Rabu, 13 September 2017

Bepergian Jauh dengan Kereta Api? Ini Dia Tips Agar Perjalanan Tetap Nyaman!



Kereta api Brantas (KA Brantas) menjadi salah satu jenis kereta api yang paling dinikmati traveler, maupun mereka yang bekerja di luar Jawa Timur. Ini merupakan satu layanan angkutan massal berbasis rel, yang dihadirkan oleh PT KAI dengan tujuan khusus: menghubungkan Jakarta dengan Blitar. Menawarkan jenis layanan perjalanan sekelas Ekonomi AC, harga tiket yang bisa Anda dapatkan pun terbilang amat terjangkau, yakni Rp84 ribu per kursi.

Adapun berdasarkan perspektif sejarah, nama KA Brantas, berasal dari nama sungai besar di Jawa Timur. Bahkan, Sungai Brantas juga disebut-sebut menjadi sungai terbesar ke-2 di Pulau Jawa; satu tingkat di bawah Bengawan Solo. Mulanya, kereta ini hanya melayani perjalanan dua arah, dengan rute Stasiun Kediri hingga Stasiun Pasar Senen. Namun, di tahun 2014, daerah operasi KA Brantas di Jakarta, mulai diperluas hingga Stasiun Tanjung Priok--dan akhrinya diperbarui (Maret 2017) dengan layanan angkutan kereta api mencapai Kota Blitar. Tujuannya tak lain: mengakomodasi meningkatnya jumlah penumpang.

Bagi seorang pelancong, kereta api lantas merupakan satu dari sekian banyak transportasi darat, yang paling diminati. Terutama, untuk mencapai destinasi wisata yang jauh. Beberapa alasannya, yakni terkait bujet yang “ramah” kantong, serta jarak dan waktu tempuh yang relatif singkat. Ini belum termasuk, pembaruan yang kerap kali dilakukan oleh Kereta Api Indonesia untuk mempercantik layanannya.

Nah, jika Anda seorang pelancong yang gemar berpelesir dengan kereta api, berikut adalah enam tips agar perjalanan Anda menyenangkan, sekalipun menggunakan kereta ekonomi.

1. Sesuaikan Kebutuhan Jadwal Keberangkatan
Contoh Jadwal Keberangkatan
Ada beragam tipe traveler. Namun, jika Anda merupakan orang yang menyukai panorama hamparan sawah dan pantai di sepanjang perjalanan, tidak ada salahnya memesan tiket kereta api dengan jadwal keberangkatan dini hari. Toh, sudah jadi pengetahuan umum--panorama hamparan sawah, tebing, bukit, gunung, pantai, dan ragam aktivitas manusia di siang hari, tidak pernah akan membuat perjalanan jadi membosankan.  
2. Perhatikan Barang Bawaan
Barang Bawaan
Perjalanan jauh akan terasa lebih merepotkan jika Anda membawa banyak barang bawaan. Oleh karena itu, bawalah barang bawaan seperlunya saja. Kendati demikian, tetap pastikan Anda membawa obat-obatan, ya. Tujuannya, tentu untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan selama perjalanan. Selain itu, jangan lupa membawa semua tanda pengenal--seperti kartu identitas, yang kerap kali diperlukan saat check in.
3. Pesan Tiket Lebih Awal
Tiket Kereta Api
Eits, bukan cuma Anda yang tergiur dengan fasilitas dan harga murah KA Brantas! Pun itu sebabnya, Anda wajib waspada “tiket habis”. Satu solusinya, yakni dengan merencanakan perjalanan dan memesan tiket  perjalanan jauh hari.
Menariknya, kini Anda enggak perlu repot-repot datang langsung ke stasiun untuk membeli tiket. Cukup memesan tiket kereta api secara online. Maklum, ada banyak biro yang menyediakan tiket kereta api, bahkan booking hotel secara online. Satu contohnya tiket KA Brantas yang bisa dibeli di Traveloka..
4. Charger, Buku Bacaan, dan Gim Bisa Mengusir Rasa Bosan
Buku Bacaan
Meski tergolong cepat, perjalanan dengan kereta api tentu membutuhkan waktu yang sangat panjang. Tidak jarang, untuk menjangkau satu tempat tertentu--Anda membutuhkan waktu belasan jam! Nah, agar enggak bosan, Anda bisa kok, mencari kegiatan lain semisal membaca buku, menonton youtube, bermain handphone, atau membawa perangkat gim tersendiri. Tidak perlu khawatir perkara habis baterai. Toh, Anda bisa langsung mengisi baterai lewat colokan yang tersedia di tiap kursi!
5. Pakaian Nyaman
Pakaian Santai
Memang, sih, kini PT KAI  tengah berbenah dan semakin mempercantik layanannya. Namun, tidak berarti Anda bisa asal memilah pakaian yang akan dikenakan. Bagaimanapun, traveling dengan kereta api tetap membutuhkan waktu yang lama. Nah, agar tetap merasa nyaman, usahakan Anda menggunakan pakaian santai, ya!
6. Tetap Waspada dan Lakukan Pengecekan Terhadap Barang Bawaan  
Waspadalah
Apa saja bisa terjadi, saat Anda berada dan beraktivitas di tempat umum. Nah, sebagai langkah pencegahan risiko, Anda tetap perlu meningkatkan kewaspadaan. Di sinilah pula, manfaat membawa barang bawaan seperlunya, ketika harus menempuh perjalanan jauh. Selain lebih praktis, Anda juga akan lebih mudah mengawasi barang bawaan.
Traveling dengan kereta api akan menjadi pengalaman yang menarik, apalagi ketika Anda pergi dengan persiapan matang. Makanya, tunggu apalagi? Yuk, segera rencanakan perjalanan dan pesan tiket! Nah, agar lebih mudah, jangan lupa booking via online, ya!

Bepergian Jauh dengan Kereta Api? Ini Dia Tips Agar Perjalanan Tetap Nyaman! Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Wawan Setiawan

0 komentar: