Sabtu, 22 Juli 2017

Pasar Glodok – Tempatnya Belanja Elektronik Murah



Pasar Glodok – Tempatnya Belanja Elektronik Murah
Jakarta merupakan salah satu destinasi wisata belanja yang cukup populer hingga ke mancanegara. Di Ibu Kota Republik Indonesia yang kita banggakan ini terdapat tempat-tempat belanja yang lengkap.

Mulai dari belanja produk fashion di Pasar Tanah Abang, hingga Pasar Mester Jatinegara yang terkenal sebagai tempatnya penjualan souvenir pernikahan.

Di antara banyak kawasan atau tempat-tempat perbelanjaan di kota Jakarta, ada satu lagi pasar yang patut dikunjungi saat Anda berwisata belanja ke Jakarta, yaitu Pasar Glodok.

Baca juga: 10 Tempat Belanja Murah di Jakarta Untuk Kebutuhan Lebaran 

Pasar Glodok merupakan sentra penjualan aneka produk elektronik yang terkenal dengan barang-barangnya yang murah. Di sini Anda dapat berbelanja berbagai jenis produk elektronik buatan lokal maupun import dengan harga yang lebih murah dibandingkan tempat lainnya.

Konon, Pasar Glodok sudah ada sejak zaman kolonial Belanda dan menjadi salah satu bukti sejarah proses terbentuknya Kota Batavia.

Sudah sejak lama, Pasar Glodok dikenal sebagai tempatnya belanja barang-barang elektronik dengan harga murah. Bahkan, pengunjung yang datang ke pusat perbelanjaan ini tidak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya saja, tapi juga dari berbagai daerah di luar Jakarta.

Di Pasar Glodok tersedia barang elektronik yang sangat lengkap. Apapun kebutuhan barang elektronik Anda, bisa ditemukan di kawasan perbelanjaan ini.

Namun, Anda juga harus teliti dan pandai memilih barang saat berbelanja di sini. Sebab, ada banyak barang elektronik mulai dari merek lokal hingga merek import dengan kualitas dan harga yang bervariasi.

Keterampilan dalam menawar harga barang juga sangat diperlukan bila ingin belanja Anda lebih hemat di Pasar Glodok.

Beberapa barang elektronik yang bisa Anda beli di Pasar Glodok di antaranya mulai dari handphone, gadget, komputer, hingga elektronik rumah tangga seperti lemari es, televisi, DVD Player, AC, dan sebagainya.

Baca juga: 4 Tips Aman Belanja Barang Elektronik Lewat Internet


Sejarah Singkat Pasar Glodok

Pada masa pemerintahan kolonial Belanda, daerah Glodok terkenal sebagai salah satu daerah pecinan, yaitu daerah yang mayoritas penduduknya adalah keturunan Tionghoa.

Maka, jangan heran saat Anda berbelanja di sini mayoritas pedagangnya adalah warga keturunan Tionghoa. Di zaman penjajahan Belanda, pemerintah kolonial sengaja memisahkan pemukiman antara penduduk pribumi, dan penduduk asing di Indonesia.

Pemerintahan kolonial Belanda membagi kasta menjadi 3 lapisan, yaitu Pribumi, Timur Asing (seperti Arab, dan Cina), dan Eropa.

Kentalnya budaya Tionghoa di kawasan Pasar Glodok masih tampak hingga sekarang. Bisa Anda lihat dari segi arsitektur dan ciri khas bangunan di Pasar Glodok. Nuansa Tionghoa sangat kental saat kita berbelanja di Pasar Glodok.

Dulunya, Pasar Glodok merupakan kawasan perdagangan rempah-rempah, kuliner, dan obat-obatan tradisional Cina.

Barulah sejak tahun 1980-an, pasar ini mulai ramai dengan penjualan barang-barang elektronik. Dan semenjak itu pula, Pasar Glodok kemudian terkenal sebagai pusat penjualan barang-barang elektronik yang lengkap dengan harganya yang serba murah.


Mengapa Produk Elektronik di Pasar Glodok Bisa Serba Murah?

Mayoritas produk elektronik yang dijual di Pasar Glodok merupakan barang import dari Negara-negara Asia, seperti Jepang, China, dan Singapura. Sebagian lainnya ada juga yang diimport dari Negara-negara Eropa dan Amerika.

Itulah mengapa sebagian besar barang-barang yang dijual harganya lebih murah dibandingkan dengan tempat perbelanjaan lainnya yang ada di Jakarta. Terutama untuk produk-produk dari China yang memang terkenal dengan harganya yang murah dan variasi modelnya yang lebih beragam.

Selain itu, produk-produk dari China juga lebih mudah untuk diperbaiki karena suku cadangnya mudah ditemukan dan harganya lebih murah dibandingkan produk-produk import dari Negara lain.

Pasar Glodok menawarkan banyak produk elektronik dengan model dan harga yang sangat variatif. Meski demikian, selama ini banyak pengunjung yang cukup puas dengan barang-barang yang mereka beli di kawasan ini.

Itulah mengapa, setiap harinya Pasar Glodok selalu ramai pengunjung yang datang untuk berbelanja produk-produk elektronik di tempat ini. Pelanggan yang datang tidak hanya berasal dari Jakarta dan sekitarnya, tapi juga dari luar Jakarta bahkan luar Pulau Jawa.

Pelanggan yang datang pun tidak hanya mereka yang membeli untuk keperluan pribadi, tapi banyak pula yang berbelanja secara grosir untuk keperluan dijual kembali.

Jika Anda hendak berwisata belanja ke Jakarta, maka Pasar Glodok merupakan salah satu kawasan perbelanjaan yang wajib untuk dikunjungi. Tempatnya mudah dijangkau karena cukup strategis, yaitu berlokasi di Kelurahan Glodok, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

Bila Anda ingin menuju ke Pasar Glodok, ada berbagai jenis angkutan umum yang bisa digunakan. Bisa naik Angkutan Kota (Angkot), Taksi, Kereta Api, Metromini, Bajaj, atau Bus Trans Jakarta.

Jadi, Anda tidak perlu bingung untuk sampai ke tempat ini. Semua orang di Jakarta pasti tahu di mana letak Pasar Glodok yang terkenal ini.

Bagaimana, sudah siap untuk berburu barang elektronik ke Pasar Glodok? Hati-hati dalam perjalanan, dan selalu waspada terhadap barang bawaan Anda. Selamat berbelanja!

Pasar Glodok – Tempatnya Belanja Elektronik Murah Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: