Minggu, 11 Juni 2017

Pertama Kali Belanja Barang Dari Situs Luar Negeri? Ikuti Tips dan Trik Berikut Ini!



Pertama Kali Belanja Barang Dari Situs Luar Negeri? Ikuti Tips dan Trik Berikut Ini!
Cara import barang dari luar negeri | Seiring berkembangnya teknologi internet sebagai media komunikasi dan informasi, jual beli pun kini kian mudah dengan memanfaatkan teknologi tersebut.

Cukup bermodalkan komputer atau gadget dan koneksi internet, kita bisa melakukan pembelian barang yang diinginkan tanpa harus pergi ke tempat si penjual. Barang yang kita inginkan akan langsung sampai ke rumah.

Tak terbatas tempat dan waktu, sekarang kita dapat membeli barang-barang dari luar negeri. Terutama bila barang yang kita cari sangat jarang atau harganya sangat mahal bila membelinya di Indonesia.

Berbelanja dari situs luar negeri menjadi solusi untuk kita bisa mendapatkan barang yang kita inginkan tersebut.

Baca juga: 4 Website Terbaik Untuk Import Barang dari China

Namun, bagi Anda yang baru pertama kali ingin berbelanja melalui situs luar negeri berpikir bagaimana cara yang terbaik untuk bisa belanja dengan nyaman dan aman. Berikut akan kami bagikan tips-tipsnya untuk Anda.


1. Melayani Pengiriman Ke Indonesia

Bila Anda ingin membeli barang dari situs luar negeri, seperti eBay, Amazon, ataupun Alibaba, pastikan pedagang yang menjual barang tersebut melayani pengiriman ke Indonesia. Bahkan, ada beberapa penjual yang menggratiskan ongkos kirim ke Negara tertentu.

Dengan memanfaatkan free ongkos kirim, tentu akan membuat belanja dari situs luar negeri menjadi lebih hemat.


2. Tawar Menawar Harga

Sejumlah situs jual beli seperti eBay menyediakan salah satu fasilitas di mana pembeli dapat menawar harga barang langsung kepada seller. Manfaatkan kesempatan tersebut untuk mendapatkan potongan harga atau gratis ongkos kirim.

Beberapa penjual ada yang mensyaratkan pembelian lebih dari 1 item, barulah pembeli akan mendapat potongan harga.


3. Baca Detail Produk Dengan Teliti

Sebelum memutuskan membeli suatu barang, pastikan Anda sudah benar-benar mengerti detail produk, mulai dari spesifikasi, model, hingga cara penggunaan.

Situs jual beli seperti Amazon menawarkan sistem refund atau penggantian barang apabila pembeli menerima barang yang tidak sesuai dengan spesifikasi yang tercantum di halaman web.

Perhatikan pula bagaimana reputasi seller, dan jangan ragu untuk komplain apabila Anda mengalami ketidakpuasan saat membeli.

Baca juga beberapa komentar (testimonial) dari orang-orang yang pernah membeli di situs tersebut sehingga Anda bisa menilai bagaimana reputasi barang dan pelayanan dari si penjual. | Cara import barang dari luar negeri


4. Pembelian Barang Di Bawah 50 USD Bebas Pajak

Ada baiknya ketika membeli barang dari situs luar negeri, Anda sudah paham mengenai penerapan pajak impor barang yang diatur oleh pemerintah.

Pembelian barang dengan harga di bawah 50 USD tidak akan dikenakan tarif bea masuk atau pajak impor barang, alias gratis.

Bila Anda membeli beberapa barang dengan nilai lebih dari 50 USD, sebaiknya dipisah ordernya menjadi beberapa paket sehingga tidak terkena pajak impor.

Umumnya, lama pengiriman barang menggunakan shipping berbayar maupun tidak adalah sekitar 3 hingga 5 minggu.

Bila ingin barang tiba lebih cepat, bisa memilih express shipping namun tarifnya memang lebih mahal, dan paling cepat barang tiba antara 5 hari sampai 1 minggu.


5. Barang Pasti Sampai

Situs-situs besar seperti eBay, Amazon, dan Aliexpress memberikan garansi kepada pembeli untuk pembelian barang dari situs mereka, sehingga Anda tak perlu khawatir barang tidak sampai.


6. Jangan Beli Barang Terlarang

Sebelum berbelanja, pastikan Anda tahu barang-barang apa saja yang dilarang masuk ke Indonesia oleh bea cukai.

Beberapa jenis barang yang dilarang misalnya, narkotika dan obat-obatan berbahaya, bahan kimia, organ tubuh, senjata api, air softgun, dan sex toy.


7. Gunakan Jasa Pembelian Barang Luar Negeri Bila Tak Ingin Ribet

Bagi Anda yang tidak ingin ribet, bisa menggunakan jasa pembelian barang dari luar negeri. Situsnya bisa Anda cari di Google atau di Kaskus juga banyak.

Anda tinggal mencantumkan alamat situs dan item barang yang ingin dibeli. Setelah itu transfer uang sejumlah nominal yang disepakati.

Perusahaan jasa pembelian barang dari luar negeri akan mengurus semuanya untuk Anda. Jadi, Anda tinggal menunggu barangnya sampai di rumah. Meski biaya yang harus dikeluarkan sedikit lebih mahal, namun cara ini akan sangat memudahkan.

Baca juga: Keuntungan dan Kendala Belanja Barang Dari Luar Negeri Melalui Online


Itulah sejumlah tips yang dapat kami sampaikan mengenai cara pembelian barang dari situs luar negeri bagi pemula. Semoga membantu dan selamat berbelanja. | Cara import barang dari luar negeri

Pertama Kali Belanja Barang Dari Situs Luar Negeri? Ikuti Tips dan Trik Berikut Ini! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: