Jumat, 30 Juni 2017

Keunggulan dan Kelemahan Belanja Handphone Melalui Online



Keunggulan dan Kelemahan Belanja Handphone Melalui Online
Di zaman yang serba modern dengan perkembangan teknologi internet yang kian pesat membuat semakin banyak orang yang mulai beralih pada cara belanja yang lebih mudah dan instan.

Sejumlah orang ada yang lebih memilih berbelanja secara online ketimbang pergi ke pasar atau mall. Hal ini tentu saja didasari dengan berbagai alasan yang memang menjadi kelebihan dalam belanja online sehingga mulai banyak orang yang beralih menggunakan cara belanja semacam ini.

Meski demikian, belanja online juga memiliki sejumlah kelemahan. Kelemahan-kelemahan tersebut pastinya akan mengurangi rasa nyaman dan aman dalam berbelanja online.

Baca juga: Cara Aman dan Mudah Belanja Online Barang Dari Luar Negeri Dengan Indoshopaholics

Tak terkecuali saat kita hendak melakukan belanja produk handphone melalui online. Handphone yang kini telah menjadi barang pribadi yang sangat penting untuk dimiliki mengharuskan kita untuk membelinya secara cermat dan tepat.


Keunggulan Belanja Handphone Secara Online

Berikut ini adalah sejumlah keunggulan yang bisa kita peroleh dengan berbelanja handphone secara online:

1. Dengan membeli handphone secara online akan membuat belanja kita lebih mudah dan simpel. Anda dapat menghemat tenaga dan waktu, karena tidak perlu datang langsung ke tempat penjualan handphone seperti di counter atau mall. Tinggal pilih handphone yang kita inginkan, transfer uang, dan Anda hanya cukup menunggu barang tiba di rumah.

2. Belanja menjadi lebih tenang dan nyaman karena bisa dilakukan dari mana saja. Saat sedang di rumah, di kantor, atau sedang dalam perjalanan, asalkan terkoneksi internet, kita bisa membeli handphone yang kita inginkan langsung dari laptop atau gadget.

3. Tersedia banyak pilihan produk maupun toko untuk berbelanja. Anda tidak hanya dapat mengunjungi satu toko, tapi juga banyak toko online yang menjual produk-produk handphone dengan aneka pilihan merek dan tipe.

4. Kita dapat memilih produk dengan tepat yang sesuai dengan keinginan dan budget yang dimiliki. Dengan mengunjungi lebih dari satu toko dalam waktu singkat, kita bisa membandingkan harga antara penjual yang satu dengan penjual lainnya. Bayangkan bila kita membeli secara offline, tentu akan ada banyak waktu yang kita habiskan bila harus datang ke satu toko ke toko lainnya.


Kelemahan Belanja Handphone Secara Online

1. Berbelanja handphone secara online tentu kita tidak bisa melihat, meraba, atau mencoba terlebih dahulu produk handphone yang ingin dibeli. Spesifikasi, detail informasi, dan wujud handphone-nya seperti apa hanya bisa kita baca, dan dilihat pada gambar atau foto yang ditampilkan pada halaman website penjual.

2. Produk tidak bisa langsung kita gunakan saat itu juga. Adanya waktu tunggu antara barang dikirim hingga sampai ke rumah kita atau alamat yang dituju.

3. Adanya tambahan biaya kirim yang harus dibayar. Biasanya biaya kirim akan dibebankan kepada pembeli. Sebelum barang dikirim, kita diharuskan mentransfer uang pembayaran terlebih dahulu kepada penjual. Pembayaran tersebut adalah senilai harga barang ditambah dengan biaya atau ongkos kirim.

4. Adanya risiko penipuan dalam pembelian secara online. Anda harus cermat dan teliti dalam memilih situs toko online. Cek terlebih dahulu reputasi dan testimony penjual sebelum melakukan pembayaran. Namun demikian sebagian besar toko online yang profesional tidak akan mengecewakan pelanggannya. Kita harus cek dulu hingga benar-benar yakin bahwa penjual memiliki reputasi yang baik dan bukan penjual palsu yang memanfaatkan media internet hanya untuk melancarkan modusnya.

5. Bila terjadi kerusakan yang termasuk dalam ketentuan garansi, dibutuhkan waktu cukup lama dalam proses perbaikan karena kita harus mengirimkan ulang barang yang dibeli ke penjual, kemudian penjual akan mengecek dahulu barang tersebut, barulah mereka memutuskan apakah barang akan ditukar dengan yang baru atau hanya dilakukan perbaikan. Proses perbaikan atau penukaran handphone inipun juga akan membutuhkan waktu cukup lama hingga barang tersebut dikirim kembali ke pembeli.

Baca juga: Tempat Kulakan Grosir Produk Serta Aksesoris HP, Smartphone, maupun Gadget yang Lengkap dan Murah


Itulah sejumlah keunggulan dan kelemahan yang perlu kita ketahui dalam pembelian handphone secara online. Pilihan yang terbaik ada di tangan Anda, tentunya sesuaikan pilihan tersebut dengan kebutuhan dan budget yang dimiliki.

Waspada juga terhadap tindak penipuan online yang masih kerap terjadi. Penggunaan sistem pembayaran Escrow (Rekber) atau COD (Cash on Delivery) akan lebih disarankan untuk meminimalisir tindak penipuan sehingga belanja online Anda jadi lebih aman dan nyaman.

Keunggulan dan Kelemahan Belanja Handphone Melalui Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: