Jumat, 05 Mei 2017

Tips Belanja Barang-barang Seserahan Untuk Diberikan Kepada Pengatin Wanita



Perlu kita ketahui, ada sebuah tradisi di masyarakat Indonesia yang mengharuskan calon pengantin pria dan keluarganya memberikan barang-barang (semacam hadiah) “seserahan” untuk calon pengantin wanita sebagai tanda kasih sayang.

Tentunya setiap wanita akan senang bila diberi hadiah. Nah, berikut ini kami akan berbagi tips untuk berbelanja barang seserahan yang akan diberikan kepada calon pengantin wanita.


1. Buat Daftar Barang Belanja dan Rencanakan Budgetnya

Langkah pertama ini bisa dilakukan dalam beberapa cara, antara lain:

- Budget dan daftar barang seserahan ditentukan dan dibelanjakan oleh calon pengantin pria. Biasanya, agar lebih mengetahui barang apa saja yang nantinya akan dibutuhkan pengantin wanita, calon pengantin pria akan mengajak saudara perempuan atau kerabatnya untuk membantunya dalam berbelanja. Pastikan calon pengantin pria sudah mengetahui ukuran baju, sepatu, atau hal-hal yang disukai maupun tidak disukai pasangan wanita.

- Budget dan daftar barang seserahan ditentukan calon pengantin pria, namun calon pengantin wanita yang berbelanja. Cara ini mungkin yang paling mudah bagi pengantin pria, karena calon mempelai wanitanya dapat memilih barang sesuai keinginan dengan budget yang sudah ditentukan.

- Budget dan daftar barang seserahan ditentukan calon pengantin wanita, tapi yang belanja si pengantin pria. Meski agak merepotkan pihak pengantin pria, namun dengan cara ini pihak pengantin wanita dapat menentukan barang apa saja yang diinginkan dengan budget yang sesuai dengan keperluan.

Cara manapun yang paling mudah menurut Anda sebaiknya tetap didiskusikan dulu dengan keluarga Anda maupun dengan calon pengantin wanita agar nantinya tidak ada selisih paham hanya gara-gara barang seserahan.


Baca juga: Tempat Belanja Grosir Aksesoris dan Souvenir Hajatan di Pasar Asemka

2.  Jabarkan Detail dari Daftar Barang Belanja

Dari daftar dan budget yang telah direncanakan, ada baiknya dijabarkan kembali detail barang apa saja yang dibutuhkan, mulai dari merek, warna, ukuran, dan sebagainya. Coret barang yang sudah dibeli agar tidak ada pembelian dua kali.


3. Tentukan Lokasi Belanja

Lokasi pembelian bisa Anda tentukan pada tempat perbelanjaan terdekat bisa di pasar tradisional atau di mall, sebaiknya sesuaikan dengan budget.

Misalnya bila Anda berada di Jakarta dan sekitarnya, maka beberapa pusat perbelanjaan yang disarankan seperti Pasar Baru, ITC Cempaka Mas, Pasar Mester Jatinegara atau kawasan Perbelanjaan Mangga Dua.


4. Belanja di Pagi Hari

Belanja saat pagi hari akan membuat Anda lebih bersemangat, kondisi tempat perbelanjaan juga biasanya belum begitu ramai sehingga Anda akan lebih leluasa berkeliling saat berbelanja.


5. Ajak Ibu atau Saudara Perempuan

Belanja bersama ibu, atau saudara perempuan akan memudahkan Anda dalam memilih barang yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan wanita.


6. Manfaatkan Program Diskon Sebaik Mungkin

Meski bukan hal yang wajib, memanfaatkan program diskon saat berbelanja akan lebih menghemat budget Anda sehingga dapat digunakan untuk hal-hal penting lainnya saat pernikahan.


7. Contoh Daftar Barang Belanjaan Seserahan

Beberapa contoh barang seserahan yang bisa Anda belanjakan antara lain:
- Paket 1: Kebaya, kain untuk bawahan, selop, tas, dan jilbab.
- Paket 2: Baju semi formal, sepatu, tas, dan jilbab.
- Paket make-up.
- Bed cover.
- Handuk besar dan kecil.
- Busana muslim, mukena, dan sajadah.
- Baju tidur dan baju dalam.
- Sepatu, sandal dan kaos kaki.


Itulah tips-tips yang perlu diperhatikan saat hendak berbelanja barang seserahan. Bila Anda menggunakan jasa Wedding Organizer (WO), pilihlah yang memberikan bonus untuk menghias kotak seserahan.

Jadi, setelah semua barang dibelanjakan Anda bisa langsung memberikannya kepada pihak WO untuk ditata dan dihias sehingga tampak lebih cantik.

Tips Belanja Barang-barang Seserahan Untuk Diberikan Kepada Pengatin Wanita Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: