Senin, 08 Mei 2017

3 Tips Mudah Menghemat Belanja Jelang Akhir Tahun



Wah, enggak terasa akhir tahun akan segera tiba. Sebentar lagi pasti kamu akan disibukkan dengan berbagai kegiatan liburan yang telah direncanakan bersama keluarga atau orang-orang terkasih.

Namun, ada satu hal yang dapat dikatakan cukup merepotkan untuk dilakukan pada akhir tahun, yaitu belanja bulanan.

Menjelang akhir tahun, biasanya anggota keluarga banyak yang libur dari aktivitasnya masing-masing, kita tentu perlu menyiapkan lebih banyak persediaan untuk kebutuhan pokok seperti makanan, minuman, serta berbagai alat kebutuhan rumah tangga.

Baca juga: Tips Sukses Berbelanja Saat Midnight Sale

Duh, tentu saja hal ini akan membuat biaya belanja membengkak lebih dari biasanya. Nah, tapi kamu jangan risau, karena di sini kami akan membagikan tips-tips cerdas untuk kamu menghemat belanja bulanan di akhir tahun. Seperti apa tipsnya? Simak ulasannya di bawah ini!


1. Sediakan Makanan Favorit Keluarga

Di masa liburan, anggota keluarga tentu lebih banyak meluangkan waktu di rumah. Pastinya kita perlu mempersiapkan lebih banyak makanan dan camilan untuk keluarga.

Langkah pertama yang perlu dilakukan ialah membuat daftar makanan dan minuman yang menjadi favorit masing-masing anggota keluarga. Hal ini akan membuat kita terhindar dari membeli makanan maupun minuman yang kurang disukai hingga akhirnya malah terbuang percuma karena tidak ada yang mengkonsumsinya.

Selain membeli snack dan camilan, pastikan juga kita menyediakan beberapa bahan makanan yang mudah disimpan dan diolah, seperti mie instan, telur, frozen food, dan berbagai jenis kecap maupun saus.


2. Beli Barang Dalam Ukuran Besar Akan Lebih Hemat

Hal lain yang perlu diperhatikan ketika berbelanja di akhir tahun ialah membeli semua barang dalam jumlah yang lebih banyak daripada bulan-bulan biasanya. Namun, hindari membeli beberapa jenis produk yang sama dalam ukuran atau kemasan kecil. Sebaiknya belilah satu produk saja tapi dalam kemasan lebih besar.

Dari segi harga, kemasan besar biasanya jauh lebih hemat dan juga penyimpanannya saat di rumah pun akan menjadi lebih mudah.


3. Jangan Mudah Tergoda Produk Baru

Biasanya, di akhir tahun akan banyak bermunculan produk baru yang ditawarkan. Akan tetapi, akhir tahun bukanlah waktu yang tepat untuk mencoba-coba, sebab barang baru kadang belum tentu sesuai dengan selera keluarga, meski dengan harga promo yang jauh lebih murah.

Lebih baik tetap bertahan dengan produk yang biasa dikonsumsi keluarga karena di akhir tahun biaya belanja akan sangat membengkak. Kita sudah mengetahui dengan jelas kualitas dan selera produk lama, lagipula produk lama juga biasanya sudah disesuaikan dengan budget yang kita miliki.


Nah, itulah 3 tips sederhana yang bisa Anda lakukan untuk menghemat biaya belanja jelang akhir tahun. Selamat menikmati masa liburan bersama keluarga!

3 Tips Mudah Menghemat Belanja Jelang Akhir Tahun Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: