Senin, 17 Juli 2017

8 Cara Sederhana Untuk Menghemat Belanja Sayuran dan Keperluan Dapur



8 Cara Sederhana Untuk Menghemat Belanja Sayuran dan Keperluan Dapur
Membengkaknya pengeluaran untuk belanja dapur dapat membuat gaji terkuras habis sebelum waktunya. Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk mengatur pengeluaran belanja dapur sehingga ada selisih uang yang bisa kita tabung.

Berikut ini kami bagikan sejumlah tips bermanfaat untuk Anda yang ingin menghemat belanja sayuran dan keperluan dapur.


1. Belanja di Pasar Tradisional

Bagi Anda yang ingin berhemat, ada baiknya hindari belanja sayur dan keperluan dapur di supermarket. Barang kebutuhan semacam ini akan lebih hemat bila Anda membelinya di pasar tradisional.

Belanja di pasar tradisional memang tak senyaman di supermarket, becek, sumpek, panas, namun ada keseruan tersendiri saat belanja di pasar tradisional.

Baca juga: 8 Pasar Tradisional Terkenal Di Seluruh Dunia

Terutama saat tawar-menawar dengan pedagang, bagi Anda yang hobi belanja pasti akan menikmati sensasi yang berbeda saat belanja di pasar tradisional.


2. Konsumsi Makanan-makanan Sehat

Hemat tidak hanya soal porsi belanja atau kondisi keuangan Anda pada saat ini. Tapi juga bagaimana Anda menginvestasikan uang pada kesehatan diri dalam jangka panjang.

Dengan mengkonsumsi makanan sehat dalam porsi yang tepat, Anda sudah berinvestasi pada kesehatan dalam jangka panjang. Tahu sendiri kan bagaimana tingginya biaya berobat saat ini? Tubuh yang sehat merupakan salah satu manifestasi dari gaya hidup hemat.

Hindari jajanan yang kurang sehat dan dapat membuat boros keuangan, biasakan pula anak-anak makan hasil olahan Anda sendiri di rumah.

Sejumlah makanan yang perlu dihindari dalam gaya hidup sehat antara lain seperti makanan dengan kalori dan kadar gula tinggi, makanan/minuman berpengawet, serta yang mengandung banyak garam.

Menurut para ahli kesehatan, jenis-jenis makanan tersebut diyakini dapat memperbesar risiko terkena penyakit. Jangan biarkan usia dan kantong Anda habis hanya untuk berobat di rumah sakit.


3. Buat Daftar Kebutuhan Sebelum Belanja

Sebelum berangkat berbelanja, sebaiknya siapkan daftar belanjaan sayuran atau keperluan dapur yang hendak dibeli. Berbelanja tanpa terencana akan membuat Anda mudah tergoda untuk membeli berbagai barang yang tidak terlalu dibutuhkan sehingga membuat Anda lebih boros.

Bila ingin berhemat, jangan ajak anak saat berbelanja. Sebab, anak-anak selalu banyak jajan dan permintaannya tersebut kadang sulit untuk tidak dituruti.


4. Ajarkan Anak Berhemat Saat Berbelanja

Bila Anda ingin mengajak anak berbelanja, jangan selalu menuruti semua permintaannya. Anak-anak belum mengerti benar mana yang kebutuhan, dan mana yang hanya keinginan sesaat.

Ajarkan mereka cara berbelanja hemat dengan mengajaknya untuk membawa uang dari hasil ‘celengan’ sendiri saat hendak membeli sesuatu yang mereka inginkan.

Katakan kepada anak Anda bahwa ia hanya boleh membeli barang yang cukup dengan uang yang dimiliki. Metode semacam ini secara tidak langsung akan menanamkan cara mereka belanja dan menganggarkan uang yang dimiliki hanya untuk barang yang mereka butuhkan.


5. Manfaatkan Program Diskon

Jangan lewatkan kesempatan saat ada program diskon. Di supermarket biasanya seringkali diadakan program diskon untuk barang-barang kebutuhan rumah tangga maupun perlengkapan dapur.

Tidak ada salahnya menyediakan stok lebih banyak barang kebutuhan sehari-hari, terutama untuk barang-barang yang tidak cepat busuk atau tanggal kedaluarsanya masih panjang.


6. Tetapkan Budget Belanja Mingguan

Catat setiap pengeluaran saat berbelanja bahan makanan dan keperluan dapur. Jadikan catatan tersebut sebagai acuan Anda dalam menetapkan budget belanja mingguan maupun belanja bulanan.

Baca juga: Hemat Belanja Untuk Ibu Rumah Tangga Dengan Tips Berikut Ini!

Berusahalah untuk disiplin dan mengikuti budget yang telah ditetapkan. Jangan tergiur untuk membeli barang-barang di luar dari batas anggaran yang sudah ditetapkan. Kecuali bila Anda memang memiliki income lebih untuk membayar kelebihan batas dari budget Anda tersebut.


7. Bawa Bekal Saat Belanja

Membawa makanan sendiri atau bekal dari rumah sebelum berbelanja akan menghemat uang Anda. Setelah lelah belanja, biasanya haus dan lapar datang melanda. Akan ada banyak biaya yang harus dikeluarkan bila Anda membeli makanan dan minuman di luar rumah.


8. Masak Makanan Sesuai Kebutuhan

Setiap minggunya akan ada begitu banyak makanan yang terbuang bila Anda tidak mengatur porsi masak yang sesuai untuk keluarga.

Hindari membuang makanan atau lauk pauk, bila masih banyak makanan tersisa, simpan di lemari es, atau hangatkan di magic com.


Nah bagaimana dengan tips-tips sederhana dalam menghemat pengeluaran belanja makanan dan perlengkapan dapur di atas? Dengan melakukan sejumlah tips di atas akan ada banyak rupiah yang bisa Anda sisihkan dari menghemat pengeluaran belanja makanan dan perlengkapan dapur. Selamat mencoba!

8 Cara Sederhana Untuk Menghemat Belanja Sayuran dan Keperluan Dapur Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: