12 Makanan Khas Jambi Terkenal Wajib Dicoba

IKLAN 2
IKLAN 3
12 Makanan Khas Jambi Terkenal Wajib Dicoba – Jambi merupakan salah satu daerah yang cukup terkenal di Sumatera. Sebenarnya Jambi merupakan salah satu provinsi yang ada di Sumatera. Namun provinsi tersebut juga memiliki sebuah ibukota bernama Jambi. Jadi Jambi yang kami maksud kali ini adalah sebuah ibukota. Tahukah anda bahwa kota yang punya luas 305,38 km persegi ini memiliki berbagai macam tempat menarik.

Ya, tak jauh berbeda dibanding dengan kota terkenal di Indonesia lain seperti Jakarta, Surabaya, dan Jogja, Jambi menyimpan banyak sekali tempat wisata, tempat belanja, sampai dengan tempat kuliner yang sangat menarik dan layak untuk dikunjungi. Bicara soal kuliner di Jambi, ada beberapa makanan khas yang kenikmatannya sudah diakui oleh banyak orang. Sampai-sampai ada beberapa makanan khas Jambi yang sudah terkenal sampai ke beberapa belahan dunia.

Buat anda yang belum pernah berkunjung ke Jambi mungkin belum begitu tahu makanan khas Jambi apa saja yang enak. Oke, tak perlu kawatir berikut akan kami bagikan informasi lengkap mengenai beberapa makanan khas Jambi yang sangat terkenal dan wajib dicoba. Dijamin makanan-makanan tersebut akan membuat lidah anda bergoyang. Penasaran apa sajakah itu? Silahkan simak baik-baik ulasan yang kami bagikan berikut ini.
  1. Tempoyak
Mungkin sebagian dari anda sudah pernah mendengar nama tempoyak. Ya tempoyak adalah salah satu makanan khas Jambi yang sangat terkenal. Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari bahan daging durian yang difermentasi sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Biasanya tempoyak disajikan sebagai lauk bersama nasi. Tak jarang pula tempoyak dijadikan campuran untuk membuat sambal.
  1. Kue Padamaran
Selanjutnya ada makanan khas Jambi berupa camilan yang bernama kue padamaran. Kue yang satu ini dibuat dari bahan utama tepung beras dan santan. Rasanya sangat gurih dan teksturnya lembut menyerupai bubur sumsum. Biasanya kue ini disajikan dengan siraman gula merah. Guna menambah selera dan aroma. Kue ini juga dicampur dengan perasan daun pandan. Jadi tak heran jika kue padamaran berwarna hijau.
  1. Daging Masak Hitam
Olahan daging di setiap daerah memang berbeda-beda, termasuk di Jambi. Ada olahan daging khas Jambi yang sangat terkenal bernama daging masak hitam. Sebenarnya bentuk dan rasanya tak jauh berbeda dari semur daging khas Jakarta. Hanya saja daging masak hitam khas Jambi ini diolah dengan bumbu rempah-rempah yang lebih banyak sehingga menghasilkan citarasa yang lebih khas dan nikmat di lidah.
Baca juga : Tempat Wisata Kuliner di Jogja Terfavorit
  1. Nasi Gemuk
Jambi juga punya olahan nasi yang sangat terkenal dan rasanya enak, yakni nasi gemuk. Nasi gemuk ini sebenarnya mirip nasi uduk karena diolah dengan campuran berbagai macam bumbu dari rempah-rempah. Rasanya sangat gurih dan khas. Yang membedakan antara nasi gemuk dan nasi uduk pada umumnya adalah cara penyajainnya. Jika anda tertarik ingin mencoba nasi gemuk, silahkan kunjungi kota Jambi.
  1. Bolu Kojo
Makanan khas Jambi lain yang perlu anda tahu adalah bolu kojo.Buat anda para pecinta bolu mungkin masih asing ketika mendengar bolu kojo karena memang tak sepopuler bolu kukus, atau bolu yang lain. Akan tetapi rasa dari bolu kojo ini tak kalah dibandingkan dengan kue bolu yang lain. Di Jambi sendiri, kue yang satu ini kerap dijadikan sebagai menu saat acara-acara mulai dari pernikahan, selamatan, dan lain sebagainya.
Makanan khas Jambi Terenak lainnya :
  1. Mie Celor
  2. Kue Gandus
  3. Kue Putri Kandis
  4. Kue Kubang Boyo
  5. Kue Muso
  6. Rambutan Goreng
  7. Gulai Tepek Ikan
Nah, itulah tadi beberapa Makanan Khas Jambi Terkenal Wajib Dicoba. Sebenarnya masih banyak lagi makanan khas Jambi lainnya yang sangat enak. Namun karena keterbatasan kami hanya bisa mengulas beberapa untuk anda. Semoga di artikel berikutnya kami bisa membahas lebih lengkap mengenai berbagai macam olahan atau makanan khas Jambi lainnya yang rasanya sangat enak dan menggugah selera. Jangan lupa share info kuliner ini jika dirasa bermanfaat bagi pembaca.
IKLAN 4
IKLAN 5