Jumat, 19 Mei 2017

Perbedaan Beberapa Situs e-Commerce Raksasa Dunia (Amazon, eBay, FastNCheap, Barnes&Noble)



Situs e-commerce memudahkan banyak orang dalam berbelanja melalui internet. Beberapa situs tersebut ada yang memiliki jutaan konsumen dari seluruh dunia dan menjadi pasar online terbesar di dunia.

Berbagai barang kebutuhan bisa kita beli di sana, mulai dari gadget, elektronik, alat musik, barang-barang fashion, perhiasan, buku-buku, hingga aneka mainan.

Berikut ini kita akan coba untuk mengulas beberapa situs e-commerce yang cukup terkenal di seluruh dunia, situs-situs tersebut antara lain Amazon, eBay, Barnes&Noble, dan FastNCheap.

Baca juga: 4 Website Terbaik Untuk Import Barang dari China


1. Amazon

Perbedaan Beberapa Situs e-Commerce Raksasa Dunia (Amazon, eBay, FastNCheap, Barnes&Noble)
Situs yang beralamatnya www.amazon.com ini menjual berbagai macam barang-barang dengan kondisi baru, bukan second hand.

Barang-barangnya pun memiliki merek yang terbatas, jadi tidak semua merek barang dapat dijual di sini. Untuk berbelanja di Amazon, kita harus register terlebih dahulu. Setelah itu ketikkan jenis prouduk yang hendak dibeli.

Misalnya, bila Anda sedang mencari buku dengan judul tertentu, pilih kategori “Book”, dan ketikkan saja judulnya pada “search box” yang tersedia!

Secara langsung kita akan disuguhkan dengan hasil pencarian untuk kategori barang yang diinginkan. Klik “Add to Shopping Cart” bila sudah menemukan barang yang ingin dibeli.

Selanjutnya halaman akan menampilkan informasi dan daftar produk yang telah Anda pilih untuk dimasukkan ke “Shopping Cart” sebelumnya.

Anda juga dapat mengubah jumlah item, atau menghapus item dari “Shopping Cart”. Selain itu, Anda juga dapat Keluar atau membatalkan pembelian, atau melanjutkan aktivitas belanja Anda.

Bila Anda sudah siap dan yakin untuk membeli satu atau beberapa barang yang diinginkan, silahkan tekan “Checkout”. Bagi yang baru pertama kali belanja akan diminta untuk mengisi form mengenai data diri beserta informasi yang meliputi nama, alamat tagihan, alamat pengiriman, pilihan pengiriman, dan informasi terkait kartu kredit Anda.

Anda akan disuruh pula untuk memasukkan password yang nantinya akan digunakan untuk mengakses data account serta semua fitur transaksi yang tersedia. Jika Anda mengkonfirmasi informasi data diri tersebut, berarti pemesanan sudah dapat dilakukan.


2. eBay

Perbedaan Beberapa Situs e-Commerce Raksasa Dunia (Amazon, eBay, FastNCheap, Barnes&Noble)
Situs yang beralamat www.ebay.com ini menyediakan berbagai macam jenis barang baik dalam kondisi baru maupun second. Semua barang tersebut dijual oleh para penjual dari seluruh dunia yang terdaftar di eBay.

Tidak hanya berbelanja saja, Anda pun juga dapat menjual barang-barang second hand yang masih layak pakai di situs ini.

Anda harus mendaftar menjadi member untuk dapat berbelanja maupun menjual barang di eBay. Cara registrasinya cukup mudah, cukup mengisi form yang tersedia.

Apabila sudah selesai, maka akan muncul halaman dengan tulisan “Wellcome! You’re now registered as eBay member.” Setelah itu barulah kita dapat melakukan aktivitas jual beli di situs ini.

Dalam menjalankan bisnisnya, eBay memiliki konsep marketplace yang diharapkan mampu menjadikan dunia maya sebagai pasar jual beli online terbesar di dunia.

Perusahaan ini terus mengembangkan fungsi bisnisnya dan selalu mengedepankan prinsip keamanan, kemudahan, dan sesuai dengan kebutuhan.

Paypal merupakan salah satu metode transaksi pembayaran yang terintegrasi dengan eBay. Hal ini didukung pula dengan banyaknya konsumen dari seluruh dunia yang menggunakan Paypal sebagai cara pembayaran yang memberi kemudahan dan keamanan pada para penggunanya.


3. Fast N Cheap

Perbedaan Beberapa Situs e-Commerce Raksasa Dunia (Amazon, eBay, FastNCheap, Barnes&Noble)
Situs e-commerce yang beralamatkan www.fastncheap.com ini menyediakan berbagai aksesoris dan perlengkapan komputer yang harganya bisa dibilang cukup murah dibandingkan dengan situs belanja online lainnya.

Menariknya lagi, semua harga yang tertera pada barang yang dijual sudah dikonversi beradasarkan rate IDR (Rupiah). Jadi konsumen dari Indonesia tidak perlu repot untuk mengecek berapa harga barang yang tertera bila dirupiahkan.

Selain komputer baru, situs ini juga menyediakan berbagai barang ‘refurbish’ atau biasa disebut bekas tapi masih bergaransi. Layanan pengiriman barangnya pun bisa dibilang cepat dan cukup baik.

Barang-barang yang tersedia di FastNcheap terbagi menjadi 3 kategori, antara lain:

- Best Seller: Kategori ini merupakan produk-produk primadona yang laku keras dan banyak dibeli konsumen.

- Best Buy: Kategori ini merupakan produk-produk yang direkomendasikan oleh fastncheap untuk dibeli dan biasanya disertai dengan review singkat mengenai alasan mengapa Anda perlu memilih barang tersebut.

- Genre: Kategori ini merupakan pilihan bagi Anda yang ingin berbelanja berdasarkan merek suatu produk.

Bagi Anda yang ingin berbelanja di Fastncheap diharuskan untuk mendaftar sebagai member. Cara mendaftarnya mudah kok, ikuti saja petunjuknya di www.fastncheap.com.


4. Barnes & Noble

Perbedaan Beberapa Situs e-Commerce Raksasa Dunia (Amazon, eBay, FastNCheap, Barnes&Noble)
Situs jual beli yang beralamat di www.barnes&noble.com ini tidak hanya menyediakan fasilitas jual beli untuk barang fisik saja, tapi juga produk jasa secara online.

Fitur dan kategori barang maupun jasa yang ditawarkan bisa dikatakan cukup lengkap. Fastncheap menggunakan konsep Bussiness to Consumer (B2C), yaitu transaksi antara perusahaan ritel dengan pembeli individual.

Jadi, hanya usaha-usaha besar yang dipilih oleh Barnes&Noble saja yang dapat berjualan di sini. Anda sebagai individu hanya bisa menggunakan fasilitas untuk berbelanja saja. Sarana pengiriman yang digunakan biasanya berupa jasa pos dan kurir.


Demikian review singkat kami mengenai 4 situs belanja online terbesar di dunia. Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja.

Perbedaan Beberapa Situs e-Commerce Raksasa Dunia (Amazon, eBay, FastNCheap, Barnes&Noble) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: