Jumat, 21 Juli 2017

Cara Aman Berbelanja Furniture Melalui Online



Cara Aman Berbelanja Furniture Melalui Online
Sekarang ini, aktivitas harian kita semakin dipermudah dengan kemajuan teknologi, termasuk salah satunya dalam hal berbelanja.

Bisa dibilang hanya dengan sentuhan jari melalui smartphone, barang yang diinginkan pun akan langsung dikirimkan ke rumah kita.

Begitulah, berbelanja secara online kini memang telah menjadi bagian dari gaya hidup. Semakin meningkatnya kepercayaan masyarakat akan transaksi online yang aman juga mendorong bertumbuhnya industri e-commerce belakangan ini.

Selain berbelanja fashion, furnitur juga menjadi salah satu produk yang kini mulai banyak dijual di toko-toko online.

Baca juga: Belanja Fashion Online Murah di 7 Situs Berikut Ini!

Sama halnya dengan berbelanja pakaian atau kosmetik, perhatian detail juga kita perlukan saat berbelanja furniture secara online.

Di samping karena harganya yang tidak murah, jangan sampai nantinya kita menyesal karena salah dalam memilih produk furniture yang dibeli.

Namun demikian, berbelanja furniture secara online juga dapat memudahkan kita dalam membandingkan harga dengan cermat dari satu online shop ke online shop lainnya.

Nah, agar proses belanja furniture online kita berjalan dengan aman dan menguntungkan, berikut ini kami sajikan untuk Anda sejumlah tips aman berbelanja furniture secara online.


1. Pastikan Memilih Toko Online yang Tepat

Kita dapat menemukan banyak toko online yang menjual furniture dan dekorasi rumah. Pastikan kita memilih toko online yang cukup dikenal dan memiliki kredibilitas yang bagus.

Cara paling mudah untuk mengecek kredibilitas toko adalah dengan membaca ulasan atau komentar dari para pembeli yang pernah berbelanja di situs tersebut.

Bisa juga dengan melacaknya di sosial media, artikel blog, maupun website forum untuk berinteraksi dan berkonsultasi dengan member forum lainnya.

Dengan demikian Anda dapat mempertimbangkan apakah toko online tersebut terpercaya atau tidak. Bila Anda sudah menemukan beberapa toko online furniture yang terpercaya, selanjutnya bandingkanlah toko online tersebut satu per satu.

Bandingkan mulai dari variasi produk yang dijual, harga, promosi, serta kualitas layanan pelanggannya. Customer service (layanan pelanggan) yang cepat dan tanggap tentu menjadi nilai tambah yang penting bagi kredibilitas toko online.


2. Cermati Detail Produk

Berbelanja melalui online, mengharuskan Anda sudah memiliki bayangan visual yang baik terhadap suatu produk yang ingin dibeli. Sebab, dengan berbelanja online maka kita sebagai pembeli tidak dapat melihat dan memegang secara fisik benda yang akan dibeli.

Oleh karena itu, Anda harus mencermati detail produk yang ditampilkan pada halaman website. Mulai dari dimensi atau ukuran furniture, apakah sesuai dengan ukuran ruangan atau tidak. Pahami ukurannya mulai dari panjang, lebar, maupun tingginya.

Warna dan desain produk juga penting untuk diperhatikan dengan cermat, jangan sampai nantinya malah tidak sesuai dengan desain interior yang telah dikonsepkan sebelumnya.

Sesuaikan harga dengan material barang yang digunakan. Sebaiknya kita memilih bahan yang berkualitas dan tahan lama, meskipun harganya sedikit lebih mahal.

Cermati pula berat benda, dan berapa ongkos kirim per kilogramnya. Nantinya ini akan mempengaruhi total harga dan biaya yang akan kita keluarkan untuk membeli furniture tersebut.


3. Tanyakan Soal Sistem Pengiriman

Apabila kita sudah menemukan produk yang ingin dibeli, tanyakan pula bagaimana sistem pengiriman yang dilakukan oleh toko online. Ketahui bagaimana cara toko mengemas barang, dan juga apakah barang tersebut langsung dikirim hari itu atau bersifat pre order.

Kita tentu tidak ingin terjadi cacat/rusak yang terjadi akibat proses pengiriman. Pastikan toko mengemas barang dengan safety.

Tanyakan pula apakah mereka menawarkan jasa pemasangan furniture tersebut atau tidak. Bila tidak, maka pastikan kita memiliki petunjuk pemasangan yang mudah untuk dipraktikkan sendiri dalam paket barang yang dikirim.

Biasanya, barang furniture memiliki ukuran atau dimensi yang besar sehingga biaya pengiriman yang mesti kita keluarkan jadi membengkak. Terutama bila kita tinggal di luar kota.

Oleh karena itu, sebelum kita memutuskan untuk membelinya, lakukan komparasi terlebih dahulu antara harga barang dengan harga pengiriman yang akan kita keluarkan. Namun, ada juga sejumlah toko online yang menawarkan promo ongkos pengiriman secara gratis, manfaatkan dengan baik promo tersebut!


4. Ketahui Kebijakan Garansi Pembelian

Serupa dengan membeli produk furniture secara offline, kita juga harus menanyakan perihal kebijakan garansi pembelian.

Sebab terjadinya kerusakan yang menyebabkan cacat produk dalam proses pengiriman sangat dimungkinkan.

Tanyakanlah kepada toko online berapa lama garansi pembelian yang disediakan, dan bagaimana mekanisme klaim garansi tersebut.

Kemudian, tanyakan pula apakah mereka menerima retur atau pengembalian produk apabila ternyata furniture yang dikirim tidak sesuai dengan pesanan atau bayangan Anda.

Hal-hal seperti ini sangat penting untuk ditanyakan agar belanja furniture secara online yang kita lakukan dapat berjalan dengan lancar dan tidak mengecewakan.

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Toko Online Palsu Agar Anda Terhindar Dari Penipuan


Demikian informasi tips-tips yang dapat kita terapkan saat ingin berbelanja furniture secara online. Seperti halnya berbelanja offline, kita sebagai pembeli juga harus jeli dan cermat dalam pembelian furniture secara online.

Cara Aman Berbelanja Furniture Melalui Online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: