Minggu, 02 Juli 2017

Tips Nyaman Berbelanja di Pasar Barang Bekas



Tips Nyaman Berbelanja di Pasar Barang Bekas
Ada keseruan tersendiri saat kita belanja di pasar barang bekas. Bagi Anda yang biasa belanja di mall tentu akan merasakan nuansa belanja yang berbeda dan menantang ketika hendak menyambangi pasar barang bekas.

Belanja di pasar barang bekas tidak seperti berbelanja di mall atau pasar tradisional biasa. Ada tips dan trik penting yang perlu diperhatikan supaya kita bisa mendapatkan barang bagus dengan harga yang sangat ‘miring’.

Baca juga: Berburu Baju Bekas Murah di Pasar Senen – Jakarta

Nah, bila ingin coba berbelanja di pasar barang bekas, berikut ini kami bagikan tips-tipsnya kepada Anda!


1. Kenakan Pakaian Santai

Saat akan berbelanja ke pasar barang bekas, kenyamanan diri merupakan hal penting yang harus diperhatikan. Di pasar barang bekas Anda akan berkeliling dari satu toko ke toko lainnya dengan berjalan kaki.

Baca juga: 4 Tempat Belanja Pakaian Sisa Ekspor Dengan Harga Murah di Jakarta

Kenakanlah pakaian santai yang nyaman dan mudah menyerap keringat. Selain itu, jangan memakai pakaian yang terlalu terbuka atau terlalu ketat dan juga hindari menggunakan aksesoris atau perhiasan yang berlebihan agar tidak mengundang banyak perhatian. Terutama mengundang perhatian pelaku kejahatan.

Misalnya, kenakanlah baju kaos berbahan katun dan celana legging, jadi bila hendak beli celana masih bisa dicoba langsung. Pokoknya, kenakan pakaian yang nyaman dan alas kaki flat seperti sandal jepit atau sepatu kets.


2. Datanglah di Pagi atau Sore Hari

Di Jakarta misalnya, terdapat pasar barang bekas yang cukup terkenal seperti Pasar Senen dan Pasar Baroe. Biasanya mulai buka sejak jam 9 pagi dan tutup jam 6 sore.

Bila Anda ingin puas berbelanja, maka datanglah di pagi hari karena suasananya belum terlalu ramai dan panas. Sedangkan bila ingin mendapatkan barang dengan harga lebih murah, maka datanglah di sore hari karena biasanya menjelang tutup lapak, para pedagang akan mengobral barang-barang dagangannya.


3. Eksplor Lebih Dalam

Di pasar barang bekas, Anda takkan pernah tahu ‘harta karun’ apa yang bisa ditemukan dalam tumpukan. Jangan sungkan untuk mengeksplor lebih dalam karena seringkali kita bisa menemukan pakaian bagus ataupun branded dalam tiap tumpukan.


4. Cek Barang Dengan Teliti

Walaupun barang bekas dengan harga yang sangat murah, tetapi jangan sampai kita mengabaikan kualitasnya. Meski bekas, pastikan baju yang Anda pilih tidak cacat dan masih layak pakai karena tak sedikit baju yang warnanya sudah pudar, bolong, atau kotor.

Namun banyak juga kok baju-baju yang bekas kualitasnya masih bagus. Bila baju yang Anda inginkan sedikit kotor atau agak rusak, mintalah penjual untuk mengurangi harganya.


5. Tawarlah Sebelum Membayar

Bila barang vintage yang diinginkan sudah Anda dapatkan, cobalah menawar harga sebelum membayar. Biasanya, penjual juga akan melihat penampilan Anda sebelum memasang harga awal.

Oleh karena itu, tak perlu mengenakan baju yang mahal atau berpenampilan mewah saat berbelanja di pasar barang bekas.


6. Sediakan Uang Kecil

Saat berbelanja di pasar barang bekas, pastikan Anda membawa uang kecil sebelum berangkat. Tukarlah uang nominal besar dengan uang receh agar lebih mudah saat membayar.

Jangan sampai nantinya Anda membayar dengan uang 100 ribuan padahal menawar barang seharga 15 ribu.


7. Bersikap Ramah Terhadap Penjual

Saat berbelanja di pasar barang bekas, sebaiknya kita bersikap ramah terhadap penjual. Dengan demikian penjual juga akan bersikap baik pada kita atau bahkan menganggap kita sebagai langganan dan memberikan harga lebih murah.

Bahkan, para pedagang juga tidak segan mengingatkan kita untuk menjaga tas dan barang bawaan dari para pencopet yang mungkin sedang berkeliaran dan menunggu kita lengah saat berburu barang vintage.


8. Bawa Tas Besar

Sebaiknya Anda membawa tas sendiri yang agak besar dari rumah saat akan berbelanja di pasar barang bekas. Sebab, biasanya pedagang akan memasukkan barang belanjaan kita pada kantong plastik kecil. Satu barang satu plastik, tentu akan merepotkan Anda saat membawa belanjaan tersebut.

Dengan membawa tas besar sendiri akan lebih memudahkan Anda dalam membawa barang belanjaan, selain itu juga mengurangi limbah plastik dan turut menjaga lingkungan.


Demikian tips-tips belanja di pasar barang bekas dari kami, semoga membuat belanja Anda semakin seru dan nyaman. Selamat berbelanja!

Tips Nyaman Berbelanja di Pasar Barang Bekas Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Aditya Juniarto Pradipta

0 komentar: