Senin, 01 Mei 2017

Cara Hemat Belanja Oleh-oleh di Turki



Cara Hemat Belanja Oleh-oleh di Turki
Turki, selain memiliki banyak tempat wisata bersejarah, juga menawarkan destinasi wisata belanja yang favorit di dikunjungi para pelancong.

Namun, tak semua tempat belanja tersebut menawarkan barang-barang dengan harga yang ‘ramah untuk kantong’. Nah, agar wisata belanja Anda lebih hemat saat berkunjung ke Turki, ada beberapa tips yang perlu Anda perhatikan!

Menurut Awan Yulianto, seorang penulis buku “Wisata Hemat Turki”, terdapat salah satu tempat belanja terbaik yang ada di Turki, yaitu di Istanbul dan Cappadocia. Dua kota tersebut bisa Anda jadikan referensi bila ingin berwisata belanja ke “negeri kebab”.

Baca juga: Destinasi Wajib Wisata Belanja Turki Ada di Pasar Grand Bazaar

Grand Bazaar (Kapali Carsi) tentu saja menjadi lokasi belanja pertama yang wajib dikunjungi saat Anda berada di Istanbul. Kawasan ini adalah salah satu pasar dalam ruangan yang terbesar dan tertua di dunia. Dahulu, pasar ini didirikan oleh Sultan Mehmed II, yaitu sekitar tahun 1456 hingga 1451. Dengan luas area sekitar 54 ribu meter persegi, kawasan ini menjadi tempat berdagang bagi lebih dari 4 ribu toko yang tersebar di 64 jalan. Bahkan, konon pasar ini dikunjungi oleh lebih dari 250 ribu orang setiap harinya.

Anda dapat membeli berbagai barang untuk kebutuhan atau sebagai oleh-oleh di Grand Bazaar, mulai dari pakaian, jam tangan, tas, koper, perhiasan, furniture, barang antik, hingga aneka karpet dengan motif khas Turki. Anda tak hanya dapat membeli barang-barang tersebut dengan harga murah di pasar ini, tapi juga masih dapat melakukan tawar menawar harga dengan para pedagangnya.

Selain Grand Bazaar, tempat belanja lainnya yang bersejarah ada di Arasta Bazaar (Arasta Carsi). Letaknya ada di satu lorong area belakang Sutanahmet Square dan Blue Mozque. Arasta Bazaar merupakan salah satu pusat perdagangan menarik yang telah ada sejak zaman ottoman pada abad ke-17 silam.

Banyaknya barang menarik yang ditawarkan serta suasananya yang lebih tenang membuat Arasta Bazaar menjadi salah satu pusat perbelanjaan bersejarah favorit di kalangan wisatawan.

Beberapa barang yang dijual di sini antara lain keramik Turki, beragam jenis karpet, pernak-pernik dan cinderamata, pakaian, serta perhiasan. Di tempat ini juga banyak restoran, café dan tempat makan untuk Anda yang ingin bersantai setelah lelah berbelanja.

Selain kedua tempat tersebut, ada banyak lagi tempat-tempat belanja di Turki. Namun bila Anda menginginkan tempat belanja yang lebih murah dan tidak terlalu ramai, sebaiknya coba pergi ke lokasi belanja yang bukan merupakan daerah turis.

Salah satu kawasan belanja yang dimaksud berada di daerah stasiun kereta Sirkeci, atau ada pula di jalan-jalan kecil yang Galata Tower di daerah Beyoglu.

Tawar-menawar harga juga merupakan hal yang biasa dilakukan di tempat ini. Biasanya, pedagang akan memasang ‘harga turis’ untuk barang yang dijualnya. Bila demikian, jangan ragu untuk mengajukan penawaran. Tawar-menawar juga biasa dilakukan bila Anda ingin berbelanja di toko-toko kecil yang ada di sekitarnya.

Beberapa ada yang sudah memasang harga pas, alias tidak dapat ditawar. Tapi coba saja Anda bernegosiasi dengan membeli dalam jumlah banyak, siapa tahu ada diskon spesial dari pedagang.

Bagi Anda yang ingin membeli oleh-oleh untuk keluarga tercinta, harga aneka souvenir di Turki juga tergolong murah. Dengan uang 1 sampai 5 lira saja, Anda dapat membeli magnet kulkas, gantungan kunci atau dompet kain di Turki.

Nistansi, Etilier, dan Levent merupakan daerah yang tepat untuk dikunjungi bagi Anda yang ingin melihat pusat-pusat perbelanjaan modern yang ada di Turki. Bila ingin menuju ke tempat itu, naiklah metro jalur M2 dari Taksim. Selamat berbelanja!

Cara Hemat Belanja Oleh-oleh di Turki Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: