Jumat, 30 Juni 2017

Definisi Rekber (Rekening Bersama) atau Escrow



Definisi Rekber (Rekening Bersama) atau Escrow
Rekber merupakan singkatan dari Rekening Bersama atau biasa disebut dengan Escrow dalam bahasa asing.

Pengertian Rekber adalah metode pembayaran dalam transaksi jual beli secara online di mana penjual dan pembeli menyepakati untuk menggunakan jasa pihak ketiga sebagai alternatif agar transaksi yang mereka lakukan aman dari tindak kejahatan, terutama mencegah dari risiko terjadinya penipuan online.

Penjual maupun pembeli yang menggunakan Rekber harus mengikuti ketentuan yang sudah dibuat oleh pihak penyedia layanan Rekber di mana terdapat beberapa tahapan transaksi sehingga dapat meminimalisir terjadinya penipuan yang mungkin dilakukan oleh penjual ataupun pembeli.

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Toko Online Palsu Agar Anda Terhindar Dari Penipuan

Adanya sistem Rekber sendiri merupakan salah satu solusi dalam meminimalisir maraknya kasus penipuan yang terjadi dalam transaksi jual beli online.

Mekanismenya cukup sederhana, yaitu:
- Penjual dan pembeli menyepakati penggunaan Rekber sebagai cara pembayaran.
- Uang senilai harga barang + ongkos kirim ditambah dengan biaya Rekber (fee untuk penyedia layanan Rekber) ditransfer oleh pembeli ke rekening Rekber.
- Pihak Rekber akan mengkonfirmasi kepada penjual bahwa pembeli sudah transfer dana ke pihak Rekber. Dana tersebut akan ditahan sementara waktu oleh pihak Rekber sampai barang diterima oleh pembeli.
- Penjual mengirim barang yang dipesan oleh pembeli.
- Barang sampai ke tangan pembeli.
- Pembeli mengkonfirmasi pihak Rekber bahwa barang sudah diterima dengan baik.
- Uang pembayaran akan ditransfer oleh Rekber ke pihak penjual.

Intinya, dana yang pembeli transfer sebagai pembayaran akan tetap aman sementara waktu sampai barang diterima oleh pembeli.

Cara ini dapat menutup celah terjadinya tindak penipuan yang biasanya terjadi dengan modus setelah pembeli transfer dana ke penjual, namun barang tidak dikirim oleh penjual.

Apabila barang tidak pernah diterima pembeli dan tidak ada kabar dari si penjual, pihak Rekber akan mentransfer kembali dana tersebut kepada pembeli.

Adanya sistem Rekber juga dapat membantu pembeli apabila terjadi permasalahan barang yang dikirim ternyata mengalami cacat/rusak atau tidak sesuai dengan pesanan.

Pembeli dapat mengkonfirmasi kepada pihak Rekber untuk menahan dana hingga ada itikad baik dari si penjual untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

Bagi Anda yang sering melakukan kegiatan transaksi jual beli secara online, ada baiknya menggunakan layanan Rekber agar transaksi yang dilakukan dapat berlangsung aman. Terutama bila Anda belum mengenal reputasi penjual dengan baik.

Baca juga: 4 Tips Aman Belanja Online dari Website Luar Negeri

Cara ini juga sangat membantu bagi penjual dan pembeli yang tidak bisa melakukan transaksi secara COD (Cash on Delivery) atau bertransaksi dengan bertemu secara langsung.


Sejarah Penggunaan Rekber di Indonesia

Sistem Rekber merupakan sistem pembayaran transaksi jual beli online yang pada mulanya sering digunakan oleh para member Kaskus pada Forum Jual Beli untuk mengamankan transaksi yang mereka lakukan.

Sekarang ini sistem Rekber atau Escrow sudah banyak diterapkan oleh banyak situs e-commerce di Indonesia seperti Bukalapak, Tokopedia, dan sebagainya.

Dengan menggunakan sistem Rekber, transaksi jual beli online Anda akan jadi lebih aman dari tindak penipuan.

Definisi Rekber (Rekening Bersama) atau Escrow Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: