Sabtu, 10 Juni 2017

Keuntungan dan Kendala Belanja Barang Dari Luar Negeri Melalui Online



Keuntungan dan Kendala Belanja Barang Dari Luar Negeri Melalui Online
Cara import barang dari luar negeri | Tidak jarang kita mendengar orang yang bertanya bagaimana cara belanja dari situs luar negeri. Caranya sih tidak begitu berbeda dengan cara kita berbelanja melalui web toko online di Indonesia.

Perbedaan utama terletak pada cara pembayarannya saja yang mungkin sedikit rumit alias ribet. Tapi bagi Anda yang ingin mencoba berbelanja online melalui situs luar negeri, ada baiknya ketahui dulu apa saja keuntungan dan berbagai kendala yang akan dihadapi bila kita ingin berbelanja barang dari luar negeri secara online.


Baca juga: Ingin Belanja Online Dari Situs Luar Negeri? Begini Caranya

Keuntungan Berbelanja Barang Dari Situs Luar Negeri

Sebelumnya kita coba simak dulu apa saja keuntungan yang bisa didapatkan dengan belanja barang dari situs luar negeri:

1. Barang Lebih Lengkap dan Lebih Banyak Variasi Jenisnya

Seringkali beberapa barang yang dijual di luar negeri lebih lengkap dan variasi tipe serta mereknya lebih beragam, hal ini disebabkan karena tidak semua jenis barang dhiproduksi atau memang diperuntukkan bagi pasar di Indonesia.

2. Harganya Lebih Murah

Kadang kala, dengan belanja barang langsung dari luar negeri harganya bisa lebih murah. Terutama bila kita membelinya langsung dari Negara produsen barang tersebut berasal.

Kalau beli di Indonesia proses penjualannya sudah melalui beberapa distributor atau pedagang, sehingga harganya tentu bisa lebih mahal.

3. Banyak Produk Dengan Model Terbaru

Sejumlah produk khususnya produk-produk gadget dan elektronik sudah lebih dulu dipasarkan di luar negeri sebelum masuk ke Indonesia.

Selain itu, juga banyak tersedia produk fashion yang sudah lebih dulu populer di luar negeri sebelum menjadi trend di Indonesia. | Cara import barang dari luar negeri


Kendala Berbelanja Barang Dari Luar Negeri

Selain memberikan sejumlah keuntungan, ternyata belanja barang dari luar negeri juga memiliki beberapa kendala. Apa saja kendalanya?

1. Lama Waktu Pengiriman

Jauhnya jarak yang ditempuh dalam pengiriman tentu membuat proses pengiriman lebih lama bila dibandingkan dengan berbelanja dari situs jual beli di tanah air.

Biasanya, bila kita membeli dengan pilihan free shipping, lama pengiriman bisa cukup lama sekitar 3 sampai 5 minggu. Sedangkan bila kita memilih express shipping, lama pengiriman sekitar 2 sampai 3 minggu.

2. Mahalnya Biaya Kirim

Sekali lagi, jauhnya jarak pengiriman yang ditempuh tentu membuat biaya pengiriman menjadi lebih mahal. Terutama bila Anda membeli barang dalam jumlah banyak dengan nominal di atas 50 USD, barang yang yang dibeli juga akan terkena Pajak Impor.

Pajak Impor ini wajib dibayar apabila kita membeli barang dengan nilai nominal lebih dari 50 USD. Namun, ada beberapa pembeli yang ‘mengakalinya’ dengan meminta kepada penjual menuliskan nominal harga yang lebih murah pada paket tersebut. Bahkan, ada juga yang meminta agar paket dituliskan sebagai “Gift”.

Baca juga: Prosedur Import Atau Belanja Barang Dari Luar Negeri Bagi Suatu Perusahaan


Nah, itulah sedikit informasi mengenai keuntungan dan kendala yang akan dihadapi bila kita berbelanja barang dari luar negeri melalui online. Semoga informasi di atas bisa menjadi pertimbangan sebelum Anda memutuskan untuk belanja dari luar negeri. | Cara import barang dari luar negeri

Keuntungan dan Kendala Belanja Barang Dari Luar Negeri Melalui Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: