Minggu, 16 April 2017

Tips Sukses Berbelanja Saat Midnight Sale



Tips Sukses Berbelanja Saat Midnight Sale
Masyarakat biasanya akan disuguhkan dengan berbagai program penjualan atau diskon menjelang hari raya Lebaran, atau Natal dan Tahun Baru. Periode program diskon itu berlangsung selama seminggu menjelang “hari-H”. Banyak orang yang tak ingin mensia-siakan kesempatan tersebut untuk membeli barang-barang baru dengan harga diskon.

Midnight sale selalu menawarkan harga dengan diskon yang cukup fantastis namun tetap rasional untuk produk-produk dari brand ternama.

Baca juga: 7 Tips Belanja Hemat Saat Midnight Sale

Nah, bagi Anda yang tak ingin melewatkan kesempatan dalam berbelanja Midnight Sale, berikut akan kami bagikan tips dan trik menarik untuk Anda.


1. Sediakan Uang Tunai

Berbelanja menggunakan kartu debit atau kredit merupakan pilihan praktis untuk masyarakat di zaman sekarang, karena tentu saja membawa uang tunai dalam jumlah banyak akan lebih berisiko.

Namun, Anda juga harus ingat bahwa pembeli yang juga memanfaatkan midnight sale ini cukup banyak dan kemungkinan besar mereka juga akan menggunakan kartu kredit atau debit dalam pembayaran.

Untuk mengantisipasi terjadinya antrian maupun eror pada mesin gesek, ada baiknya Anda juga menyiapkan sejumlah uang tunai dalam pembayaran. Waktu belanja Anda juga akan lebih efisien karena tidak harus “bolak-balik” pergi ke mesin ATM.


2. Stand By Lebih Awal

Meski namanya “Midnight Sale” atau penjualan tengah malam, namun pada praktiknya ada juga beberapa toko yang memulainya lebih awal. Bila Anda tidak ingin kehabisan barang yang bagus, ada baiknya sudah stand-by lebih awal karena tidak menutup kemungkinan banyak pula pelanggan lain yang sudah menunggu sejak awal sebelum toko mulai buka.

Trik ini bisa Anda jadikan pilihan apabila tidak ingin kehabisan barang-barang incaran. Terutama karena beberapa produk memang dijual dengan jumlah terbatas.


3. Siapkan Tas Seperlunya

Bila Anda merencanakan belanja dalam jumlah banyak, ada baiknya sejak awal menyiapkan tas untuk wadah barang belanjaan. Bisa juga menggunakan tas lipat dan membawa barang pribadi seperlunya.

Anda juga harus waspada terhadap risiko kehilangan barang saat berbelanja pada midnight sale, karena biasanya toko atau mall akan penuh sesak dengan orang yang berbelanja. Meski berlokasi di dalam mall, risiko kehilangan barang bawaan juga cukup besar.


4. Selalu Periksa Label Harga

Saat midnight sale, biasanya setiap produk yang didiskon akan diganti tag price-nya dengan harga diskon. Tetapi, kadang kala ada pula produk yang terlewat dan belum diganti label harganya.

Jangan malu dan sungkan untuk bertanya pada pramuniaga, karena Anda belanja pada midnight sale karena memang ingin berbelanja barang dengan harga yang lebih murah. Semua orang yang berbelanja di sana pun akan mempunyai pikiran yang sama.


5. Bawa Saja Dulu Barangnya

Ketika kebingungan melanda untuk memilih produk mana yang ingin dibeli, bawa saja dulu barangnya. Kebingungan kerap membuat kita kehilangan barang yang ingin dibeli. Jika pada akhirnya nanti Anda tidak jadi beli, tinggal kembalikan saja barangnya ke tempat semula. Namun, harus diingat trik ini hanya berlaku bila Anda berkunjung pada toko yang sama.


6. Gunakan Taksi

Memakai kendaraan pribadi pada saat midnight sale akan membuat Anda mengalami kemacetan yang parah. Mobil-mobil pribadi yang siap mengangkut barang belanjaan akan banyak bertebaran di parkiran mall. Anda akan kesulitan saat masuk ke area mall, mencari parkir, dan pada saat keluar mall nantinya.

Menggunakan taksi atau kendaraan umum mungkin akan lebih memudahkan Anda. Namun, bila ingin tetap menggunakan kendaraan pribadi, ada baiknya memarkirnya di luar area mall yang jaraknya masih dapat ditempuh dengan berjalan kaki.


7. Ajak Teman Untuk Belanja Bersama

Beberapa orang mengakui lebih senang belanja bareng teman supaya ‘tidak kalap’ saat berbelanja. Tapi tetap harus ingat, kegiatan belanja adalah kegiatan yang cukup menyita waktu, bila memang ingin mengajak teman ya harus mengajak teman yang memang berniat belanja.

Sebab, bila Anda pergi bareng teman yang tidak minat belanja, tentu ia akan cepat merasa bosan dan membuat kita terburu-buru untuk memilih barang sehingga produk dengan kualitas dan harga terbaik menjadi terlewatkan untuk dibeli. Bahkan Anda malah membeli produk yang sebenarnya tidak diperlukan.


8. Pastikan Kondisi Fisik dan Keuangan Anda Sedang Sehat

Belanja merupakan kegiatan yang tidak hanya akan menyita waktu dan tenaga, tapi juga menguras keuangan Anda. Pastikan Anda sedang dalam kondisi fisik yang baik saat berbelanja pada midnight sale. Sebab, akan ada banyak pelanggan yang juga berbelanja, dan Anda harus pula berdesak-desakan dengan mereka. Tentu Anda tidak ingin mengalami pingsan saat berbelanja di tengah keramaian dikarenakan kondisi fisik yang sedang kurang sehat.

Satu hal lagi, pastikan pula kondisi keuangan Anda sedang dalam kondisi yang baik. Jangan memaksakan diri belanja pada midnight sale dengan pinjam uang ‘sana-sini’ hanya untuk mendapatkan produk yang Anda inginkan. Tetaplah bijak dalam menggunakan uang, jangan sampai Anda dibutakan hanya oleh tanda berwarna merah yang bertuliskan ‘sale’ ataupun ‘diskon’.

Tips Sukses Berbelanja Saat Midnight Sale Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: