Jumat, 21 April 2017

Cara Cermat dan Hemat Belanja Perlengkapan Untuk Bayi



Cara Cermat dan Hemat Belanja Perlengkapan Untuk Bayi
Salah satu momen menyenangkan dalam sebuah keluarga kecil adalah menanti kelahiran sang buah hati. Terutama bagi Anda pasangan yang baru pertama kalinya akan mengalami hal tersebut.

Berbagai persiapan yang berhubungan dengan kebutuhan si kecil tentunya akan menjadi perhatian spesial bagi Anda, banyak peralatan serta keperluan bayi baru lahir yang selalu ingin Anda beli, bahkan tak jarang keinginan tersebut menjadi sesuatu yang sukar untuk dihindari.

Baca juga: Barang-barang Belanjaan Untuk Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Akan tetapi, kondisi keuangan tetap harus dipikirkan dan tak boleh dikesampingkan. Segal sesuatunya harus diatur dengan cermat dan sebaiknya jangan berbelanja terlalu berlebihan dengan membeli berbagai barang yang tidak terlalu penting.

Nah, berikut ini kami akan bagikan tips-tips berbelanja kebutuhan bayi secara cermat dan hemat!

1. Buat Daftar Belanjaan

Sudah sewajarnya bagi Anda yang baru pertama kali akan mempunyai bayi mengalami sedikit kebingungan dalam membeli berbagai perlengkapan bayi. Namun, perencanaan yang matang tetap perlu dilakukan agar belanja perlengkapan bayi Anda tak menjadi suatu pemborosan. Sebab, saking senangnya karena akan memiliki anak, biasanya orangtua lupa dan tergoda untuk membeli berbagai hal yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan.

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah menyusun sebuah daftar belanja terkait berbagai macam kebutuhan bayi Anda. Sebelumnya, Anda bisa bertanya pada keluarga atau teman yang telah lebih dulu memiliki bayi. Dengan demikian pembelian berbagai barang yang tidak terlalu dibutuhkan dapat dihindari.


2. Belanja Dengan Cermat

Sebaiknya calon orangtua jangan terlalu boros dalam membelanjakan uang, terutama untuk membeli berbagai macam kebutuhan bayi yang bisa dikatakan hanya akan terpakai untuk waktu sesaat saja.

Pertimbangkan kembali sebelum memutuskan untuk membeli barang-barang keperluan bayi yang penggunaannya tidak terlalu maksimal. Hindari pula membeli pakaian bayi dalam jumlah yang berlebihan. Belilah secukupnya karena bayi nantinya juga akan cepat tumbuh besar sehingga berbagai macam jenis pakaian itu akan kekecilan dan tidak lagi dapat dipakai oleh si kecil.


3. Belanja Perlengkapan Bekas Melalui Online

Mungkin sebagian calon orangtua akan berpikir “untuk anak kok dibelikan yang bekas”. Tapi ada juga orangtua yang berpikir jeli dan teliti. Toh, barang-barang tersebut hanya akan terpakai untuk sementara karena pertumbuhan bayi yang biasanya sangat cepat.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berpikir cermat cobalah untuk mencari perlengkapan bayi bekas yang masih dalam kondisi bagus yang dijual secara online. Ada banyak perlengkapan bekas untuk bayi yang ditawarkan dengan beragam jenis dan harga yang beragam.

Namun tentu saja perlengkapan dalam kondisi bekas harganya akan jauh lebih murah dibandingkan dengan Anda membeli perlengkapan bayi yang masih baru. Pilihlah beberapa barang yang sesuai dengan kebutuhan si kecil, dengan demikian Anda akan bisa lebih berhemat dan menggunakan sisa uang untuk kebutuhan lain yang lebih penting bagi si kecil.


4. Manfaatkan Program Belanja Diskon

Beberapa toko perlengkapan bayi sering mengadakan promo berupa program diskon. Terutama toko-toko yang bekerja sama dengan berbagai layanan kartu kredi dari bank. Anda dapat memanfaatkan momen tersebut untuk membeli barang kebutuhan bayi. Namun, tetap harus ingat jangan sampai gelap mata. Pastikan hanya membeli barang-barang yang sesuai dengan keperluan si kecil.


5. Menyewa Beberapa Perlengkapan Bayi

Sekarang ini juga ada lho toko yang melayani jasa persewaan untuk kebutuhan bayi. Biasanya mereka menyewakan barang-barang berupa box bayi atau kereta bayi yang tentunya hanya akan terpakai untuk sementara waktu.

Jadi, Anda tidak harus menghabiskan banyak uang untuk membeli perlengkapan tersebut. Dengan menyewa beberapa perlengkapan yang kebutuhannya hanya untuk sesaat tentu Anda akan dapat menghemat uang dalam jumlah banyak karena biasanya untuk box bayi dan kereta bayi dijual dengan harga cukup mahal.


Dari tips di atas, Anda akan lebih cermat dan hemat dalam mempersiapkan berbagai keperluan untuk bayi Anda. Setiap orangtua pastinya ingin membeli segala sesuatu yang menyangkut kebutuhan buah hatinya. Namun membeli semuanya secara berlebihan tentu akan membuat Anda menguras banyak tabungan. Belum lagi harus menyediakan cukup ruang untuk menyimpannya ketika barang-barang tersebut sudah tidak lagi terpakai atau saat si kecil mulai besar.

Oleh karena itu, lebih bijaklah dalam berbelanja perlengkapan bayi. Tidak ada salahnya Anda mencoba tips-tips di atas untuk menjaga kondisi keuangan keluarga tetap sehat.

Cara Cermat dan Hemat Belanja Perlengkapan Untuk Bayi Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: