Sabtu, 15 April 2017

8 Tips Berbelanja Pakaian Murah Untuk Keluarga Menjelang Lebaran



Belanja pakaian lebaran selalu memberi tantangan tersendiri bagi para ibu rumah tangga. Momen yang hanya sekali dalam setahun ini biasanya memberi berbagai pengalaman menarik, seperti berdesakan dengan para pembeli lain, tidak kebagian busana yang disukai, bahkan hingga kehabisan uang karena tidak merencanakan budget dengan baik.

Oleh karena itu, beberapa perencanaan dan perhitungan perlu dilakukan ketika hendak membeli pakaian lebaran. Hal-hal seperti ketersediaan dana, waktu belanja serta penyesuaian dengan kebutuhan merupakan suatu yang penting untuk diperhatikan.

Baca juga: 10 Tips Belanja di Mangga Dua Untuk Para Wanita

Berikut ini kami akan bagikan tips-tips saat berbelanja pakaian lebaran untuk keluarga agar lebih hemat dan sesuai dengan kebutuhan.


1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan Keluarga

Sebelum berbelanja, Anda harus membuat daftar barang yang dibutuhkan keluarga untuk menyambut lebaran nanti. Rencanakan dengan matang terkait apa saja yang Anda butuhkan, dan apa saja yang akan dibeli. Sesuaikan pula dengan budget yang tersedia.


2. Miliki Tabungan Sejak Jauh Hari

Sebaiknya kita tidak hanya mengandalkan Tunjangan Hari Raya (THR) saja untuk menyambut lebaran. Siapkan dana tersebut sejak jauh hari agar tidak terdesak karena harus menunggu THR yang biasanya diberikan ketika waktu telah ‘mepet’.

Sisihkan uang Anda sebanyak 5 sampai 10 persen dari gaji sebagai tabungan untuk membeli pakaian serta kebutuhan lainnya untuk menyambut lebaran.


3. Belanja Pakaian Sejak Sebelum Ramadhan

Bila Anda memiliki tabungan atau uang lebih, ada baiknya berbelanja pakaian lebaran sejak jauh hari, bahka sebelum Ramadhan tiba. Dengan demikian Anda akan terhindar dari desak-desakan pembeli apabila Anda berbelanja ketika sudah hampir mendekati lebaran.

Selain itu, dengan membeli pakaian sebelum Ramadhan biasanya harga pakaian juga akan jauh lebih murah dibandingkan saat mendekati lebaran. Banyak pedagang yang memanfaatkan momen lebaran untuk menjual dagangannya hingga dua kali lipat dari harga normal.


4. Jangan Tertipu Dengan Diskon Palsu

Di toko-toko besar dan juga swalayan Anda akan melihat banyak spanduk dan pamflet yang bertuliskan diskon. Bahkan ada diskon yang tertera hingga lebih dari 50%. Sebaiknya kita jangan sampai tertipu karena tak jarang penjual sudah menaikkan harganya hingga dua kali lipat sebelum dikenai diskon.

Sehingga harga jual sebenarnya tetap sama, ini hanyalah trik untuk menarik perhatian dan minat beli orang-orang yang berbelanja pakaian menjelang lebaran. Jangan mudah tergiur, tetap fokuskan belanja pada daftar kebutuhan yang telah Anda buat sebelumnya.


5. Bawa Uang Tunai Secukupnya

Ketika berbelanja pakaian untuk keperluan lebaran, bawalah uang tunai secukupnya sesuai dengan kebutuhan yang ada. Jangan menggunakan kartu debit ataupun kartu kredit di luar daftar kebutuhan yang telah direncanakan sebelumnya agar pengeluaran Anda tidak membengkak hanya untuk membeli pakaian lebaran saja.


6. Berbelanja di Pusat Grosir

Berbelanja di pusat grosir dapat dijadikan pilihan bila Anda ingin menghemat belanja pakaian lebaran. Terutama bila kebutuhan pakaian lebaran memang cukup banyak. Harga lebih murah tentu akan Anda dapatkan bila membeli dalam jumlah banyak di tempat perbelanjaan yang melayani pembelian grosir.


7. Jahit Pakaian Sendiri

Membeli bahan dan menjahitnya sendiri di penjahit tentu akan lebih memberi kepuasan tersendiri bagi Anda. Buatlah model baju yang kreatif dan bawa bahan kain sejak jauh hari ke tukang jahit.


8. Tidak Perlu Baru dan Mahal

Bila dana yang Anda miliki belum mencukupi, tak mengapa bila mengenakan baju yang lama. Bukanlah suatu kewajiban untuk mengenakan pakaian baru di Hari Raya Idul Fitri. Apalagi membeli baju-baju mahal hanya untuk dipamerkan pada orang-orang saat lebaran.

Merayakan “Hari Kemenangan” bukan berarti semua harus baru dan harus mahal. Hal terpenting dalam lebaran adalah saling maaf-memaafkan.


Itulah tips-tips dari kami agar belanja pakaian lebaran Anda lebih hemat dan sesuai kebutuhan sehingga sisa dana yang tersedia bisa digunakan untuk kebutuhan-kebutuhan lainnya di hari Lebaran.

8 Tips Berbelanja Pakaian Murah Untuk Keluarga Menjelang Lebaran Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: