Tips Belanja Murah Aneka Produk Tekstil di Cigondewah

Tips Belanja Murah Aneka Produk Tekstil di Cigondewah
Selain Tamim dan Pasar Baru, di Bandung Selatan terdapat kawasan sentra kain bernama Cigondewah. Tempat ini cocok bagi Anda yang ingin membeli aneka produk tekstil dengan harga murah. Anda akan menjumpai banyak toko yang berjejer di sepanjang Jalan Cigondewah.

Kawasan ini lumayan besar dengan bentuk yang memanjang, sebelah barat berbatasan dengan daerah Cijerah dan Margaasih, sementara sebelah timurnya berbatasan dengan Taman Kopo Indah/Cibolerang.

Baca juga: 6 Tips Belanja Murah Barang Fashion di Pasar Cimol Gedebage

Di sekitar sentra kain Cigondewah juga banyak terdapat sentra industri topi, tas, maupun jaket. Kawasan Cigondewah tidak hanya menjual barang-barang sisa ekspor atau produk-produk reject saja, tapi banyak juga toko yang menyediakan bahan tekstil baru, seperti katun, chiffon, wol, linen, dan sebagainya. Sebagian ada yang telah diolah menjadi kerudung, atau bed cover, dan ada juga yang menjadi seprei, sarung bantal, dan produk-produk sandang lainnya.

Hal yang unik saat berbelanja di Cigondewah dan jarang ditemukan di tempat lain adalah Anda bisa membeli aneka produk tekstil tersebut dengan sistem “kiloan”. Apabila kesepakatan harga antara konsumen dan penjual sudah dilakukan, biasanya kain yang dipilih pembeli akan ditimbang layaknya Anda belanja beras atau buah-buahan. Namun, beberapa juga ada yang menggunakan sistem pengukuran (meteran).

Berikut ini adalah beberapa tips bagi Anda yang ingin berbelanja produk tekstil di kawasan Cigondewah.

- Belanjalah di tempat terpercaya dan pilih kain yang benar-benar mulus. Cek kualitas kain dengan seksama, dan pastikan Anda tidak mendapatkan barang kualitas reject atau ada cacatnya. Sebaiknya lakukan perbandingan dengan berkeliling dari satu kios ke kios lainnya.

- Gunakan skill Anda dalam tawar menawar. Bila Anda ingin membeli dalam jumlah banyak untuk dijual kembali dan ingin diberikan harga grosir, bilang saja kepada penjualnya.

- Jadilah pelanggan tetap, atau berlagak seperti pembeli yang sudah biasa belanja di Cigondewah. Biasanya, pedagang akan memberikan harga khusus sedikit lebih murah kepada pelanggan tetapnya.

- Selain Anda dapat berbelanja berbagai macam jenis kain, tempat ini juga terkenal dengan produk-produk sandang yang sudah jadi. Anda bisa sekalian berbelanja produk sandang lainnya seperti busana muslim, sajadah, sarung, bed cover, dan sebagainya di tempat ini.

- Kawasan Cigondewah dekat dengan kawasan konveksi topi dimana Anda dapat sekalian membeli atau memesan produk topi di Sindang Palay.

- Di dekat Cigondewah juga terdapat atau tepatnya di daerah Curug (Kampung Pangkalan banyak terdapat konveksi untuk produk jaket. Beberapa tempat tersebut antara lain di daerah Kampung Rancamalang, Kampung Pangkalan, Cigondewah Hilir, dan Cibisoro. Bila ingin memesan beragam produk tas bisa juga Anda ke kawasan Jalan Sadang. Di sepanjang jalan tersebut banyak terdapat toko dan perajin tas.


Daftar Nama Toko dan Alamat Penjual Kain Grosir di Cigondewah

Bagi Anda yang ingin berbelanja grosir untuk keperluan dijual kembali, berikut ini kami berikan informasi mengenai daftar toko, alamat, dan nomor telepon para penjual kain grosiran di Cigondewah:

- Amanah Textile, Jalan Cigondewah Kawasan Textile Cigondewah. Telp 0813 2106 3480.
- Najmu Textile, Jalan Cigondewah Rahayu Ruko No 46. Telp (022) 7076 3646.
- Toko Lama Salmatex Jaya, Jalan Cigondewah Kaler. Telp 0813 2048 7519.
- Pidu’a Sepuh Jaya (PSJ), Jalan Cigondewah Kaler No 45. Telp (022) 6010 485.
- Toko Grosir Kain, Jalan Cigondewah Kidul, Kawasan Textile Cigondewah Bl. C11. Telp (022) 7070 374.
- Toko Dina Textile, Blok F4, Jalan Cigondewah Kidul. Telp 0896 5545 889.
- Toko Nabila Textile, Blok F9, Jalan Cigondewah Kidul. Telp 0823 3012 2233.
- Bintang Textile, Jalan Cigondewah Kidul. Telp (022) 9114 7813.
- Mutiara Textile, Jalan Cigondewah Kidul, Kawasan Textile Cigondewah Bl. T15. Telp (022) 5418 194.
- Toko RR, Jalan Cigondewah Kidul. Telp 0813 2111 0050.
- Sunita Textile, Jalan Cigondewah Kidul, No 37. Telp (022) 6046 930.


Cara Menuju Ke Lokasi Sentra Tekstil Cigondewah

Kawasan Sentra Tekstil Cigondewah sangat mudah diakses. Bila Anda menggunakan kendaraan umum, naiklah angkot warna kuning jurusan Cipatik – Tegallega. Trayek angkot ini melewati kawasan Cigondewah. Atau bisa juga naik angkot jurusan Ciwastra – Cijerah yang berwarna abu-abu. Angkot ini juga akan melewati kawasan Cigondewah Rahayu, dan Cigondewah Kaler.

Bila menggunakan kendaraan pribadi dari arah pintu Tol Kopo, belok kiri masuk Cirangrang/Cibolerang, lalu belok kanan ke arah Cigondewah Rahayu atau Cigondewah Kaler.

Bila Anda dari arah pintu tol Pasirkoja, belok kanan ke arah Jl. Soekarno-Hatta. Melewati perumahan Sumber Sari, belok kiri ke Jl. Holis sampai perempatan lurus ke Jl. Caringin. Kemudian belok kanan ke arah perempatan Perumahan Taman Holis, lalu belok kiri ke arah Cigondewah Rahayu atau bisa juga belok kanan ke arah Cigondewah Kaler.