Senin, 04 September 2017

Perkiraan Modal Usaha Cuci Motor dan Mobil



Perkiraan Modal Usaha Cuci Motor dan Mobil – Dewasa ini ada banyak sekali pilihan peluang usaha yang mungkin bagi sebagian orang adalah suatu hal yang menggiurkan. Salah satu peluang usaha yang banyak dilirik oleh para pebisnis pemula yakni bisnis atau usaha cuci mobil dan motor. Pertimbangan memilih usaha tersebut karena selain mudah, juga tak perlu modal yang tinggi. Selain itu jumlah pengguna kendaraan baik motor maupun mobil semakin hari juga semakin meningkat.

Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah pengguna kendaraan bermotor terbesar di dunia. Dengan pertimbangan tersebut tak salah jika kita memilih usaha cuci motor dan mobil. Akan tetapi tak sedikit orang yang berencana buka usaha cuci motor dan mobil, namun tak kunjung terealisasikan karena kurang wawasan terkait berapa modal yang harus disiapkan. Tapi tahukah anda berapa jumlah modal yang perlu kita siapkan untuk membuka usaha cuci kendaraan?

Sebenarnya modal usaha cuci motor dan cuci mobil sangat beragam, tergantung bagaimana desain usaha yang anda kehendaki. Namun kali ini kami akan mencoba memberi rancangan modal minimal untuk membuka usaha cuci motor dan mobil minimalis lengkap dengan perhitungan perkiraan keuntungannya. Jika anda memang berencana mendirikan usaha cuci motor dan mobil dalam waktu dekat ini, ada baiknya simak ulasan berikut.




  • Tangki Snow wash : Rp. 1.000.000,-
  • Alat semprotan air : Rp. 1.500.000,-
  • Kompressor angin : Rp. 2.000.000,-
  • Perlengkapan pencucian : Rp. 5.000.000,-
  • Shampoo : Rp. 2.000.000,-
  • Semir ban motor & mobil : Rp. 2.000.000,-
  • Gaji karyawan : Rp. 900.000,- per orang
  • Biaya listrik : Rp. 500.000,- per bulan
  • Biaya PDAM Rp. 500.000,- per bulan
  • Biaya lain yang tak terduga : Rp. 5.000.000,-
Catatan : Biaya tersebut masih bersifat perkiraan karena tentu di setiap daerah berbeda-beda kaitannya dengan harga alat-alat tersebut. Selain itu ada beberapa barang yang mungkin perlu atau tidak diperlukan oleh beberapa orang yang hendak mendirikan usaha cuci mobil. Silahkan dikaji ulang dan disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. 



Itulah tadi modal dasar untuk mendirikan usaha cuci mobil maupun cuci motor. Modal tersebut bisa saja kurang, bisa saja lebih tergantung bagaimana desain usaha yang anda inginkan. Selain itu perlu anda tahu bahwa untuk mendirikan usaha cuci kendaraan, harus disiapkan lahan atau tempat yang cukup luas. Jika anda ingin membuka cuci mobil, silahkan disiapkan lahan yang sekiranya muat untuk dua buah mobil minimal plus lahan untuk parkir.

Sedangkan untuk cuci motor, lahan yang diperlukan tak perlu terlalu lebar. Untuk sewa lahan bisa dianggarkan kurang lebih Rp. 25.000.000,-. Jika anda sudah memiliki lahan sendiri, maka tak perlu menyiapkan biaya untuk sewa tempat. Namun jika anda masih belum punya lahan yang strategis untuk membuka usaha cuci motor dan mobil, maka anda harus menyiapkan sejumlah dana sesuai perkiraan untuk sewa tempat. 

Selain itu ada tambahan biaya lain jika anda hendak menambahkan sistem hidrolik untuk cuci mobil. Harga hidrolik untuk cuci mobil sangat beragam mulai dari Rp. 35.000.000,- sampai dengan Rp. 50.000.000,- untuk dua buah hidrolik. Lantas bagaimana dengan perhitungan perkiraan keuntungannya? Nah, berikut akan kami paparkan perkiraan keuntungan yang bisa diperoleh dari usaha cuci mobil dan motor ini.
  • Tarif cuci mobil : Rp. 30.000,- per mobil
  • Perkiraan jumlah mobil yang dicuci dalam sehari : 5 sampai 10 mobil
  • Keuntungan kasar yang bisa didapat dalam sehari : Rp. 150.000,- sampai Rp. 300.000,-
  • Jumlah keuntungan kasar per bulan : Rp. 4.500.000,- sampai Rp. 9.000.000,-
Nah, itulah tadi perkiraan pendapatan usaha cuci motor dan mobil. Perkiraan pendapatan tersebut masih bersifat kotor. Untuk mendapatkan perkiraan keuntungan bersih, maka harus dipotong dulu dengan biaya operasional kurang lebih sekitar Rp. 3.000.000,- sampai dengan Rp. 8.000.000,-. Semoga informasi singkat mengenai Perkiraan Modal Usaha Cuci Motordan Mobil ini bermanfaat bagi para pembaca semua di manapun anda berada.

Perkiraan Modal Usaha Cuci Motor dan Mobil Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Irfan Permana

0 komentar: