Kamis, 15 Juni 2017

7 Tips Cermat Belanja Hemat di Malioboro



7 Tips Cermat Belanja Hemat di Malioboro
Di Yogyakarta terdapat salah satu kawasan wisata belanja yang selalu menjadi favorit bagi para wisatawan. Di mana lagi kalau bukan Malioboro.

Kawasan Malioboro telah menjadi surga belanja bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Seringkali wisatawan menjadi kalap saat berbelanja di tempat ini.

Murahnya harga barang-barang unik dan menarik di tempat ini menjadi alasan mengapa Malioboro menjadi salah satu surga belanja favorit di Yogyakarta.

Baca juga: 13 Tempat Belanja Murah Terbesar yang Ada di Kota Yogyakarta

Sejumlah hal memang perlu diperhatikan saat Anda mengunjungi salah satu jalan terpopuler di Jogja ini. Sebisa mungkin kita harus bisa mengendalikan hasrat belanja dan mental konsumtif bila tidak ingin ‘kantong jebol’ saat berbelanja di kawasan ini.

Berikut ini kami bagikan sejumlah tips penting yang perlu diperhatikan saat berbelanja di kawasan Malioboro.


1. Buat Daftar Barang yang Ingin Dibeli

Banyak souvenir dan barang-barang khas Jogja yang bisa Anda beli di Malioboro. Agar lebih hemat dan tidak bingung saat belanja nanti, sebaiknya Anda membuat terlebih dahulu daftar barang apa saja yang ingin dibeli. Termasuk barang-barang yang ingin dibeli sebagai oleh-oleh untuk keluarga maupun teman Anda di rumah.

Sejumlah barang khas Jogja yang favorit untuk dimasukkan ke dalam daftar belanja di antaranya seperti kaos Dagadoe, tas kulit atau tas ‘eceng gondok’, gantungan kunci berbentuk wayang, dan aneka aksesoris dari batu-batuan.


2. Pintar-pintarlah Saat Menawar Harga

Saat berbelanja di Malioboro, ada baiknya Anda menawar dengan harga separuh lebih rendah dari harga yang diberikan karena biasanya pedagang sudah menaikkan harga sekitar 20 sampai dengan 30 persen lebih mahal dari harga aslinya.

Tentu saja bila Anda ingin mendapatkan harga yang lebih murah, tawarlah setidaknya separuh dari harga yang diberikan oleh pedagang.


3. Jangan Berpenampilan Seperti Turis

Seringkali penampilan Anda saat berbelanja juga akan mempengaruhi harga barang yang diberikan oleh pedagang di Malioboro. Anda bisa mendapatkan harga yang berbeda untuk barang yang sama dengan berpenampilan tidak seperti turis.

Pedagang cenderung memberikan harga lebih mahal bila pembeli adalah wisatawan atau turis. Jadi, gunakanlah pakaian sehari-hari seperti warga lokal sehingga Anda tidak dikira turis dan tidak diberikan harga yang lebih mahal.


4. Gunakan Bahasa Jawa Saat Menawar

Ketika berbelanja di Malioboro akan lebih baik bila Anda sedikit mengerti bahasa lokal yang digunakan, terutama bahasa Jawa. Selain lebih memudahkan saat tawar menawar, biasanya pedagang pun akan memberikan harga yang lebih murah.

Trik ini juga dapat digunakan tidak hanya ketika belanja di Malioboro saja, tapi juga di pasar-pasar tradisional saat Anda sedang berwisata belanja ke kota lainnya.


5. Jangan Terlihat Antusias Terhadap Suatu Barang

Ketika berbelanja di Malioboro, usahakan agar Anda tidak terlihat seperti sangat menginginkan barang tersebut.

Pedagang akan menaikkan harga barang yang dijualnya bila pembeli terlihat antusias terhadap barang yang ingin dibelinya.

Baca juga: Tamasya dan Wisata Belanja di Pantai Baron, Gunung Kidul

Bersikaplah seperti ‘sok jual mahal’, jangan terlihat seperti Anda begitu menginginkan barang yang sedang ditawar sehingga pedagang pun akan dengan mudah menurunkan harga barang mendekati harga yang Anda tawar.


6. Jangan Mudah Tergiur ‘Rayuan Gombal’ Pedagang

Jangan langsung tergiur dengan kata-kata “murah” atau “obral”. Anda bisa mendapatkan harga lebih miring apabila pintar dalam menawar harga suatu barang. Oleh karena itu, Anda sangat memerlukan keberanian untuk menawar saat berbelanja di sini.


7. Jangan Terlalu Fokus Pada Satu Pedagang

Seperti yang telah disampaikan pada poin ke lima di atas, usahakan untuk ‘sok jual mahal’. Ketika pedagang masih tidak mau menurunkan harga jualnya, cobalah untuk beranjak dari lapaknya dan mencari lapak lain.

Biasanya pedagang akan memanggil Anda kembali dan menurunkan harga jualnya meski masih sedikit di atas harga yang Anda tawar.

Di Malioboro banyak terdapat pedagang dengan jenis barang yang sama. Seringkali masing-masing pedagang memberikan harga yang berbeda.

Jadi, sebaiknya Anda jangan terlalu fokus pada satu penjual saja, siapa tahu di lapak lainnya Anda bisa mendapat harga yang lebih murah dengan jenis barang yang sama.

Baca juga: Rekomendasi Tempat Wisata Belanja Paling Mengesankan di Indonesia


Banyak orang yang mengatakan kalau belanja adalah ‘seni’. Ada keasikkan tersendiri saat orang yang hobi belanja dapat mengendalikan hasrat belanjanya dan berhasil menawar harga untuk barang yang diinginkannya.

Hal paling mendasar yang perlu kita pahami saat berbelanja ialah kenali dan pahami budaya setempat, termasuk bahasa lokal.

Trik ini akan membantu Anda mendapatkan barang-barang dengan harga lebih murah sehingga aktivitas belanja Anda menjadi lebih hemat.

7 Tips Cermat Belanja Hemat di Malioboro Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: