Kamis, 04 Mei 2017

Daftar Lokasi Wisata Belanja Untuk Membeli Oleh-oleh Khas Lombok



Selain terkenal dengan wisata alamnya yang mempesona, Lombok juga menyajikan berbagai macam kerajinan dan aneka kuliner khas yang akan memanjakan hasrat belanja Anda. Berwisata ke Lombok tentu tidak akan terasa lengkap tanpa berbelanja oleh-oleh.

Beragam perhiasan mutiara, aneka motif kain tenun, jajanan, serta baju-baju khas Lombok tentu akan membuat wisata Anda semakin seru saat berkunjung ke Lombok.

Itulah mengapa Lombok menjadi salah satu destinasi wisata favorit bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Berikut ini akan kami bagikan tempat-tempat belanja yang harus Anda kunjungi saat berwisata ke Lombok.


1. Mataram Craft Centre (MCC)

Daftar Lokasi Wisata Belanja Untuk Membeli Oleh-oleh Khas Lombok
Mataram Craft Centre (MCC) berlokasi di Sekarbela, kota Mataram. Di tempat ini, Anda dapat belanja oleh-oleh khas berupa perhiasan mutiara Lombok. Anda akan menjumpai banyak toko perhiasan di sepanjang jalan Sekarbela.

Ada dua jenis mutiara Lombok yang bisa Anda beli, yaitu jenis Mutiara air laut, dan Mutiara air tawar. Mutiara air laut tentu saja harganya lebih mahal bisa mencapai puluhan juta rupiah bila dibandingkan mutiara air tawar yang hanya sekitar puluhan hingga ratusan ribu rupiah.

Anda bisa membeli aneka kerajinan dari mutiara di MCC, mulai dari kalung, gelang, bros, hingga jam tangan.

Baca juga: Tempat Belanja Souvenir dan Kerajinan Tangan Saat Berwisata ke Lombok


2. Pasar Seni Sayang-sayang

Daftar Lokasi Wisata Belanja Untuk Membeli Oleh-oleh Khas Lombok
Pasar Seni Sayang-sayang akan memanjakan para wisatawan dengan aneka kerajinan khas Lombok berupa Kain Tenun, Anyaman rotan, kerajinan dari kayu, dan sebagainya. Lokasinya berada di wilayah Sayang-sayang, kota Mataram.

Kerajinan kayu dari Lombok mempunyai keunikan dan ciri khas tersendiri, yaitu adanya Cukli yang merupakan hiasan atau ornament yang terbuat dari kulit kerang mutiara.


3. Desa Adat Sade

Daftar Lokasi Wisata Belanja Untuk Membeli Oleh-oleh Khas Lombok
Di desa adat Sade Anda dapat membeli aneka kerajinan kain tenun khas Lombok. Tak hanya itu, Anda juga dapat coba menenun bersama para perajin di sini.

Melihat dan mencoba langsung bagaimana proses pembuatan tenun khas Lombok. Selain kain tenun, desa adat Sade juga banyak terdapat kerajinan gelang dan kalung yang unik.


4. Samping Mataram Mall

Berbagai macam oleh-oleh khas Lombok juga bisa Anda beli di sepanjang jalan samping Mataram Mall. Di kawasan ini banyak terdapat artshop yang menjual berbagai macam kerajinan khas Lombok, mulai dari kain tenun, makanan, kaos Lombok, dan juga aneka perhiasan yang terbuat dari mutiara.

Kawasan belanja yang berada di pusat kota Mataram ini selalu ramai pengunjung, jangan lupa lakukan tawar menawar dengan pedagang saat berbelanja di sini.


5. Desa Sukerare

Daftar Lokasi Wisata Belanja Untuk Membeli Oleh-oleh Khas Lombok
Di Pulau Lombok, Desa Sukerare populer sebagai desa tenun. Di sini sebagian besar rumah warga dijadikan artshop yang menjual kain tenun khas Lombok berupa songket maupun jenis tenun lainnya. Desa Sukerare berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah.


6. Pasar Seni Kute

Di Lombok Tengah terdapat pantai yang bernama Kute. Di sepanjang jalan dekat pantai ini berjejer pedagang berbagai arshop yang menawarkan oleh-oleh khas Lombok.

Mulai dari kain tenun Lombok, tas, kain pantai, aneka gelang dan kalung yang unik, hingga berbagai kerajinan yang terbuat dari kayu serta kulit kerang mutiara.


7. Pasar Cakranegara

Pasar Cakranegara adalah pasar tradisional terbesar dan terlengkap yang ada di Lombok. Di pasar ini, tersedia berbagai jenis barang kebutuhan sehari-hari dan juga oleh-oleh khas Lombok.

Bisa dikatakan hampir semua jenis oleh-oleh khas Pulau Lombok bisa Anda jumpai di Pasar Cakranegara. Lokasinya berada di wilayah Cakranegara, kota Mataram, dan pasar ini buka mulai dari pagi hingga sore hari.


8. Taman Hutan Suranadi

Di Lombok terdapat makanan khas yang bernama Sate Bulayak. Salah satu tempat yang menyediakan berbagai macam santapan kuliner khas Lombok berada di Taman Hutan Suranadi. Dan Anda dapat mencicipi nikmatnya Sate Bulayak di tempat ini.

Kawasan wisata ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat masa liburan. Lokasinya berada di Lombok Barat, dan Anda dapat membeli oleh-oleh berupa aneka kuliner dan jajanan khas Lombok di tempat ini.


9. Desa Pringgasela

Satu lagi desa penghasil tenun yang cukup terkenal di Lombok, yaitu Desa Pringgasela. Letaknya sekitar 10 kilometer dari Kota Selong, desa ini memiliki beberapa jenis kain tenun yang sangat diminati wisatawan, yaitu Kain Tenun Sari Menanti dan Pucuk Rebung.

Sejumlah artshop yang menjual aneka kerajinan tenun khas Lombok bisa Anda jumpai di Pringgasela. Anda juga dapat melihat secara langsung proses pembuatan kain tenun di rumah-rumah warga perajin tenun di Pringgasela. Sebagian besar masyarakat Pringgasela adalah perajin kain tenun.


10. Pantai Senggigi

Berbelanja sekaligus Anda dapat menikmati pesona keindahan alam di pantai Senggigi tentu memberikan pengalaman menarik tersendiri.

Ada banyak artshop yang menjual aneka ragam kerajinan yang dapat Anda jadikan oleh-oleh khas Lombok dari pantai Senggigi.


11. Desa Kelayu

Desa Kelayu yang terletak di Kecamatan Selong, Lombok Timur, merupakan desa penghasil aneka jajanan tradisional khas Lombok.

Beberapa jenis jajanan khas Lombok yang bisa Anda jadikan oleh-oleh seperti dodol rumput laut, rengginang, dan sebagainya.


12. Desa Banyumulek

Banyumulek adalah sentra industri gerabah yang ada di Pulau Lombok. Letaknya berada di Kecamatan Kediri, Kabupaten Lombok Barat.

Desa ini telah menjadi sentra industri gerabah sejak tahun 1990-an, sebagian besar penduduk desa ini berprofesi sebagai perajin gerabah.

Di Desa Banyumulek, Anda tidak hanya dapat membeli aneka macam produk kerajinan gerabah yang dihiasi Cukli atau kerang mutiara nan indah, tapi juga dapat melihat proses pembuatannya secara langsung.


Demikian informasi mengenai tempat-tempat wisata belanja yang ada di Lombok. Anda wajib mengunjungi beberapa tempat tersebut karena akan menjadi sebuah pengalaman wisata yang tak terlupakan saat berkunjung ke Pulau Lombok.

Daftar Lokasi Wisata Belanja Untuk Membeli Oleh-oleh Khas Lombok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: