Sabtu, 22 Juli 2017

Tips Berbelanja Dengan Aman di Forum Jual Beli Kaskus



Tips Berbelanja Dengan Aman di Forum Jual Beli Kaskus
Kaskus merupakan website forum terbesar di Indonesia dengan member terdaftar yang mencapai jutaan orang. Forum ini tidak hanya memberi kesempatan kepada para member untuk berbagi informasi, berkomentar, atau sekadar membaca hal-hal menarik yang tersedia di dalamnya.

Member Kaskus juga diberi kesempatan untuk melakukan jual beli baik barang maupun jasa dengan sesama member Kaskus lainnya.

Namun, bila Anda ingin berbelanja online melalui forum jual beli yang ada di Kaskus, ada baiknya memperhatikan sejumlah tips yang akan kami bagikan berikut ini!


1. Pastikan Penjual Tidak Termasuk Dalam Blacklist

Hal pertama yang bisa kita lakukan sebelum berbelanja di Forum Jual Beli Kaskus adalah dengan mengecek apakah seller termasuk dalam blacklist atau tidak.

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Toko Online Palsu Agar Anda Terhindar Dari Penipuan

Penjual yang ada di Kaskus terdiri dari beragam orang dengan kredibilitas yang berbeda-beda. Cobalah untuk mengecek setiap postingan yang pernah dilakukan penjual dengan klik “View Public Profile” penjual.

Lihat pada bagian statistics, lalu tekan Find All Threads pada id user yang hendak Anda cari thread apa saja yang pernah dibuatnya.

Bila Anda menemukan salah satu thread si Seller ada yang bermasalah, ada baiknya dipertimbangkan kembali dengan lebih matang sebelum bertransaksi dengannya.


2. Baca Semua Testimonial Penjual

Para pelanggan yang pernah bertransaksi atau membeli dari si penjual biasanya akan memberikan testimonial di thread atau lapak si penjual. Coba cek keaslian testimonial penjual yang ditampilkan di lapak jualannya.

Penjual yang memiliki banyak testimonial asli dari para pelanggan yang merasa puas telah berbelanja di lapak seller, maka bisa dikatakan cukup baik.


3. Lihat Reputasi Penjual

Reputasi para member kaskus biasanya dikenal dengan istilah “cendol”. Meskipun seller yang memiliki reputasi bagus atau berwarna hijau tidak menjamin ia sebagai penjual terpercaya, namun masih lebih baik dibandingkan member yang tidak memiliki reputasi pada id kaskusnya.

Apalagi bila penjual tersebut memiliki reputasi berwarna merah (istilahnya “bata”) pada id-nya, tentu Anda harus lebih waspada saat ingin bertransaksi dengannya. Bahkan, ada baiknya bila Anda urungkan untuk berbelanja di lapak member tersebut.


4. Bertanya Dengan Kaskuser Lainnya

Di sub forum Pos Ronda FJB, para kaskuser (member kaskus) dapat berinteraksi, bertanya, dan berkonsultasi mengenai pendapat kaskuser lain yang pernah membeli barang dari salah satu kaskuser lainnya.

Selain itu, kaskuser juga dapat berbagi pengalaman, serta mengetahui tips-tips belanja yang aman dan nyaman di FJB Kaskus.


5. Lihat Postingan Akhir pada Thread

Di akhir postingan, biasanya kita akan melihat kaskuser mana yang memberikan komentar terakhir di thread penjual.

Akan lebih meyakinkan bila Anda juga membaca setiap postingan atau komentar di lapak si penjual sehingga bila terjadi hal-hal yang tidak beres, atau terindikasi kasus penipuan, maka Anda bisa urungkan niat untuk berbelanja di lapak seller.


6. Rekber Menjadi Pilihan Terbaik

Bila ingin berbelanja online dengan aman dan nyaman di Kaskus, ada baiknya Anda menggunakan jasa Rekber (Rekening Bersama). Rekber merupakan pihak ketiga yang menjadi mediasi transaksi antara penjual dan pembeli.

Bila barang sudah kita terima dengan baik, maka pihak Rekber akan mencairkan dana transaksi kita kepada penjual. Namun, bila penjual tidak mengirimkan barangnya atau terjadi kesalahan dalam pengiriman maka kita dapat mengkonfirmasi kepada pihak Rekber untuk menahan dana transaksi kita sampai ada penyelesaian yang baik dari pihak penjual.

Bila tidak ada penyelesaian yang baik dari penjual, maka kita akan menerima kembali uang yang kita transfer, dan terhindar dari kerugian akibat penipuan yang dilakukan oleh oknum kaskuser penipu.

Baca juga: Definisi Rekber (Rekening Bersama) atau Escrow


Itulah sedikit tips-tips dari kami bila Anda ingin tetap aman dan nyaman saat berbelanja di Forum Jual Beli Kaskus. Kaskus sendiri sekarang sudah memiliki fasilitas Rekber yang bisa digunakan oleh para kaskuser bila ingin berbelanja dengan aman. Selamat berbelanja!

Tips Berbelanja Dengan Aman di Forum Jual Beli Kaskus Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: