Sabtu, 15 Juli 2017

4 Tips Aman Belanja Barang Elektronik Lewat Internet



4 Tips Aman Belanja Barang Elektronik Lewat Internet
Tak dapat dipungkiri begitu banyak manfaat yang didapatkan dari perkembangan teknologi internet yang kian pesat. Manfaat tersebut bisa kita rasakan di berbagai bidang kehidupan, mulai dari informasi, komunikasi, dan juga dalam kegiatan ekonomi.

Ada banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dari berbelanja secara online, mulai dari harganya yang relatif lebih murah, cepat dan mudah tanpa harus terjebak macet di jalan, serta panasan maupun kehujanan.

Baca juga: 7 Keuntungan yang Bisa Didapatkan Dengan Belanja di Glodok Elektronik

Kita bisa membeli barang yang diinginkan di mana saja dan kapan saja, asal perangkat kita terkoneksi internet.

Akan tetapi, di balik kemudahan dan keuntungan yang ditawarkan, belanja online juga memiliki beberapa kelemahan.

Salah satu kelemahan tersebut ialah kita tidak dapat mengecek dan mencoba barang secara fisik. Di samping itu, masih juga ada oknum yang memanfaatkan ketidakjelian orang-orang dengan melakukan tindak penipuan melalui jual-beli online.

Meski risiko penipuan tetap ada dalam jual beli online, namun tidak semuanya toko online yang ada di jagat maya adalah penipu.

Banyak juga kok yang memang kredibel dan profesional sehingga kita tidak perlu khawatir untuk membeli barang kebutuhan melalui internet.

Terdapat banyak macam barang yang bisa kita beli secara online, mulai dari makanan, pakaian, hingga elektronik. Mekanismenya hampir sama secara umum, namun untuk belanja barang elektronik kita harus lebih jeli agar belanja online yang kita lakukan tetaplah aman, nyaman, dan sesuai harapan.

Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin berbelanja barang elektronik secara online. Apa saja tipsnya, simak ulasan kami berikut ini!


1. Lakukan Survei Terlebih Dahulu

Sebelum memutuskan untuk membeli produk elektronik yang diinginkan, ada baiknya kita lakukan survei terlebih dahulu. Seperti halnya saat berbelanja offline, kita akan mencoba kunjungi beberapa toko, mencari barang yang diinginkan, membandingkan harga, kualitas dan pelayanan yang diberikan.

Begitu juga bila kita berbelanja melalui toko online yang menjual barang-barang elektronik. Cari beberapa referensi toko elektronik online melalui Google, bandingkan produk, harga maupun pelayanan customer service yang diberikan.

Jadi, jangan langsung tergiur dengan harga murah. Perhatikan bagaimana tampilan websitenya, metode pembayaran yang digunakan, serta ketentuan garansi yang ditawarkan.


2. Perhatikan Informasi dan Spesifikasi Produk Dengan Jelas

Belanja melalui internet tidak memungkinkan kita untuk melihat dan mencoba produk yang ingin dibeli secara langsung.

Oleh karena itu, toko online yang profesional biasanya akan memberikan informasi dan spesifikasi barang yang dijual dengan lengkap dan jelas. Hal ini dimaksudkan agar calon pembeli mendapat gambaran jelas mengenai barang yang dijual.

Hal-hal yang mencakup spesifikasi barang antara lain seperti Nama dan Merek Barang, Tipe/Nomor seri, Ukuran dan Berat, Warna, Fitur, Harga, dan semua hal yang terkait dengan deskripsi barang tersebut.

Perhatikan juga foto produk yang digunakan, apakah foto asli atau foto yang hanya diambil dari mesin pencari.


3. Cek Status Barang yang Dijual

Tidak semua toko online adalah usaha retail atau grosir yang memang memiliki stok barang yang terpajang di websitenya.

Ada sejumlah toko online yang hanya berstatus afiliasi atau dropshipping, di mana toko online tersebut menjalin kerjasama dengan vendor lain yang lebih besar. Oleh karena itu, coba cek dulu status barang maupun ketersediaan stok barang yang dijual di toko online tersebut.


4. Pahami Prosedur Klaim Garansi

Ketika hendak berbelanja elektronik di toko online, pastikan Anda memilih toko online yang memberikan garansi untuk setiap produknya.

Seperti kita ketahui, produk elektronik lebih rentan terhadap kerusakan dibandingkan barang-barang lainnya yang dijual secara online.

Anda harus jeli dalam membaca ketentuan garansi yang tercantum di halaman toko online. Pahami bagaimana kriteria barang yang termasuk dalam garansi, bagaimana prosedur pengembalian barangnya, apakah ongkos kirim ditanggung pembeli atau tidak, apakah barang rusak akan diganti dengan uang kembali atau diperbaiki, atau diganti dengan barang baru, dan semua hal terkait dengan ketentuan garansi pada toko online tersebut.

Apabila ada hal yang masih kurang jelas dalam ketentuan garansi, sebaiknya langsung tanyakan pada customer service toko online.


Demikian tips-tips yang perlu Anda perhatikan ketika ingin berbelanja barang elektronik secara online. Dengan mengikuti tips-tips tersebut, semoga belanja Anda bisa lebih aman dan sesuai harapan.

Baca juga: Ingin Belanja Online Dari Situs Luar Negeri? Begini Caranya

Jadi, Anda dapat berbelanja barang elektronik yang diinginkan dengan harga terbaik tanpa perlu lagi khawatir menjadi korban penipuan.

Jangan lupa membaca posting-posting menarik kami lainnya mengenai tips-tips belanja. Selamat berbelanja!

4 Tips Aman Belanja Barang Elektronik Lewat Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: