Rabu, 07 Juni 2017

Perhatikan 4 Tips Penting Berikut Ini Sebelum Belanja di Duty Free Shop



Perhatikan 4 Tips Penting Berikut Ini Sebelum Belanja di Duty Free Shop
Toko bebas pajak atau yang biasa dikenal dengan Duty Free Shop yang ada di Bandara selalu membuat siapa saja tergoda untuk berbelanja.

Duty free shop memang banyak dijumpai di Bandara, baik domestik maupun internasional. Belanja di tempat ini sangat menguntungkan karena biasanya harga yang ditawarkan jauh lebih murah dibandingkan toko biasa.

Barang yang dijual pun sangat beragam, mulai dari pakaian, tas, jam tangan, parfum, pernak-pernik hingga perhiasan.

Namun, kita tentu tidak ingin salah dalam membeli barang. Oleh karena itu ada sejumlah tips yang perlu Anda simak sebelum nantinya kalap saat belanja. Berikut ini kami bagikan tips-tipsnya kepada Anda.


1. Prioritaskan Barang yang Memang Dibutuhkan

Untuk barang-barang dengan harga atau pajak yang tinggi, biasanya kita akan lebih berhemat dalam membelinya.

Baca juga: 5 Tips Hemat Belanja Baju Menyambut Lebaran

Namun tidak demikian bila berbelanja di duty free, karena barang-barang di tempat ini biasanya dijual dengan harga lebih murah, dan menariknya lagi hal ini berlaku di semua Negara, termasuk Indonesia.

Jadi, sebaiknya sebelum belanja Anda menjadi ‘kalap’ ada baiknya membeli barang-barang yang paling dibutuhkan terlebih dahulu. Bila semua barang yang dibutuhkan sudah didapat, baru Anda bisa belanja barang lainnya untuk oleh-oleh.


2. Beberapa Jenis Barang yang Sebaiknya Tidak Dibeli

Bebas pajak memang berlaku di Duty Free Shop, tapi ada sejumlah barang yang harganya tidak jauh berbeda dengan di toko lainnya.

Misalnya pakaian dan kosmetik, pajaknya tidak terlalu tinggi sehingga harganya pun tidak jauh berbeda dengan harga asli di toko lain.

Sedangkan untuk barang-barang elektronik memang dikenakan pajak yang cukup tinggi. Tapi biasanya di duty free shop sangat jarang Anda temukan produk elektronik yang lengkap dan paling baru.


3. Ketahui Dulu Harga Aslinya

Sebaiknya Anda sudah tahu kisaran harga asli untuk barang yang akan dibeli saat belanja di duty free shop. Hal ini akan membantu Anda guna membandingkan besarnya jumlah uang yang bisa Anda hemat saat membeli barang di duty free shop.

Tak hanya ada di bandara saja, Duty Free Shop biasanya juga terdapat di beberapa lokasi seperti kota-kota perbatasan antar Negara, pelabuhan, dan juga di kapal pesiar. Sejumlah maskapai juga menyediakan barang-barang duty free di dalam pesawat.


4. Sebelum Belanja Ketahui Dulu Aturan Bea Cukai

Bagi Anda yang sering bepergian ke luar negeri, tentu sudah tidak asing lagi dengan kertas kecil bertuliskan ‘Custom Declaration’. Biasanya kertas ini dibagikan ke penumpang pesawat saat sebelum mendarat.

Tulisan tersebut berisikan aturan-aturan terkait barang pribadi yang kita beli di luar negeri, yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) No 188/PMK.04/2010.

Baca juga: Prosedur Import Atau Belanja Barang Dari Luar Negeri Bagi Suatu Perusahaan

Jenis barang yang sering menjadi perhatian petugas seperti fashion, gadget, rokok, dan minuman beralkohol. Bila Anda membawa barang-barang tersebut melebih batas yang ditetapkan, maka Anda akan dikenakan pajak masuk.

Batasan barang bawaan penumpang untuk satu orang sebesar USD 250, dan untuk keluarga sebesar USD 1.000. Bila melebihi batas tersebut, maka akan dikenakan pajak barang impor.


Demikian informasi mengenai tips-tips belanja di duty free shop. Semoga bermanfaat untuk Anda yang hendak bepergian ke luar negeri.

Perhatikan 4 Tips Penting Berikut Ini Sebelum Belanja di Duty Free Shop Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: