Kamis, 18 Mei 2017

Tips Belanja Hemat dan Aman Produk Makeup atau Skincare Secara Online



Tips Belanja Hemat dan Aman Produk Makeup atau Skincare Secara Online
Belanja makeup atau skincare secara online nampaknya sudah banyak dilakukan oleh para wanita saat ini. Sejumlah keuntungan memang bisa kita dapatkan dari berbelanja secara online, di antaranya ialah tidak perlu keluar rumah, terhindar dari macet di jalan, tidak perlu panasan dan cukup belanja sambil santai di rumah kemudian barang akan dikirim melalui jasa kurir langsung ke tempat tinggal Anda.

Selain itu, belanja makeup atau skincare secara online juga biasanya menawarkan banyak diskon dan variasi barangnya tersedia cukup lengkap.

Bahkan, untuk produk-produk makeup tertentu yang belum masuk ke pasar Indonesia, kita dapat membelinya secara online dari situs luar negeri.

Baca juga: 4 Tips Aman Belanja Online dari Website Luar Negeri

Banyak pula yang mengatakan kalau belanja online lebih hemat dan harganya lebih murah karena menawarkan beragam program diskon.

Namun, beberapa wanita mungkin pernah memiliki pengalaman belanja makeup atau skincare secara online yang buruk. Ada yang barangnya tidak pernah dikirim tapi uang dibawa kabur, ada juga yang ternyata produk yang dibelinya ternyata palsu alias ‘abal-abal’.

Posting kami kali ini akan berbagi sejumlah tips dalam membeli produk makeup atau skincare secara online. Dengan tips ini semoga dapat membantu Anda untuk lebih hati-hati dan jeli dalam membeli produk makeup dan skincare melalui toko online.


1. Sesuaikan Dengan Kebutuhan dan Budget

Tips pertama yang perlu kita perhatikan saat berbelanja makeup atau skincare secara online ialah rencanakan belanja Anda sesuai dengan kebutuhan dan budget.

Dengan merencanakan belanja makeup atau skincare Anda sesuai budget, akan dapat mencegah dari ‘kalap’ saat belanja.

Jangan sampai uang Anda yang harusnya digunakan untuk belanja kebutuhan lainnya seperti makanan atau transportasi ‘termakan’ karena belanja untuk kebutuhan kecantikan.

Tentukan budget bulanan Anda untuk membeli kebutuhan kecantikan tersendiri, misalnya Anda telah ‘mematok’ budget untuk kebutuhan kecantikan dan perawatan kulit sebesar Rp 500 ribu tiap bulannya, maka jangan sampai belanja makeup atau skincare melebih dari budget tersebut.

Berpikirlah secara bijak, dahulukan untuk membeli produk makeup atau skincare yang menjadi prioritas utama. Jadi, Anda dapat terhindar dari borosnya pengeluaran karena membeli berbagai produk makeup atau skincare yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan.


2. Buat Daftar Belanja Bulanan

Pemborosan belanja makeup atau skincare biasanya terjadi karena kita membeli ‘dadakan’ barang-barang yang tidak terlalu dibutuhkan, atau seharusnya diprioritaskan di awal belanja.

Jadi, karena produk makeup tersebut sebenarnya sangat dibutuhkan tapi kita lupa untuk membelinya di awal, sehingga uang Anda sudah terpakai banyak untuk membeli produk-produk makeup yang bukan prioritas di awal belanja.

Oleh karena itu, membuat daftar belanja akan memudahkan Anda untuk memilih prioritas mana produk makeup atau skincare yang harus didahulukan membelinya.

Dari budget untuk kebutuhan kecantikan yang telah ditentukan sebelumnya, kemudian Anda harus membuat daftar belanja produk apa saja yang harus didahulukan untuk membelinya.

Rencanakan pula jumlah yang harus dibeli sehingga saat kehabisan produk tersebut Anda masih memiliki stok yang cukup. Jadi, Anda tidak harus ‘bolak-balik’ belanja karena kehabisan. Tentu biaya ongkos kirim barang akan menjadi lebih besar.


3. Cari Referensi Tentang Produk

Sebelum Anda putuskan untuk membeli suatu produk kecantikan, ada baiknya cari referensi dari beberapa sumber seperti review blog atau video youtube mengenai produk makeup atau skincare yang akan dibeli.

Jangan sampai Anda membeli produk yang ternyata tidak cocok dengan kondisi kulit atau ternyata produk ‘abal-abal’.

Anda bisa memanfaatkan Google untuk mencari referensi tentang produk kecantikan yang hendak dibeli.

Baca review yang ditampilkan sampai selesai, setidaknya cari informasi dari 2 atau 3 blog dan video untuk produk yang sama agar nantinya Anda tidak kecewa saat membeli karena kurangnya informasi yang Anda miliki.

Anda harus tahu dengan pasti apakah produk makeup atau skincare yang akan dibeli cocok untuk warna dan kondisi kulit Anda. “Buat kulit kok coba-coba?”


4. Pilih Tempat Belanja Makeup atau Skincare yang Terpercaya

Sekarang ini, tempat belanja online untuk produk makeup atau skincare sudah semakin banyak. Ada yang menjual lewat social media, web/blog, atau marketplace seperti forum jual beli maupun e-commerce.

Belum lagi toko online yang berupa aplikasi di smartphone, tentu semakin banyak pilihan tempat belanja online untuk Anda.

Namun, pilihlah yang memang sudah terpercaya. Lihat testimony dari para pembeli sebelumnya, biasanya ada pada kotak komentar di blog atau cari tahu dulu bagaimana kredibilitas penjual online melalui google.

Bagaimana kualitas produknya, pelayanannya, dan juga sudah berapa lama online shop tersebut menjual produk-produk makeup atau skincare. Pilih dua atau beberapa tempat belanja online yang nantinya bisa Anda jadikan sebagai perbandingan baik dari segi harga, kualitas, maupun pelayanannya terhadap pelanggan.

Beberapa marketplace ada yang menggratiskan ongkos kirim untuk wilayah dan momen tertentu. Selain itu juga sering ada promo diskon dan voucher yang sering diadakan oleh suatu marketplace seperti Lazada, Bukalapak, Tokopedia, dan lain-lain. Lumayan kan untuk membuat belanja online Anda menjadi lebih hemat.


5. Pastikan Anda Membeli Produk Asli

Harga murah bukanlah segalanya. Justru bila Anda menemukan produk makeup atau skincare yang murahnya jauh dari harga pasaran, sebaiknya perlu waspada. Bisa jadi produk tersebut bukan asli.

Nah, sebelumnya Anda juga perlu mencari informasi mengenai harga pasaran terhadap suatu produk makeup atau skincare yang hendak dibeli.

Memang agak sulit membedakan antara produk asli atau palsu bila kita membelinya secara online. Oleh karena itu, seperti yang sudah disampaikan pada tips sebelumnya, pilihlah tempat belanja online yang sudah teruji kredibilitasnya.

Bila Anda ragu membeli di suatu tempat belanja online, ada baiknya perhatikan rekomendasi dari beberapa komentar di forum untuk lebih meyakinkan Anda dalam berbelanja.


6. Cara Pengemasan dan Pengiriman

Beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait dengan pengemasan dan pengiriman barang antara lain:
- Cara pengemasan produk.
- Jangka waktu pengiriman.
- Biaya tambahan untuk pengemasan (bila ada).
- Asuransi bila nominal barang yang Anda beli cukup besar.
- Ketentuan refund apabila ada kesalahan dalam pengiriman atau produk mengalami kerusakan saat pengiriman.

Jangan sampai ketika barang dikirim dan sampai ke rumah ternyata mengalami rusak baik segel maupun kemasannya.

Di sinilah pentingnya asuransi pada jasa ekspedisi. Meski Anda harus mengeluarkan biaya tambahan, namun barang Anda dipastikan aman dan bila terjadi kerusakan pihak jasa pengiriman akan menggantinya.

Karena biasanya pihak seller tidak mau tahu bila kerusakan yang terjadi diakibatkan kesalahan selama dalam masa pengiriman.


Demikian tips-tips dari kami. Semoga belanja online produk makeup atau skincare Anda menjadi lebih aman, hemat, dan menyenangkan.

Tips Belanja Hemat dan Aman Produk Makeup atau Skincare Secara Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: