Jumat, 21 April 2017

Ini Dia 7 Tempat Wisata Belanja Murah yang Wajib Dikunjungi Saat di Semarang



Tempat belanja murah di Semarang | Dalam hal destinasi wisata, kota Semarang mungkin memang tak sepopuler Yogyakarta atau Solo. Namun, Ibukota Provinsi Jawa Tengah pun tak kalah menarik dengan Kota-kota tujuan wisata lainnya yang ada di Pulau Jawa, khususnya berkaitan dengan wisata belanja.

Nah, berikut ini ada 7 tempat wisata belanja di Semarang yang wajib Anda kunjungi saat berada di Semarang.


1. Pasar Johar

Ini Dia 7 Tempat Wisata Belanja Murah yang Wajib Dikunjungi Saat di Semarang
Bangunan pasar yang terdiri dari dua lantai ini berada di pinggir kali Semarang, dan menjadi pusat perdagangan warga Semarang sejak dulu. Tak hanya warga Semarang saja yang berbelanja aneka kebutuhan sehari-hari di sini, tapi juga banyak wisatawan dari berbagai daerah yang selalu mampir ke Pasar Johar untuk membeli oleh-oleh saat berada di Semarang.

Pasar Johar menyediakan aneka barang kebutuhan yang murah dan komplit. Mulai dari pedagang pakaian, sepatu, tas, kain, batik, buah-buahan, berbagai jenis bahan makanan, elektronik, dan beragam peralatan rumah tangga serta dapur lainnya.

Baca juga: 11 Destinasi Wisata Belanja Murah yang Terkenal di Surabaya

Selain itu, di Pasar Johar Anda juga akan menjumpai banyak pedagang souvenir untuk hajatan atau pernikahan, serta berbagai macam pernak-pernik lainnya. Pastinya, harga barang-barang di Pasar Johar sangat murah dan masih bisa ditawar.

Pasar Johar selalu ramai dan dipadati pengunjung setiap harinya. Meski dengan kondisi panas dan sesak, tak mengurangi antusiasme pelanggan untuk berbelanja di sini. Pasar Johar terletak di pusat Kota Semarang, Kecamatan Semarang Tengah, Kelurahan Kauman, atau tepatnya di Jalan Kaligawe – Tambakrejo.


2. Pasar Gang Baru

Ini Dia 7 Tempat Wisata Belanja Murah yang Wajib Dikunjungi Saat di Semarang
Aktivitas di Pasar yang berlokasi di sebuah gang atau lorong di tengah wilayah pecinan ini sudah dimulai sejak jam 5 pagi. Banyak pedagang dari berbagai daerah sekitar Semarang yang berjualan di sini dan menawarkan berbagai jenis barang kebutuhan.

Pasar Gang Baru sudah berdiri sejak puluhan tahun lalu, dan masyarakat biasa membeli berbagai kebutuhan sehari-hari di tempat ini. Mulai dari bahan makanan, pakaian, obat-obatan tradisional, hingga perlengkapan untuk upacara ritual masyarakat Tionghoa tersedia di sini.

Pasar Gang Baru beralamatkan di Jalan Beteng dan Gang Belakang, Anda yang ingin ke tempat ini bisa juga melalui Jalan Sebandaran atau dari Gang Warung. Atau bila Anda datang dengan kendaraan roda dua bisa melalui jalan kecil lewat Gang Cilik dan Gang Pasar Baru.

Waktu belanja paling pas di pasar ini ialah sejak pukul 6 sampai pukul 10 pagi. Di jam tersebut pasar masih ramai dan barang-barang yang dijual juga masih tersedia lengkap. Di atas jam 10 biasanya sudah banyak pedagang yang kehabisan barang dagangan dan menutup lapaknya, sehingga kondisi pasar juga agak sepi.


3. Pasar Semawis

Ini Dia 7 Tempat Wisata Belanja Murah yang Wajib Dikunjungi Saat di Semarang
Pasar Semawis adalah pasar yang hanya buka di hari Jumat, Sabtu, dan Minggu malam. Pasar ini buka pada jam 6 sore hingga 11 malam di Gang Warung, bisa dibilang ini sejenis pasar malam.

Di tempat ini Anda akan menjumpai ratusan pedagang yang menjual berbagai jenis makanan, mulai dari kuliner khas Semarang, hingga kuliner khas Arab, Pakistan, dan India.

Anda juga bisa mencicipi segarnya wedang ronde, wedang kacang tanah, aneka teh yang bermerek tempo dulu, dan juga ada minuman es congklik.

Jajanan lain yang juga tersedia di Pasar Semawis ini di antaranya kue serabi kuah khas Kalicarik, dan Lumpia. Ketika menjelang hari raya Imlek, tempat ini juga diramaikan dengan pertunjukkan kesenian serta kebudayaan Tionghoa, seperti opera klasik, barongsai, pertunjukan wushu, wayang potehi, konsultasi feng shui, sampai beberapa tabib pengobatan tradisional China. | Tempat belanja murah di Semarang


4. Kampung Batik Semarang

Meski tak selengkap Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Semarang juga menyajikan berbagai hal tentang batik. Anda tidak hanya dapat membeli berbagai macam kain serta pakaian batik, tapi juga ikut belajar tentang budaya dan sejarah batik.

Di Kampung Batik Semarang, Anda akan menjumpai puluhan perajin batik yang membuat sekitar 600 motif batik khas Semarangan. Batik Semarangan memang memiliki motif yang hampir mirip dengan Batik Pekalongan, yaitu menonjolkan flora dan fauna sebagai motif utama.

Namun, dalam perkembangannya, batik Semarang lebih cenderung memiliki kesan percampuran antara budaya China. Ciri khas lain dari batik Semarangan ialah banyak motif yang mengusung motif icon kota Semarang, seperti Gedung Lawang Sewu, Tugu Muda, atau Buah Asam.

Lokasi Kampung Batik Semarang cukup dekat dari Bundaran Bubakan, pusat kota Semarang atau berada di Semarang Tengah. Bila Anda berangkat dari arah Pasar Johar, cari saja arah yang menuju Jalan Pattimura atau Dr Cipto. Lokasinya tidak jauh dari Hotel Djelita, sebelah kiri jalan (bila dari arah Simpang Lima), ada gapura besar yang bertuliskan Jl. Batik.


5. Kawasan Simpang Lima dan Jalan Pandanaran

Kedua tempat ini merupakan tempat wisata belanja dan kuliner yang menarik untuk dikunjungi. Sangat cocok bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh makanan dan jajanan khas Semarang. Di kawasan Simpang Lima terdapat tiga buah mall besar dan banyak pertokoan.

Saat hari libur tiba, Lapangan Simpang Lima biasanya dijadikan pasar rakyat yang menjual beraneka ragam barang dengan harga yang murah. Anda juga bisa mencicipi kuliner nasi ayam atau tahu gimbal khas Semarang di tempat ini.

Sedangkan di Jalan Pandanaran merupakan pusat belanja oleh-oleh khas Semarang. Tersedia aneka kuliner dan jajanan khas Semarang di tempat ini. Mulai dari lumpia, wingko babat, bandeng presto, dan jajanan lainnya.


6. Pasar Burung Karimata

Nah, tempat yang satu ini adalah lokasi yang tepat bagi Anda pecinta hewan peliharaan. Pasar Burung Karimata merupakan pasar burung yang sangat populer di kota Semarang. Tidak hanya tersedia aneka jenis burung peliharaan saja di tempat ini, tapi juga berbagai perlengkapan dan pakan untuk burung peliharaan Anda. Di sini juga sering diadakan lomba untuk burung-burung kicau.

Bila ingin ke tempat ini, dari lapangan Pancasila Simpang Lima, belok kiri ke jalan KH Ahmad Dahlan yang ada RSU Telogo Rejo, lurus terus hingga jalan DI Panjaitan, lalu belok kanan di Jalan Kartini sesudah melewati satu lampu merah.


7. Kampoeng Semarang

Pusat kerajinan dan oleh-oleh di Semarang ini berdiri pada lahan seluas 4 ribu meter persegi. Pemilik Kampoeng Semarang, Wenny Sulistiyowati mengatakan sejumlah fasilitas yang disediakan di Kampoeng Semarang ini antara lain WeBe Fashion Bags, gallery batik, pusat souvenir, pusat oleh-oleh, restoran dan café, serta gallery yang akan memanjakan anak Anda.

Di tempat ini juga disediakan aneka pernak-pernik rumah, dan meeting room untuk acara keluarga maupun perusahaan.

Anda bisa membeli aneka souvenir di Kampoeng Semarang sebagai oleh-oleh saat jalan-jalan ke Semarang. Lokasinya hanya sekitar 3 kilometer dari Bandara Ahmad Yani Semarang, atau sekitar 2 kilometer dari Pelabuhan Tanjung Mas, Semarang. Kampoeng Semarang ini tepat beralamat di Jalan Raya Kaligawe, KM1, No 96, Semarang. | Tempat belanja murah di Semarang

Ini Dia 7 Tempat Wisata Belanja Murah yang Wajib Dikunjungi Saat di Semarang Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: