Senin, 03 Juli 2017

Cara Jitu Mencari Supplier Dengan Harga Termurah Melalui Internet



Bagi Anda yang sedang mencari penjual (supplier) dengan produk yang harganya paling murah, baik Anda sebagai pembeli maupun reseller, diperlukan informasi mengenai cara jitu untuk melakukannya.

Terutama bila Anda merupakan pemilik toko online yang sedang mencari supplier untuk melengkapi stok produk yang Anda jual, khususnya produk-produk yang dijual di Indonesia.

Berikut ini kami akan bagikan informasi mengenai cara jitu untuk mendapatkan supplier dengan harga produk termurah agar nantinya potensi keuntungan yang bisa Anda peroleh menjadi lebih besar.

Terdapat tiga metode yang biasa digunakan dalam mencari supplier produk dengan harga termurah. Namun, harga murah bukanlah segalanya. Pertimbangkan pula bagaimana kualitas barang dan pelayanan yang diberikan oleh supplier tersebut.

Baca juga: 3 Cara Mudah Menemukan Supplier Untuk Usaha Warung Sembako


1. Mencari Supplier Termurah Melalui Situs Marketplace

Cara Jitu Mencari Supplier Dengan Harga Termurah Melalui Internet
Di Indonesia terdapat dua raja marketplace yang cukup populer yaitu Tokopedia dan Bukalapak. Banyak orang yang mungkin sudah tahu kalau dua situs tersebut merupakan tempat mencari harga termurah secara online yang sering menjadi rujukan.

Sebab, di dua situs tersebut terdapat banyak penjual dari berbagai level penjualan mulai dari tangan pertama, supplier, distributor, hingga perusahaan importir di Indonesia.

Banyak yang bilang kalau harga termurah biasanya lebih sering ditemukan di Tokopedia, karena banyak dari para penjual di marketplace ini yang memang menjual barang untuk para dropshipper ataupun reseller sehingga mereka bersaing untuk memberikan harga terbaik bagi para pelanggannya.

Akan tetapi tidak hanya sekadar murah saja, kita juga perlu memperhatikan apakah informasi atau keterangan produk yang diberikan oleh seller lengkap, dan akurat.

Biasanya, banyak penjual yang memberikan harga murah namun spesifikasi maupun keterangan produknya tidak lengkap dan tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, reputasi penjual atau toko juga penting untuk diperhatikan. Supplier yang patut menjadi rujukan ialah mereka yang memiliki reputasi bagus baik dari segi pelayanan maupun kualitas barang yang didapatkan.

Baca juga mengenai ketentua garansi dan retur produk yang diberikan toko apabila terjadi cacat produksi maupun rusak akibat pengiriman.

Agar lebih nyaman dalam berbelanja, pastikan kita juga membaca tentang peraturan dan ketentuan yang diterapkan oleh masing-masing toko/lapak.

Sebaiknya hindari toko-toko yang hanya mengandalkan harga murah saja dalam bersaing, perhatikan pula bagaimana reputasinya, keterangan produk yang diberikan lengkap atau tidak, bagaimana testimonial dari para pembeli, dan juga informasi tambahan yang diberikan seperti ketentuan garansi, retur barang, serta alamat lokasi toko.

Jadi ketika Anda ingin mencari supplier produk dengan harga termurah, cara pertama dan yang paling mudah adalah dengan mengunjungi dua marketplace di atas, yaitu Tokopedia dan Bukalapak.

Selain tersedia banyak penjual dari berbagai level distribusi, sekaligus kita juga dapat membandingkan harganya langsung di website tersebut.


2. Mencari Supplier Termurah Melalui Website Distributor Resmi

Dalam level distribusi biasanya terdapat 4 tingkatan, antara lain:
- Produsen
- Master Distributor atau Importir
- Distributor atau Agen
- Reseller dan Dropshipper

Bila ingin mendapatkan harga termurah untuk produk-produk lokal, sebaiknya kita mencari hingga ke level paling atas, yaitu produsen. Sedangkan untuk produk-produk import, sebaiknya kita mencari supplier dari Master Distributor atau Importirnya.

Master Distributor merupakan supplier yang nantinya juga akan menjual produknya kepada toko-toko distributor atau agen, hingga ke level reseller di sekitar kita.

Akan tetapi, biasanya produsen, master distributor, dan importir biasanya hanya mau mensuplai barang untuk penjual yang membeli dalam jumlah banyak. Jadi, ada minimum quantity dalam setiap produk yang dibeli.

Dengan demikian, Anda harus belanja dalam jumlah banyak dan bersedia menyetok barang tersebut sehingga dibutuhkan modal yang besar untuk pembeliannya.

Untuk mencari supplier dengan harga termurah melalui website distributor resmi, kita cukup mencarinya di Google dan ketikkan saja kata kunci dari produk atau mereknya.

Atau bila Anda sudah tahu alamat situsnya, bisa langsung mengunjungi langsung dengan mengetikkannya di kolom ‘URL Browser’.

Jika Anda sudah masuk ke website resmi dari produk tersebut, carilah halaman “Daftar Distributor”, biasanya ada di halaman “Store”, “Agent”, “Retailer”, atau “Reseller”.

Setelah melihat daftar distributornya, carilah yang lokasinya paling dekat dengan domisili Anda. Catat nomor kontak dan emailnya, lalu hubungi dan tawarkan diri untuk menjadi penjual dari produknya.

Tidak semua master distributor atau importir memiliki toko online baik di marketplace, website perusahaan, maupun kontak di sosial media. Oleh karena itu, ada beberapa supplier yang kita harus datangi tokonya secara langsung agar bisa memperoleh barang dengan harga termurah.


3. Mencari Supplier Dengan Harga Termurah Melalui Situs Pembanding Harga

Cara ini kami letakkan di urutan terakhir karena memang sedikit kurang akurat bila dibandingkan dengan ke dua cara yang kami bagikan sebelumnya.

Sejumlah situs pembanding harga online yang bisa Anda gunakan di antaranya:
- Pricebook.co.id
- id.Priceprice.com
- Priceza.co.id
- PriceArea.com
- Telunjuk.com

Biasanya, harga-harga yang ditampilkan oleh situs pembanding harga di atas hanyalah produk-produk dengan brand resmi dari e-commerce yang resmi pula seperti Lazada, Elevania, dan Blibli.

Sehingga Anda tidak akan menemukan produk-produk dari merchant yang membuat toko online-nya sendiri seperti merchant yang menggunakan website, sosial media, maupun marketplace sebagai toko online.

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Toko Online Palsu Agar Anda Terhindar Dari Penipuan

Kemungkinan merchant-merchant tersebut tidak akan tampil dalam daftar harga yang disajikan oleh situs pembanding harga di atas.

Oleh karena itu, sebaiknya gunakanlah situs pembanding harga sebagai pilihan terakhir apabila Anda tidak menemukan harga termurah untuk produk yang diinginkan pada situs marketplace, maupun website resmi distributor.


Nah, demikian tips-tips belanja dari kami dalam menemukan supplier termurah untuk barang yang Anda inginkan. Memang sebagian besar penjual dengan harga termurah biasanya menetapkan jumlah minimum barang di setiap pembeliannya.

Dengan kata lain mengharuskan kita membeli dalam jumlah grosir sehingga dibutuhkan modal yang cukup besar apabila Anda ingin mendapatkan supplier barang yang memberikan harga termurah melalui internet. Selamat mencoba!

Cara Jitu Mencari Supplier Dengan Harga Termurah Melalui Internet Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: