Selasa, 04 April 2017

Tempat Belanja Souvenir dan Kerajinan Tangan Saat Berwisata ke Lombok



Wisata belanja telah menjadi aktivitas yang termasuk wajib dilakukan saat berlibur. Rasanya, memang tidak lengkap apabila berlibur ke suatu tempat tanpa membeli sesuatu sebagai cinderamata atau oleh-oleh untuk kerabat dan keluarga di rumah. Salah satu destinasi wisata yang sekarang sedang favorit adalah Pulau Lombok.

Bagi Anda yang sedang berlibur ke tempat wisata yang menarik di Lombok, wisata belanja juga menjadi hal yang penting untuk dilakukan karena di Lombok banyak terdapat tempat-tempat yang menarik untuk belanja souvenir atau berbagai kerajinan tangan khas kota Lombok.

Berikut ini kami akan bagikan referensi tempat-tempat belanja souvenir menarik saat berwisata ke Pulau Lombok yang menjadi favorit wisatawan dan wajib Anda kunjungi.


1. Pasar Cakranegara

Pasar Cakranegara merupakan surga belanja untuk Anda yang ingin membeli oleh-oleh khas Lombok, mulai dari kaos bertuliskan Lombok, aneka souvenir, hingga beragam kerajinan tangan dengan harga yang sangat murah.

Di pasar tradisional ini berjejer toko-toko yang menjual cinderamata untuk Anda bawa pulang sebagai oleh-oleh. Di Pasar Cakranegara Anda dapat membeli barang-barang kerajinan jauh lebih murah dibandingkan di tempat wisata lain yang ada di Lombok.

Baca juga: 10 Tempat Perbelanjaan Murah di Bali Favorit Wisatawan

Di sekitar Pasar Cakranegara juga terdapat kompleks pertokoan yang khusus menjual perhiasan dari mutiara. Bagi Anda yang ingin membeli mutiara, sebaiknya tidak membeli di tempat pedagang asongan karena dikhawatirkan barang tersebut hanyalah imitasi.


2. Desa Sukarara

Desa Sukarara terkenal dengan sentra kerajinan kain tenun songket dan ikat khas Lombok. Letaknya di Kecamatan Jonggot, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat. Jaraknya sekitar 20 kilometer dari kota Mataram atau dapat ditempuh selama 30 menit menggunakan mobil.

Kaum wanita di desa ini memang wajib untuk belajar menenun. Ketika tiba di sini, Anda akan melihat banyak wanita sedang menenun kain songket dan ikat khas Lombok dengan mengenakan pakaian adat Sasak.

Di Desa Sukarara selain berbelanja aneka kerajinan tenun Anda juga dapat ikut menyaksikan proses pembuatannya, serta ikut pula belanja menenun kain tradisional khas Lombok tersebut.

Harga kain tenun songket yang dijual cukup murah mulai dari Rp 200 ribu hingga ada pula yang mencapai Rp 5 juta. Bila Anda tidak memiliki budget yang cukup, boleh juga hanya membeli syal seharga Rp 20 ribu sebagai oleh-oleh.


3. Desa Loyok dan Kotaraja

Desa Loyok dan Kotaraja berlokasi di daerah Lombok Timur. Tempat ini sangat terkenal dengan sentra kerajinan berbahan bambu dan rotan. Aneka souvenir yang terbuat dari bambu atau rotan bisa Anda borong di tempat ini sebagai oleh-oleh. Salah satu barang favorit yang bisa Anda beli di tempat ini adalah tas yang terbuat dari anyaman bambu.


Nah, apakah Anda sudah siap untuk mengunjungi tempat-tempat belanja tersebut? Selamat berbelanja kawan!

Tempat Belanja Souvenir dan Kerajinan Tangan Saat Berwisata ke Lombok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: