Sabtu, 02 September 2017

4 Alasan Peluang Bisnis Dropship Akan Segera Mati di Indonesia



4 Alasan Peluang Bisnis Dropship Akan Segera Mati diIndonesia – Keberadaan internet memberikan pengaruh penting di dunia bisnis, utamanya di sektor bisnis digital. Saat ini tak sedikit pebisnis yang sudah memanfaatkan internet sebagai ladang untuk menumbuh kembangkan bisnis yang mereka miliki. Hal tersebut bisa dilihat dari semakin banyaknya marketplace lokal maupun luar negeri yang saling bersaing satu sama lain.

Tapi tahukah anda bahwa hadirnya banyak marketplace di Indonesia seperti Tokopedia dan Bukalapak memberikan pengaruh buruk terhadap para pelaku bisnis online lain seperti para reseller ataupun dropshipper? Ya, jika kita amati saat ini tumbuh kembang marketplace-marketplace yang ada di tanah air sangatlah pesat. Tentunya hal tersebut berimbas kepada para reseller ataupun dropshipper yang selama ini menjadi pihak ketiga.

Dengan adanya marketplace sebagai pihak ketiga, tentu para reseller ataupun dropshipper kini sudah tidak diperlukan lagi. Nah, berikut akan kami berikan informasi berupa argumen yang memperkuat alasan mengapa peluang bisnis reseller ataupun dropshipper akan segera mati di Indonesia. Jika anda penasaran, silahkan simak baik-baik. Siapa tahu bisa bermanfaat terutama bagi reseller ataupun dropshipper tanah air.


1. Marketplace Adalah Tempat Terbaik Untuk Membandingkan Harga

Sebagian besar konsumen Indonesia sangat suka membanding-bandingkan harga. Selisih harga yang sangat kecil akan berpengaruh terhadap keputusan konsumen untuk membeli atau tidak membeli sebuah barang. Dan marketplace adalah salah satu tempat terbaik bagi konsumen untuk membandingkan harga sebuah barang dari penjual satu dengan yang lainnya. Sudah menjadi rahasia umum bahwa barang reseller pasti punya selisih harga yang lebih tinggi dibanding produsen. 

Dengan kemudahan membandingkan harga tersebut, tentu konsumen cenderung akan lebih memilih barang yang lebih murah karena punya kualitas yang sama. Ditambah lagi perilaku konsumen yang semakin cerdas sehingga bisa menemukan barang berkualitas dengan harga paling murah melalui marketplace. Itulah alasan pertama mengapa peluang bisnis para reseller ataupun dropshipper akan segera mati di Indonesia.

2. Semakin Mudahnya Berjualan di Marketplace 

Alasan kedua mengapa peluang bisnis reseller ataupun dropshipper segera mati di Indonesia adalah karena kemudahan menggunakan marketplace. Untuk bisa menggunakan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak, pebisnis tak perlu berbelit-belit untuk urusan administrasi seperti halnya mendirikan sebuah toko fisik. Dengan hanya memiliki akun marketplace saja yang dapat dibuat secara gratis, pebisnis bisa langsung berjualan di sana.

Hal tersebut tentu akan berimbas pada reseller ataupun dropshipper. Produsen ataupun grosir besar lebih memilih menjual produknya secara langsung ke marketplace ketimbang memberikannya kepada para reseller ataupun dropshipper. Tentu konsumen akan lebih memilih membeli barang dari produsen ketimbang dari reseller atau dropshipper karena sudah jelas harganya pasti akan lebih terjangkau. 


3. Sudah Jelas Harga Barang di Marketplace Jauh Lebih Murah

Seperti yang telah kami sampaikan tadi bahwa saat ini produsen ataupun grosir besar bisa memanfaatkan marketplace untuk memasarkan produknya secara langsung, sehingga tidak diperlukan lagi pihak ketiga seperti para reseller ataupun dropshipper. Marketplace bisa berperan sebagai pihak ketiga tanpa perlu tambahan cost. Namun jika para reseller ataupun dropshipper memaksa tetap berjualan di marketplace, tentu akan kalah saing dalam hal harga. 

4. Tidak Punya Peluang dan Tidak Bisa Bersaing di Marketplace

Karena para reseller ataupun dropshipper tidak memiliki produk sendiri untuk dijual, tentu mereka akan sulit bersaing di marketplace. Justru para produsen yang berjualan langsung lah yang akan sangat terbantu dengan adanya marketplace. Mereka bisa menjual langsung produk yang dimiliki langsung kepada para konsumen, sehingga para reseller ataupun dropshipper tidak bisa lagi mendapatkan pasar dan akhirnya akan punah. 

Jika saat ini anda masih menjadi reseller ataupun dropshipper, segeralah menyusun strategi baru agar tidak tegerus dengan perkembangan teknologi seperti marketplace yang semakin mendominasi. Alternatif terbaik untuk mengantisipasi permasalahan tersebut adalah dengan membuat produk anda sendiri. Semoga sedikit informasi mengenai Alasan Peluang Bisnis DropshipAkan Segera Mati di Indonesia ini dapat memberikan tambahan wawasan bagi para pembaca semuanya.

4 Alasan Peluang Bisnis Dropship Akan Segera Mati di Indonesia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irfan Permana

0 komentar: