Kamis, 20 April 2017

Destinasi Wajib Wisata Belanja Turki Ada di Pasar Grand Bazaar



Destinasi Wajib Wisata Belanja Turki Ada di Pasar Grand Bazaar
Bagi Anda turis Indonesia yang berwisata ke luar negeri, tentu takkan terasa lengkap tanpa belanja oleh-oleh untuk keluarga dan teman di tanah air. Salah satu tujuan wisata yang menjadi favorit di luar negeri adalah Turki. Negara ini memiliki tempat-tempat wisata menarik untuk dikunjungi.

Tidak hanya wisata alamnya saja, Turki juga menawarkan beberapa tempat wisata belanja yang menjadi favorti bagi para wisatawan dari seluruh dunia karena menawarkan barang-barang yang unik dan memiliki ciri khas tersendiri.

Baca juga: Cara Hemat Belanja Oleh-oleh di Turki

Bila Anda tengah berwisata ke Turki dan sedang mencari tempat wisata belanja menarik yang ingin dikunjungi, salah satu tempat yang kami rekomendasikan adalah Grand Bazaar.

Destinasi Wajib Wisata Belanja Turki Ada di Pasar Grand Bazaar
Di sini Anda bisa membeli berbagai macam barang oleh-oleh khas Turki seperti karpet Turki yang terkenal karena motif tenunannya yang indah, beragam kerajinan dari emas dan perak yang harganya relatif murah, atau keramik tradisional Turki yang dibuat oleh perajin dengan sangat menawan.

Lokasi Grand Bazaar berada di kota Istanbul, Turki. Pasar ini menjadi salah satu pasar tertua di dunia yang dibangun sejak tahun 1455 Masehi oleh Sultan Mehmed II, tak lama setelah penaklukan Constantinople.

Destinasi Wajib Wisata Belanja Turki Ada di Pasar Grand Bazaar
Di kawasan kompleks pasar Grand Bazaar terdapat sekitar 60 lorong yang diisi oleh sekitar 5000 toko dan kios. Pengunjung di tempat ini cukup fantastis, sekitar 400 ribu orang setiap harinya, dan mereka bukan hanya berasal dari sekitar Turki saja, tapi juga dari berbagai Negara di seluruh belahan dunia.

Bisa dikatakan Grand Bazaar merupakan surga belanja bagi para wisatawan. Lokasinya terletak di kompleks Kota Tua Istanbul, tepatnya berada di distrik Fatih yang tidak jauh dari Masjid Biru dan Museum Hagya Sofia.

Pasar ini juga mudah dijangkau dengan trem, turun di Beyazid dan Anda dapat melanjutkannya dengan berjalan kaki menuju ke lokasi pasar Grand Bazaar.

Selain barang-barang yang telah disebutkan tadi, pasar ini juga menyediakan aneka barang-barang kebutuhan lainnya, seperti bahan makanan, rempah-rempah, pakaian, hingga perlengkapan makan. Beragam barang seni juga bisa Anda beli di Grand Bazaar, mulai dari lukisan tangan, hiasan rumah, aneka kerajinan kulit, dan beragam pernak-pernik dan souvenir untuk mempercantik ruangan rumah Anda.

Pasar yang buka sejak pukul 9 pagi hingga pukul 7 malam ini buka setiap hari, terkecuali hari Minggu dan hari-hari besar lainnya.

Pasar ini memiliki 21 pintu gerbang dengan jalan yang berliku seperti labirin. Banyak wisatawan yang bingung saat berkeliling di pasar ini. Namun, meskipun pasar ini cukup besar, pengunjung tetap tidak akan kesulitan untuk mencari barang-barang yang ingin dibeli karena barang-barang di sini sudah ditata dan dikelompokkan sesuai jenisnya. Di Grand Bazaar, Anda dapat membeli berbagai barang dan souvenir yang unik dengan harga yang beragam.

Meski di Grand Bazaar menyediakan berbagai macam barang, namun bagi wisatawan disarankan untuk membeli barang-barang yang menjadi ciri khas budaya Turki.

Sama halnya dengan pasar-pasar di Indonesia, di Grand Bazaar pun Anda harus pintar menawar saat berbelanja. Bersabarlah bila menemukan barang yang bagus, jangan terburu nafsu untuk langsung membelinya, coba saja tawar dulu harganya, siapa tahu Anda bisa mendapatkan barang bagus dan berkualitas dengan harga murah.

Oya, satu lagi tips bila ingin mendapatkan harga yang murah, sebaiknya Anda datang saat akhir pekan saat banyak wisatawan yang datang berbelanja. Karena biasanya pedagang justru menaikkan harga lebih tinggi apabila kondisi pasar sedang sepi pengunjung.

Destinasi Wajib Wisata Belanja Turki Ada di Pasar Grand Bazaar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: