Senin, 10 April 2017

Langkah-langkah dan Tips Berbelanja Online di Qoo10 Indonesia



belanja di qoo10
Qoo10 Indonesia merupakan salah satu marketplace yang tengah gencar menjejaki pasar Indonesia. Qoo10 Indonesia adalah situs marketplace yang menjadi tempat berkumpulnya para penjual barang atau toko-toko online. Para penjual atau toko online tersebut tergabung dan bekerja sama dengan Qoo10 Indonesia untuk memasarkan produk-produknya.

Para penjual di Qoo10 tidak hanya berasal dari Indonesia saja, tapi juga beberapa Negara seperti Korea, Malaysia, China, dan lain-lain.

Harga barang di Qoo10 cukup murah dan terjangkau untuk merek dan tipe yang sama bila dibandingkan dengan toko online lainnya.

Baca juga: Cara Mudah Belanja Online di situs Zalora Indonesia

Bagi Anda yang tertarik untuk berbelanja di situs ini, kami akan bagikan tips-tips menarik belanja online di Qoo10 untuk Anda agar lebih nyaman dan aman saat berbelanja.


1. Register dan Login ke Akun Anda

Langkah pertama untuk berbelanja di Qoo10 adalah dengan mengunjungi website resminya yaitu di qoo10.co.id. Login atau bila belum memiliki akun bisa mendaftar (register) terlebih dahulu dengan melengkapi data diri pada form yang tersedia. Login member menjadi syarat wajib yang harus dilakukan bila ingin berbelanja di Qoo10 Indonesia.


2. Pilih Barang yang Anda Inginkan

Apabila Anda sudah login, selanjutnya akan menuju halaman depan dan ketikkan barang yang diinginkan melalui kota pencarian.

Setelah itu, muncul daftar penjual yang menawarkan barang yang ingin Anda beli. Pilih salah satu penjual untuk melihat informasi barang secara detail.


3. Teliti Informasi Produk Dengan Lengkap

Pada halaman detail produk akan tampak foto produk, deskripsi produk, stok barang, serta komentar dan testimony dari para konsumen yang berbelanja pada lapak tersebut. Bila barang, harga, serta informasi barang sudah jelas, selanjutnya tentukan opsi yang diinginkan dari barang tersebut, mulai dari jenis barang, warna, hingga jumlah barang yang dipesan.


4. Lakukan Pemesanan

Klik tombol Add To Cart (Buy) untuk melakukan pemesanan. Setelah itu Anda akan menuju halaman Shopping Cart. Bila sudah tidak ada barang lain yang ingin dibeli, maka klik tombol “pesan”.


5. Isi Alamat Pengiriman Dengan Benar

Berikutnya, Anda akan menuju halaman yang berisi beberapa keterangan dan form yang harus diisi terkait dengan rincian belanja Anda, mulai dari alamat pengiriman barang hingga metode transaksi yang digunakan.

Alamat pengiriman bisa menggunakan rumah atau tempat tinggal, tapi biasanya barang akan lebih cepat sampai jika Anda mengisinya dengan alamat instansi, kantor, sekolah, atau kampus.


6. Pilih Cara Transaksi Pembayaran

Cara pembayaran dilakukan dengan transfer antar rekening, bisa secara tunai (melalui teller bank), internet banking, atau melalui ATM. Cara pembayaran secara tunai melalui teller bank dan internet banking akan lebih disarankan, sebab ada Qnumber yang perlu disertakan dalam “berita transfer”. Qnumber merupakan kode unik yang dimiliki setiap akun member di Qoo10 Indonesia sebagai kode verifikasi pembayaran online di Qoo10.

Transfer melalui ATM juga bisa dilakukan, tanpa menyertakan Qnumber. Tapi sesudah transfer sebaiknya Anda segera konfirmasi secara manual dengan terkait data pembayaran yang telah dilakukan.

Baca juga: Cara Aman dan Mudah Belanja Online Barang Dari Luar Negeri Dengan Indoshopaholics


7. Cek Status Order Pesanan Anda

Apabila pembayaran telah dilakukan dan informasi transfer ke Qoo10 telah dikonfirmasi maka tidak perlu menunggu hingga 1 x 24 jam untuk melihat perubahan dalam status order. Di situ tertera Preparing item, kemudian status “Tagihan Pending” akan berubah menjadi “Pembayaran Berhasil”. Biasanya notifikasi terkait konfirmasi pembayaran juga akan dikirim lewat SMS dan Email yang telah kita masukkan pada saat Register di Qoo10 Indonesia.

Untuk memantau posisi pengiriman barang yang Anda pesan, status order akan berubah menjadi Estimasi Pengiriman yang artinya barang telah dipacking dan di kirimkan melalui jasa ekspedisi pengiriman. Kemudian hari berikutnya status barang akan berubah kembali menjadi “Dalam Pengiriman”.

Cek nomor resi pengiriman dengan meng-klik Informasi Pengiriman, maka akan muncul jendela Pop-up yang berisi detail Informasi Pengiriman.


8. Konfirmasi Ketika Barang Sudah Diterima

Barang yang telah Anda terima sebaiknya dikonfirmasi pada menu My Qoo10. Berikan komentar dan tanggapan (feedback) terhadap pelayanan yang diberikan dan kondisi barang yang diterima. Biasanya, Anda akan mendapatkan reward (poin) setiap memberikan testimony terhadap seller dan poin tersebut akan diakumulasikan untuk pemberian bonus dari Qoo10 kepada para pelanggannya.


Demikian langkah-langkah dalam berbelanja online di Qoo10 Indonesia. Ada beberapa catatan yang perlu Anda perhatikan bila ingin berbelanja di situs tersebut, antara lain:

- Qoo10 Indonesia menerapkan sistem “Rekening Bersama”. Jadi uang pelanggan sementara aman berada di rekening Qoo10 hingga ada konfirmasi bahwa barang telah sampai ke tangan pembeli. Setelah itu, baru pihak Qoo10 mentransfer uang pembayaran kepada pihak seller.

- Sama seperti situs-situs e-commerce lain yang menerapkan sistem “rekening bersama”. Ada biaya yang harus dibayarkan (biasanya sudah termasuk jumlah yang harus ditransfer) oleh pembeli sebagai jasa rekening bersama tersebut.

- Teliti sebelum membeli. Baca dengan lengkap perihal deskripsi produk yang tertera pada lapak penjual. Ada jenis barang yang KW dan Original, perhatikan dengan baik keterangan tersebut bila Anda tidak ingin melakukan kesalahan dalam membeli.

Itu saja yang dapat kami bagikan kepada Anda, selamat berbelanja!

Langkah-langkah dan Tips Berbelanja Online di Qoo10 Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: