IKLAN ATAS

12 Oleh-oleh dan Makanan khas Pacitan Terkenal dan Enak

12 Oleh-oleh dan Makanan khas Pacitan Terkenal dan Enak - Pacitan adalah salah satu daerah yang cukup terkenal. Daerah yang satu ini lokasinya berada di Provinsi Jawa Timur. Nama Pacitan menjadi sangat dikenal oleh masyarakat Indonesia karena merupakan tempat kelahiran Presiden susilo Bambang Yudhoyono. Siapa sangka tempat yang lokasinya di pesisir selatan provinsi Jawa Timur ini menyimpan banyak sekali tempat wisata menarik yang patut untuk dikunjungi. Sebagian besar tempat wisata yang ada di Pacitan didominasi oleh pantai.

Tak heran Memang karena posisi dari Kabupaten Pacitan sendiri Memang berada di Garis Pantai Selatan. Selain punya banyak tempat wisata khususnya pantai, di Pacitan juga terkenal memiliki banyak makanan khas yang rasanya sangat enak. Saking Enaknya banyak makanan khas Pacitan yang sangat terkenal sampai ke seluruh penjuru tanah air. Buat Anda yang sedang berlibur atau berkunjung ke Pacitan, tidak afdol jika tidak mencoba salah satu atau beberapa makanan khas Pacitan.

Selain itu tak ada salahnya jika anda membawakan oleh-oleh makanan untuk keluarga maupun kerabat Anda setelah berkunjung ke Pacitan. Jika Anda masih bingung memilih oleh-oleh apa yang sekiranya cocok untuk keluarga, berikut akan kami bagikan informasi mengenai oleh-oleh makanan khas Pacitan yang enak dan terkenal. Penasaran Apa sajakah itu? Tak perlu berlama-lama lagi langsung saja silakan simak baik-baik informasi yang kami bagikan berikut ini.
1. Tiwul

Salah satu makanan khas Pacitan yang sangat cocok dijadikan oleh-oleh adalah tiwul. Buat Anda yang belum tahu, tiwul merupakan salah satu makanan pokok yang kerap dijadikan pengganti nasi. Bahan utama dari timur adalah ketela pohon yang telah dikeringkan. Tiwul sendiri memiliki rasa yang sangat khas dan sangat cocok disandingkan dengan berbagai macam lauk mulai dari ikan laut sampai dengan ayam goreng. Selain itu tiwul juga nikmat disajikan dengan parutan kelapa muda dan juga Gula Jawa.

2. Jadah Bakar

Makanan khas Pacitan selanjutnya yang juga Sangat cocok dijadikan oleh-oleh adalah jadah bakar. Jadah bakar ini merupakan salah satu kue yang terbuat dari bahan utama ketan. Seperti namanya, setelah ketan diolah menjadi jadah kemudian dibakar sehingga menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Di Pacitan sendiri jadah bakar menjadi salah satu menu camilan umum masyarakat. Selain rasanya yang lezat, cara membuatnya pun juga mudah.

3. Sale Anggur

Di posisi ketiga ada makanan yang juga cocok dijadikan oleh-oleh khas Pacitan. Makanan yang kami maksud tak lain adalah sale anggur. Namun anda jangan tertipu karena sale anggur ini tidak terbuat dari bahan anggur, melainkan pisang biasa seperti sale pada umumnya. Lantas Mengapa disebut sale anggur? Karena pengemasan sale pisang ini dibentuk menyerupai buah anggur. Sale anggur khas Pacitan ini sudah sangat terkenal sampai ke seluruh penjuru negeri karena selain unik Rasanya pun juga enak.
Baca juga : Oleh-oleh Khas Korea Selatan yang Halal
4. Tahu Tuna

Tahu tuna juga termasuk salah satu makanan khas kota Pacitan yang kerap dijadikan oleh-oleh bagi para wisatawan yang berkunjung ke sana. Seperti namanya makanan tahu tuna ini terbuat dari bahan utama tahu dan juga daging ikan tuna. Bentuk makanan tahu tuna ini mirip seperti bakso tahu biasa. Hanya saja daging yang digunakan bukanlah daging sapi seperti bakso tahu Kebanyakan namun diganti dengan daging ikan tuna. Tahu tuna juga termasuk salah satu oleh-oleh khas Pacitan yang sudah sangat terkenal sampai ke seluruh penjuru negeri.

5. Rengginang Manis
Jika kebanyakan rengginang memiliki rasa yang gurih, beda halnya dengan rengginang asli Pacitan. Ya rengginang asli Pacitan ini memiliki rasa yang manis sehingga membuatnya beda dari rengginang kebanyakan. Jika anda berkunjung ke Pacitan Tidak ada salahnya memilih rengginang manis sebagai oleh-oleh atau buah tangan untuk keluarga dan kerabat Anda di rumah. Rasa rengginang manis khas Pacitan ini sangat lezat dan mampu membuat Siapa saja yang mencicipinya ketagihan.

Oleh-oleh Makanan Khas Pacitan Lainnya :

6. Tahu Kupat
7. Nasi Daun Jati
8. Soto Pacitan
9. Punten
10. Cenil
11. Singkong Keju
12. Bakso Ikan Tuna


Oke demikianlah informasi mengenai oleh-oleh makanan khas Pacitan yang lezat dan terkenal. Jika anda berkunjung ke Pacitan jangan sampai melewatkan oleh-oleh tadi. Anda bisa membeli oleh-oleh khas Pacitan tadi di penjual oleh-oleh yang ada di kota Pacitan atau yang ada di sekitar tempat wisata di Pacitan. Semoga informasi tadi bermanfaat dan jangan lupa sebarkan ke teman-teman maupun kerabat anda melalui akun sosial media yang anda miliki agar lebih banyak orang yang tahu.