Minggu, 16 April 2017

Nikmati Keseruan Berwisata Belanja di Tanah Abang dan Mangga Dua



Nikmati Keseruan Berwisata Belanja di Tanah Abang dan Mangga Dua
Bagi Anda penggemar wisata belanja dan berencana datang ke Jakarta, Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua merupakan daftar tempat-tempat di Jakarta yang harus dikunjungi. Berkunjung ke dua kawasan ini, sangat sayang untuk dilewatkan.

Namun, jika Anda baru pertama kali datang ke Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua, sebaiknya perhatikan beberapa tips yang akan kami bagikan berikut ini!


1. Perhatikan Waktu Belanja yang Tepat

Aktivitas di Pasar Tanah Abang sudah dimulai sejak subuh. Beberapa toko sudah ada yang buka di tempat ini. Sebaiknya juga jangan datang di atas jam 11 karena sebagian besar toko sudah mulai membereskan barang dagangan. Apalagi saat magrib, Anda hanya akan menjumpai toko-toko yang sudah pada tutup.

Sedangkan di kawasan bisnis Mangga Dua, toko baru mulai buka pada pukul 8 pagi. Ada juga yang sudah buka sejak jam 7 pagi. Menjelang magrib, sebagian toko sudah tutup, hanya beberapa saja toko yang masih buka hingga pukul 8 malam.

Bila Anda tak ingin berdesak-desakkan saat berbelanja di Pasar Tanah dan Mangga Dua, sebaiknya datanglah di hari kerja. Karena saat akhir pekan kondisi tempat perbelanjaan tersebut akan sangat ramai didatangi pengunjung dari berbagai daerah. Belanja di pagi hari suasana masih sepi dan Anda akan lebih leluasa saat berbelanja. Dan lagi, berbelanja saat toko baru buka akan memberi peluang untuk Anda membeli barang dengan harga murah, istilahnya bagi para pedagang adalah sebagai “penglaris”.


2. Bawalah Barang Seperlunya

Saat berbelanja di Pasar Tanah Abang atau di Mangga Dua, jangan membawa banyak barang pribadi dari rumah. Karena nantinya malah akan merepotkan saat membawa barang hasil belanjaan.

Cukup membawa barang-barang penting saja, seperti uang tunai, kartu ATM, handuk kecil atau tisu. Masukkan barang pribadi tersebut dalam tas kecil, dan letakkan di depan tubuh agar lebih mudah untuk Anda mengawasi.


3. Rencanakan Daftar Belanjaan

Nikmati Keseruan Berwisata Belanja di Tanah Abang dan Mangga Dua
Sebelum pergi belanja, ada baiknya Anda terlebih dahulu membuat daftar barang-barang apa saja yang ingin dibeli. Dari daftar tersebut, Anda akan memprioritaskan untuk membeli barang-barang yang sudah rencanakan.

Cara ini akan menghemat waktu belanja Anda saat berada di lokasi. Selain itu, bawalah uang secukupnya, sesuai daftar barang yang akan dibeli dan ongkos transportasi pulang pergi, atau lebihkan sedikit saja untuk berjaga-jaga apabila ada barang menarik lain yang ingin dibeli saat di lokasi.


4. Siapkan Uang Tunai

Sebagian besar kios di Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua hanya melayani pembelian dengan uang tunai, hanya sedikit yang melayani dengan alat pembayaran kartu debit ataupun kartu kredit. Bawa uang tunai secukupnya, bila habis barulah Anda mengambil uang lagi dari ATM.


5. Hati-hati Terhadap Pencopet

Sebaiknya Anda tetap waspada saat berbelanja di dua kawasan ini. Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua selalu dipadati oleh pengunjung. Kadang kala kondisi seperti ini kerap dimanfaatkan oleh para pencopet. Jadi, jangan taruh uang Anda di satu tempat. Letakkan dompet Anda di dalam tas dan pastikan tas selalu berada di posisi depan agar Anda lebih mudah melihatnya.


6. Sediakan Tas Lipat Untuk Belanja

Bila Anda hanya berbelanja secara eceran atau tidak dalam jumlah besar. Sebaiknya bawalah tas belanja dari kain yang mudah dilipat dari rumah.

Pembeli yang membeli dalam jumlah kecil, biasanya barang belanjaan akan dimasukkan dalam kantung belanja berukuran kecil. Tentu saja bila Anda membeli dari beberapa toko yang berbeda, tas kecil ini akan menumpuk dan membuat Anda kesulitan saat membawanya.

Oleh karena itu, agar lebih memudahkan Anda membawa barang belanjaan, masukkan belanjaan pada tas yang tadi sudah disiapkan dari rumah.


7. Lakukan Tawar Menawar

Sebelum membeli, pastikan Anda menawar seperlunya untuk mendapatkan harga terbaik. Namun, perlu diketahui bahwa harga barang-barang di Tanah Abang dan Mangga Dua rata-rata sudah sangat murah.

Tawarlah bila Anda memang yakin untuk membeli, bila hanya ingin sekadar tahu harga Anda bisa coba menanyakannya. Biasanya pedagang akan meminta untuk Anda menawar, katakan saja kalau Anda hanya ingin lihat-lihat terlebih dahulu. Jika Anda menawar dan sudah mendapatkan harga terbaik namun tidak jadi beli, pedagang akan kesal.


8. Belanja Dalam Jumlah Banyak Akan Lebih Murah

Beberapa kios ada yang menawarkan harga lebih murah atau potongan harga apabila pelanggan membeli secara grosiran, misalnya dengan pembelian minimal 1 lusin. Banyak pelanggan yang berbelanja di kawasan Tanah Abang maupun Mangga Dua merupakan pedagang eceran.

Bila Anda hanya untuk pemakaian pribadi dan ingin mendapatkan harga lebih murah, mungkin bisa coba datang kemari dalam rombongan. Jadi, bisa dikatakan membeli secara patungan namun untuk pemakaian satuan.


9. Jadilah Langganan

Ketika Anda menemukan pedagang yang cocok, cobalah untuk menjalin hubungan baik dengannya. Setelah berbelanja lakukan sedikit perbincangan dengan pedagang. Jadilah langganan di kios pedagang tersebut. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan prioritas informasi barang baru dan kemungkinan bisa mendapatkan harga spesial yang lebih murah.


10. Wisata Kuliner

Bila Anda ingin menikmati aneka kuliner sambil berbelanja, kawasan Mangga Dua adalah tempat yang tepat. Bisa dikatakan, tempat ini juga cocok untuk wisata kuliner. Sangat mudah mencari tempat makan yang enak di kawasan Mangga Dua. Bahkan, di pusat-pusat perbelanjaan seperti ITC Mangga Dua hingga Orion Mall banyak terdapat kios-kios pedagang makanan yang dapat Anda jumpai di setiap lantai.

Mulai dari warung-warung makan sederhana yang menjual nasi campur, hingga restoran cepat saji. Di beberapa pusat perbelanjaan juga menjadi lokasi sejumlah restoran yang sering direkomendasikan.

Silahkan Anda memilih mau makan di mana saja, mulai dari warung pinggir jalan berupa gerobak bakso atau mi ayam, kios nasi campur di dalam pusat perbelanjaan, hingga restoran mewah di dalam mall, semua tersedia kawasan Mangga Dua.


11. Mengunjungi Obyek Wisata di Jakarta

Bagi Anda yang berasal dari luar Jabodetabek dan ingin menikmati sejumlah tempat wisata di Jakarta, tak ada salahnya sehabis berbelanja juga mengunjungi beberapa obyek wisata yang ada di sekitar Tanah Abang dan Mangga Dua.

Sementara kawasan Tanah Abang dekat dengan beberapa obyek wisata seperti Monumen Nasional (Monas), dan Kota Tua Jakarta yang banyak terdapat museum di tempat ini.

Baca juga: 5 Kawasan Belanja Pakaian Murah di Jakarta

Atau, berwisata sejarah di Pelabuhan Sunda Kelapa dan Museum Bahari. Anda bisa juga pelesir ke kawasan Kota Tua Jakarta untuk berkunjung ke beberapa museum. Misalnya ke Museum Fatahillah, Museum Wayang, atau Museum Bank Mandiri.

Sementara kawasan Mangga Dua berada di jalur 12 destinasi wisata pesisir. Hanya 10 menit ke arah utara, Anda akan sampai di tempat wisata Taman Impian Jaya Ancol.


12. Akses Transportasi

Pasar Tanah Abang dan Mangga Dua sangat mudah diakses menggunakan kendaraan umum maupun pribadi. Salah satu kendaraan umum yang direkomendasikan adalah Bus Trans Jakarta karena terdapat koridor yang haltenya tepat berada di depan dua kawasan tersebut.

Nikmati Keseruan Berwisata Belanja di Tanah Abang dan Mangga Dua Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: