Cara Promosi Produk Secara Online Agar Jualan Laku Keras

Cara Promosi Produk Secara Online Agar Jualan Laku Keras - Promosi untuk berjualan online memang sangat penting karena persaingan yang sangat ketat. Ada banyak sekali toko online yang bisa dikunjungi. Promosi yang dilakukan dengan baik akan memberikan kemudahan untuk toko online Anda dikenal oleh publik. Bagi Anda yang belum terbiasa berjualan online dan ingin tahu cara promosi produk secara online agar jualan laku bisa membaca artikel ini.

Usaha tanpa promosi sangat sulit untuk berkembang bahkan tidak akan maju-maju. Oleh karena ada banyak sekali toko online, toko-toko yang baru akan tenggelam di bawah toko online yang sudah banyak pelanggan. Bagi Anda yang baru memulai usaha online dan bingung mengenai cara promosinya bisa lihat pembahasan cara promosi produk secara online di bawah ini.



Ada banyak cara promosi yang bisa Anda lakukan, langkah-langkahnya mudah tapi harus dilakukan dengan sangat telaten sampai satu-persatu pelanggan mengenal toko online Anda. Tapi sebelumnya ada sedikit pengetahuan mengenai cara berjualan online yang baik supaya cepat laku. Antara lain.
  • Riset dulu produk yang akan dijual. Ada banyak sekali jenis produk yang bisa dijual secara online. Namun tidak semuanya banyak dicari. Jika ingin berhasil dan cepat laku maka pilih produk yang memang banyak peminatnya dan sudah terbukti laris manis dibeli.
  • Batasi jumlah produk yang dijual. Alasan adalah konsumen jadi tidak bingung dengan pilihan-pilihan yang Anda tawarkan. Jika terlalu banyak jumlah produk atau jenis produk yang dijual maka pelanggan akan bingung memilih-milihnya. Bahkan bisa membuat mereka mengurungkan niat untuk membeli barang karena bingung.
Itulah 2 di antara banyaknya cara berjualan online yang bisa dilakukan supaya cepat laku.
Sekarang langsung ke pembahasan cara promosi-promosi apa saja yang dapat dilakukan. Berbagai cara promosi yang dibahas di bawah ini ampuh untuk meningkatkan penjualan toko online Anda.

1. Promosi ke Teman dan Rekan

Ini adalah cara promosi paling mudah dan sama sekali tidak membutuhkan modal karena bisa langsung memperkenalkan produk dari mulut ke mulut. Dari 1 atau 2 teman Anda yang diberi tahu tersebut kemungkinan akan membuat jumlah orang yang tahu menjadi semakin banyak.

Lalu banyak juga orang yang bersedia untuk membantu promosi temannya yang mempunyai usaha. Jadi apa salahnya untuk dicoba dulu. Siapa tahu juga teman Anda akan menjadi pelanggan pertama yang membuka gerbang kesuksesan usaha Anda.

2. Promosi di Sosial Media

Sosial media termasuk media promosi yang paling tepat. Oleh karena banyak sekali penggunanya. Bisa Anda lihat bahwa ada banyak akun Instagram atau Facebook yang disukai oleh banyak orang. Bahkan artis-artis juga banyak mempromosikan berbagai produk di akun mereka.

Jika Anda sudah punya banyak modal maka bisa mencoba untuk bekerja sama dengan para artis atau selebriti Instagram yang akunnya memiliki banyak followers. Dengan promosi seperti ini sudah pasti jualan Anda akan laku keras karena minat publik akan produk-produk yang digunakan orang terkenal sangat tinggi.

Baca juga: Cara Aman Berbelanja Furniture Melalui Online

Selain itu Anda juga bisa membuat akun Instagram. Jika belum banyak yang menyukai akunnya maka bisa pancing dulu dengan membeli followers. Oleh karena akun yang memiliki banyak followers akan membuat banyak orang lebih tertarik.

3. Promosi di Marketplace

Cara promosi produk secara online ini termasuk yang paling efektif. Beberapa contoh marketplace yang sudah membantu banyak penjual mendapatkan pelanggan antara lain OLX, Tokopedia, Bukalapak, Kaskus, Tokobagus, dan masih banyak lagi. Dengan menggunakan cara ini Anda pasti akan mudah mendapatkan pelanggan karena situs-situs marketplace ini sudah terbukti keamanannya. Para pembeli akan mentransfer uang langsung ke rekening marketplace tersebut, bukan ke penjual. Sehingga terjadinya penipuan akan bisa sangat dikurangi.

4. Promosi di Website

Dengan memiliki website sendiri maka keuntungan Anda bisa sangat banyak.  Namun untuk berpromosi di sini Anda harus memiliki modal yang lumayan banyak, yaitu untuk membeli domain. Bisa saja sebenarnya menggunakan website gratis tapi terkadang bisa membuat orang ragu untuk membeli di situs tersebut.

5. Promosi di Event Tertentu

Banyak penjual yang memanfaatkan berbagai event seperti pameran untuk berpromosi. Anda bisa menyewa tenda atau tempat untuk mempromosikan barang yang Anda jual. Dengan cara seperti ini pembeli akan lebih tertarik melihat-lihat dan berinteraksi dengan penjualnya. Promosi di event seperti ini akan menghasilkan keuntungan yang lebih besar.

Itu dia apa saja jenis-jenis promosi yang bisa Anda lakukan untuk memperkenalkan usaha Anda kepada para pengguna internet. Namun sebenarnya hal yang membuat Anda sukses dalam berbisnis online adalah tidak putus asa, percaya, dan rajin promosi, dan sering berinteraksi dengan pembeli.

Lalu untuk para pemula yang tidak memiliki modal besar bisa pilih sistem bisnis yang paling mudah, yaitu menjadi dropshipper dan reseller. Dengan menjalankan bisnis seperti ini maka modal yang Anda butuhkan hanya jaringan internet, dan akun sosial media untuk memasang foto produk jualan Anda.

Baca juga: Ketahui Ciri-ciri Toko Online Palsu Agar Anda Terhindar dari Penipuan

Demikianlah pembahasan mengenai cara promosi produk secara online agar jualan laku keras. Semoga dengan pembahasan ini membantu Anda lebih sukses.