Jumat, 21 April 2017

Tips Mengetahui Ukuran Sepatu Saat Berbelanja Online



Ukuran atau size sepatu adalah hal penting yang harus kita ketahui saat akan berbelanja sepatu. Namun, seringkali persoalan ini membuat kita bingung karena lain merek kadang kala lain pula ukurannya, lain model pun akan membuat ukuran jadi berbeda. Kaki kita pas ukurannya pada model atau merek tertentu, tapi belum tentu meskipun sizenya sama bila model dan mereknya berbeda akan pas juga di kaki kita.

Permasalahan lain terkait ukuran sepatu ialah ketika kita berbelanja sepatu secara online. Apalagi bila kita belinya dari situs luar negeri. Bila kita berbelanja secara online tentu saja sepatunya tidak bisa dicoba terlebih dulu. Nah, kalau sudah terlanjur beli bagaimana? Sayang kan bila nantinya malah tidak terpakai karena salah ukuran.

Baca juga: 6 Tips Belanja Sepatu Online Agar Tidak Mengecewakan

Itulah mengapa cara menentukan ukuran sepatu yang pas saat berbelanja online menjadi masalah yang sering dihadapi para pebelanja. Oleh sebab itu, kita harus tahu dulu beberapa guidelines ukuran sepatu dari beberapa Negara yang menjadi standar dari para produsen sepatu internasional. Berikut akan kami bagikan informasinya buat Anda.


Beberapa Size Standar di Berbagai Negara

1. Standar Ukuran Sepatu Perancis

Sistem ukuran sepatu Perancis dinamakan Paris Stick, dan menjadi yang paling banyak dipakai di dunia meskipun antara ukuran anak-anak dan dewasa memiliki perbedaan yang kurang jelas. Satuan yang digunakan adalah PS di mana 1 PS = 0,666 centimeter. Penomoran biasanya dari 1 sampai 50, di mana nilai maksimal 50 PS adalah 33,333 centimeter.

2. Standar Ukuran Sepatu Inggris

Sistem ukuran ini banyak digunakan di Negara-negara Eropa. Layaknya ukuran PS (Paris Stick), ukuran anak-anak dan dewasa dibuat hampir sama dan menjadi agak membingungkan. Ukuran dewasa dimulai dari nomor 1 sampai 12 dengan interval 1/3 inchi. Nomor 1 adalah 8 2/3 inchi dengan ukuran tengah berinterval 2/6 inchi.

3. Standar Ukuran Sepatu Amerika

Standar ukuran sepatu Amerika bisa dibilang paling lengkap dan jelas karena ada pembagian antara anak-anak dan dewasa. Ukuran Amerika juga mempunyai ukuran tengah. Ukuran dewasa dimulai dari nomor 1 sampai 12, di mana nomor 1 adalah 8 7/12 yang berinterval 1/3 inchi dengan ukuran tengah berinterval 2/6 inchi.


4. Standar Ukuran Sepatu Jepang

Nah, kalau Anda sering belanja sepatu dari Jepang, berikut ini adalah tabel konversi ukuran sepatu yang perlu Anda ketahui:
Sumber: www.airfrov.com



Cara Mengetahui Ukuran Sepatu yang Pas


Bila Anda sudah paham dengan size chart di atas, tentunya Anda juga perlu mengetahui ukuran yang pas dengan cara mengukur kaki. Hal ini tidak hanya berguna saat berbelanja online saja, tapi juga saat ANda ingin titip belanja sepatu atau sneakers dengan teman atau kerabat. Jadi, Anda tak perlu mencobanya dahulu bukan?

Pertama, buat cetakan kaki Anda di atas kertas HVS ukuran A4, yaitu dengan meletakkan kaki di atas kertas dan gambar pola mengikuti bentuk kaki. Untuk ukuran yang lebih presisi, kenakan kaos kaki saat melakukan pengukuran.

Setelah bentuk pola sudah digambar, selanjutnya ukur panjang pola memakai penggaris dari ujung kaki paling panjang hingga tumit. Ambil ukuran paling panjang untuk menentukan panjang kaki, dan ukur dari ujung kanan ke kiri yang paling lebar untuk menentukan lebar kaki.
Sumber: www.airfrov.com


Nah, bagaimana dengan tips di atas? Semoga membantu Anda dalam memilih sepatu yang pas sesuai ukuran kaki. Bila Anda sudah mengetahui panjang dan lebar kaki, tinggal sesuaikan saja dengan guideline convertion dari centimeter ke standar Negara lain.

Sekarang, Anda jadi lebih percaya diri saat berbelanja sepatu secara online. Jangan lupa untuk membaca artikel menarik kami lainnya!

Sumber/gambar:
https://www.airfrov.com/blog-id/cara-mengetahui-size-sepatu/

Tips Mengetahui Ukuran Sepatu Saat Berbelanja Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: