewakan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: