Senin, 05 Juni 2017

Wisata Belanja di Kompleks Pertokoan Terpanjang Tenjinbashisuji, Osaka



Tahukah Anda kalau kompleks pertokoan terpanjang di Jepang ada di Osaka?

Kompleks pertokoan tersebut bernama Tenjinbashisuji-shoutengai, letaknya berada di Kita-ku, Osaka. Kompleks pertokoan Tenjinbashisuji sempat meredup kepopulerannya, namun berkat kerjasama para pemilik toko di sini, tempat ini mulai Berjaya kembali.

Saat ini pun masyarakat Osaka masih banyak yang mengunjungi Tenjinbashisuji untuk berbelanja berbagai kebutuhan sehari-hari.

Nanba atau kuil Tennoji merupakan tempat yang sangat terkenal di Osaka. Namun, jika Anda tertarik untuk melihat aktivitas keseharian warga Osaka, pusat perbelanjaan Tenjinbashisuji-shoutengai merupakan tempat yang tepat untuk Anda kunjungi.

Baca juga: 10 Kota Destinasi Wisata Belanja Mancanegara

Seperti apa keramaian di pusat perbelanjaan Tenjinbashisuji-shoutengai tersebut? Berikut kami bagikan ulasannya!


Menjadi Kompleks Pertokoan Paling Ramai di Osaka

Wisata Belanja di Kompleks Pertokoan Terpanjang Tenjinbashisuji, Osaka
Warga setempat ramai mengunjungi pusat pertokoan Tenjinbashisuji untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari, mulai dari bahan makanan, keperluan rumah tangga, hingga aneka produk sandang seperti pakaian dan sepatu. Semuanya dengan harga terjangkau di Tenjinbashisuji.

Di tempat ini, Anda bisa membeli Yukata dengan harga cukup murah. Meski harganya berbeda-beda tergantung kualitasnya, namun harga di sini masih terbilang lebih murah bila dibandingkan dengan di tempat perbelanjaan lainnya.

Selain toko makanan dan sandang, di Tenjinbashisuji juga banyak terdapat toko obat. Di sini berbagai macam jenis obat-obatan maupun alat kesehatan dijual dengan harga murah untuk bisa menarik para pembeli.

Di tempat ini juga banyak terdapat restoran dan bar dengan harga yang terjangkau. Jadi, Anda tak perlu khawatir bila tiba-tiba perut merasa lapar.

Ada juga makanan-makanan khas Jepang di Tenjinbashisuji mulai dari kushi-katsu (daging goreng), okonomiyaki, takoyaki, hingga restoran sushi.

Selain restoran dan bar, tempat ini juga banyak terdapat kedai-kedai penjual ramen. Kedai-kedai ramen di Tenjinbashisuji juga pernah dimuat dalam berbagai buku dan majalah karena menjadi salah satu keistimewaan yang ada di area ini.

Kawasan ini sungguh menjadi surga belanja bagi para warga lokal karena terdapat banyak kompleks pertokoan. Ada juga supermarket “Tamade” di jalan 4 chome yang menjual aneka barang-barang kebutuhan sehari-hari yang murah meriah.


Nikmati Kepuasan Belanja Dari Ujung ke Ujung

Wisata Belanja di Kompleks Pertokoan Terpanjang Tenjinbashisuji, Osaka
Kompleks pertokoan terpanjang di Jepang ini membentang sepanjang 2,6 kilometer dari utara hingga selatan, tepatnya mulai dari Jalan 1 chome hingga 7 chome.

Perlu Anda ketahui, “Chome” di sini merupakan satuan yang biasa digunakan di Jepang untuk menyebutkan nama jalan.

Bahkan, Tenjinbashisuji diklaim sebagai kompleks pertokoan yang terpanjang di Jepang. Anda bisa menerima sertifikat “Manpojo dari pengelola kompleks pertokoan ini apabila berhasil berjalan dari ujung sampai ke ujung lainnya di tempat ini.

Terdapat sekitar 600 toko lebih di area kompleks pertokoan ini dari ujung ke ujung. Untuk mendapatkan sertifikat “Manpojo” ini kita harus meminta kartu cap dari toserba “Nishidai-shouten” (pada hari Senin sampai Sabtu), sedangkan pada hari Minggu dan hari libur nasional, Anda dapat memintanya dari toko kue “Atelier Alcyon”.

Jadi, perjalanan bisa kita mulai dari ujung selatan di Jalan 1 chome atau ujung utara di jalan 7 chome. Terdapat atap yang melengkapi pusat pertokoan di pertengahan jalan 1 chome hingga jalan 6 chome, sehingga kita tak perlu takut bila turun hujan saat berbelanja.

Jalan dari 4 chome sampai 6 chome agak sempit, sehingga kita akan sedikit berdesakan dengan banyak orang. Di jalan 3 chome Anda bisa kembali meminta cap dari toko porselen “Tamaichi doi” sebelum melanjutkan perjalanan. Cap bisa kita minta di setiap toko yang memiliki tanda khusus.

Terdapat kuil Osaka Tenmangu di sebelah timur kompleks pertokoan Tenjinbashisuji. Anda bisa mampir ke sini untuk sekadar jalan-jalan atau berfoto.

Bila cap sudah terkumpul, kita dapat menukarkan kartu berisi cap tersebut di toko obat “Ogatenjin” yang ada di jalan 1 chome untuk menerima sertifikat “Manpojo”. Di sertifikat tersebut tertulis “Okini!” (dalam huruf Jepang) yang berarti “Terima Kasih”.

Itulah sedikit gambaran mengenai kompleks pertokoan Tenjinbashisuji. Di sini biasanya diselenggarakan festival “Tenjin-matsuri” pada setiap musim panas.

Tenjinbashisuji merupakan kompleks pertokoan yang cukup menarik untuk dikunjungi. Destinasi wisata belanja ini sangat cocok untuk Anda yang sedang berada di Osaka baik untuk sekadar belanja maupun jalan-jalan sambil menikmati hiruk pikuk masyarakat Osaka.

Sebagai informasi tambahan, kompleks pertokoan Tenjinbashisuji ini dekat dengan beberapa stasiun seperti Stasiun Tenjinbashisuji-gochome (kereta Hankyu), Stasiun Ogimachi, Stasiun Minamimorimachi, Stasiun JR Osaka Tenmangu (Tozai Line), dan Stasiun Tenma (Osaka Loop Line).

Anda bisa berjalan kaki sekitar 15 menit dari masing-masing stasiun untuk menuju kompleks pertokoan Tenjinbashisuji.

Komplek pertokoan ini juga memiliki sejumlah website resmi, seperti www.tenjin123.com yang merupakan himpunan pedagang di chome 1-2-3. Dan www.tenjinbashi.net yang merupakan himpunan pedagang Tenjinbashisuji di chome 4-5-6.

Wisata Belanja di Kompleks Pertokoan Terpanjang Tenjinbashisuji, Osaka Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: